Eksotisme Pulau Bawean Dan Tempat-Tempat Yang Menjadi Destinasi Menarik

Nama Bawean serasa tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia maupun ditelinga para wisatawan. Ya, Bawean adalah salah satu gugusan pulau yang berada di Laut Jawa Indonesia. Berdasarkan teritori lokasinya sendiri, pulau Bawean masuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain dengan 2 kecamatan dan populasi sebanyak 70.000 penduduk, Bawean juga memiliki tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi baik oleh para wisatawan lokal maupun asing.

Berikut adalah 10 tempat menarik di Pulau Bawean Jawa Timur yang dapat dijadikan sebagai destinasi menarik saat mengunjunginya. Lokasi pertama adalah penangkaran Rusa Bawean. Seperti namanya, tentu saja lokasi ini dipenuhi dengan fauna darat berupa rusa-rusa yang memang sengaja dikembangbiak dan ditangkarkan. Para wisatawan asing atau lokal dapat melihat atau mengabadikan jenis-jenis rusa yang ditangkarkan dilokasi ini.

Lokasi yang kedua adalah Tanjung Ga’ang yang merupakan lokasi dengan pemandangan berupa tebing yang berderet yang terbentuk secara alami dari gugusan karang. Pada lokasi ini para pengunjung juga dapat menikmati indahnya pesona laut biru yang ada di pulau Bawean. Ketiga, Pulau Noko, yang merupakan salah satu dari banyak gugusan pulau kecil yang berada disekitaran Pulau Bawean. Disini para pengunjung dapat berputar-putar disekitar pulau dengan keindahan ombak tenang serta pasir pantai yang mempesona.

Lokasi keempat adalah Pulau Noko Selayar. Hampir sama namanya dengan pulau yang disebutkan diatas, namun lokasi ini berbeda tempat dan memiliki ciri khusus berupa bukit yang ada di tengah laut dengan hamparan pasir putih sebagai hiasannya. Lokasi kelima adalah Pulau Gili yang merupakan pulau kecil lain yang berada disekitaran Bawean. Memiliki luas berkisar 2,3 meter persegi, pengunjung bebas mengeksplorasi pulau ini dengan keindahan pasir pantai serta laut biru Baweannya.

Keenam, selain memiliki pulau kecil dan penangkaran, Bawean juga memiliki wisata alam berupa air terjun yag diberinama dengan air terjun Laccar. Lokasi ketujuh adalah Danau Kastoba yang merupakan satu -satunya danau alami yang berada di pulau Bawean, Jawa Timur ini. Lokasi menarik yang kedelapan yang berada di pulau Bawean adalah Pantai Ria. Pantai ini memiliki ciri khas berupa karang bewarna hitam yang berada di bibir pantainya. Di pantai ini sendirilah dulu digunakan sebagai lokasi pendaratan bagi para nelayan pulau Bawean.

Pantai Mayangkara menjadi lokasi kesembilan dari 10 tempat menarik di Pulau Bawean yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal dan juga asing. Lokasinya memiliki cerita sejarah berkaitan dengan walisongo penyebar agama Islam di tanah Jawa. Dan lokasi kesepuluh yang dapat dikunjungi di pulau Bawean adalah Pantai Kuburan Panjang. Seperti namanya, pantai ini memiliki ciri khas dengan adanya lokasi pemakaman dengan bentuk yang sangat panjang.

Makam panjang ini oleh masyarakat sekitar dipercaya sebagai makam dari pengawal prabu Aji Saka yang meninggal di Bawean. Dan itulah 10 tempat menarik di Pulau Bawean yang dapat dikunjungi oleh setiap wisatawan asing ataupun lokal yang berada dan berkunjung ke pulau yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur ini.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply