10 Tips Memburu Foto Sunset di Candi Sewu

Anda mungkin selalu melihat background foto di instagram yang keren berupa background candi saat sunset dengan dua Dwarapala besar di sebelah kanan dan kiri, seolah menjadi penjaga yang sedang difoto. Tetapi banyak diantara Anda yang belum mengetahui dimana lokasi foto dengan latar seperti itu. Nah jika Anda ingin mengetahui lokasi dan tipsnya foto di dengan latar seperti itu silahkan simak artikelnya.

Betul tebakan Anda..! Lokasi tersebut adalah Candi Sewu. Profil singkat keberadaan Candi yang eksotis ini pada abad ke-8, Candi Sewu yang merupakan candi Buddha dibangun di dekat Candi Prambanan. Jaraknya hanya sekitar 800 meter di sebelah utara Candi Prambanan. Nama lain Candi sewu ialah Candi Manjusrighra. Selain merupakan candi terbesar kedua setelah Candi Borobudur, Candi Sewu juga memiliki usia lebih tua daripada Candi Borobudur dan Prambanan. Sejatinya, candi ini memiliki sebanyak 249 candi. Namun, masyarakat menyabutnya dengan “sewu”. Dalam bahasa jawa, kata “sewu” berarti seribu. Nah, nama Canci Sewu ini pun diambil berdasarkan kisah legenda Roro Jonggrang.

Nama asli Candi Sewu ialah “Prasada Vajrasana Manjusrigha”. “Prasada” artinya candi atau kuil. Nah, sedangkan “vajrajasana” berarti tempat wajra (intan atau halilintar) bertahta. Sementara itu, “manjusri-grha” yang bermakna rumah manjusri. Di dalam agama Buddha, manjusri termasuk salah satu rumah Boddhisatwa.

Menurut sejarah, Candi Sewu dibangun pada akhir pemerintahan Rakai Panangkaran yang merupakan raja Kerajaan Mataram Kuno, yakni dengan masa pimpinan pada tahun 746 hingga 784. Sedangkan, pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, Candi ini diperluas. Rakai Pikatan adalah pangeran dari Dinasti Sanjaya. Ia menikah dengan Pramodhawadhani dari dinasti Sailendra. Rakyat tetap menganut agama sebelumnya setelah kekuasaan Dinasti Sanjaya. Adanya Candi Sewu yang bercorak Buddha di dekat Candi Prambanan yang bercorak Hindu membuktikan bahwa adanya kehidupan harmonis dan toleransi beragama masyarakat Jawa pada zaman dulu. Dulu, Candi Sewu merupakan Candi Budha Kerajaan. Tempat ini sekaligus menjadi tempat kegiatan agama Budha pada masa lalu. Terdapat arca Dwarapala setinggi 2,3 meter pada pintu masuk candi. Bangunan candi sebanyak 249 disusun membentuk madala wajradhatu. Sedangkan, candi utamanya memiliki denah poligon bersudut 20 seperti salib berdiameter 29 meter dan tinggi 30 meter.

Lokasi Candi dan Rute Menuju ke Sana

Candi Sewu berada di Jl. Raya Solo KM.16, Klurakbaru, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Atau hanya sekitar 800 meter dari keberadaan Candi Prambanan yang sudah sangat terkenal keberadaannya. Rute menuju Candi Sewu adalah jika Anda dari Bandara Internasional Adi Sucipto, Anda tinggal mengambil kanan dari pintu ke luar atau mengambil arah ke Solo atau Klaten. Selanjutnya setalah Kalasan atau sungai Opak Anda belok kiri setalah lampu merah dan masuk melalui pintu masuk Candi Prambanan. Candi Sewu yang masih satu area dengan Candi Prambanan ini secara pengeloaannya juga masih satu menegemen sehingga kita harus membayar retribusi masuk candi prambanan karena satu pintu yaitu 50 ribu rupiah.

Setelah itu jika Anda ingin langsung menuju ke Candi sewu tanpa melewati candi Prambanan, Jalur tercepat adalah Anda bisa melalui sisi Timur Candi setelah masuk area taman candi. Tapi Anda harus jalan kaki kurang lebih 800 meter sambil menikmati beberapa Candi di dalam Komplek Prambanan yang tidak banyak dikunjungi orang. Diantaranya adalah Candi Lumbung, Candi Brubah dan kemudian di Ujung paling Utara Anda akan menemukan Candi megah yang cukup besar yaitu Candi Sewu yang dikelilingi candi-candi perwara atau candi pendamping yang cukup banyak tapi kondisinya masih belum direkontruksi.

Harga Tiket Candi Sewu dan Fasilitas

Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 50.000,- rupiah per orang. Untuk tiket parkir sebesar 2.000,- rupiah untuk sepeda motor dan 5.000,- rupiah untuk mobil. Sedangkan, fasilitas di candi ini masih menjadi satu dengan fasilitas Candi Prambanan, di antaranya area parkir yang luas, kamar mandi/toilet, mushala, penginapan, pasar, taman luas, museum, dan tentu bagi Anda yang tidak mau jalan kaki bisa menaiki mobil khusus untuk menuju Candi Sewu ini. Lokasi naik atau loket mobil khusus ini berada di sebelah kanan candi Prambanan setelah pintu keluar komplek Candi (bukan pintu keluar kawasan wisata candi). Anda bisa membeli tiket mobil 10.000/orang sudah mendapatkan sebotol air mineral dan tour museum.

10 Tips Memburu Foto Sunset di Candi Sewu

  1. Datang ke Lokasi Candi sejak Pukul 3 Sore dan jangan terlalu sore karena perlu waktu untuk jalan kaki dan seeting foto untuk menentukan lokasi terbaik di sekitar Candi
  2. Datang saat musim kemarau karena jika mendung tentunya hasil foto kurang bagus atau bahkan sunset tertutup awan
  3. Ambil spot terbaik sunset di pintu masuk sebelah timur Candi sebagai latar depat foto sunset Anda
  4. Gunakan Model untuk menambah foto sunset Anda semakin bewarna
  5. Gunakan Teknik Underexpose atau pencahayaan redah dengan menggunakan mode manual dan memilih shutter speed yang cepat. Agar paduan sunset dengan Candi Sewu terpadu dramatis di fotomu.
  6. Buatlah siluet latar depan Anda dengan siluet Candi Sewu
  7. Gunakan alat tambahan yang memang Anda butuhkan saat memfoto sunset
  8. Menunggu awan merah agar foto sunset Anda semakin dramatis
  9. Gunakan Fokus Manual agar tidak kesulitasn fokus saat pengambilan foto
  10. Pahamkan petugas yang menjaga candi jika Anda sudah diminta keluar area Candi, karena pintu candi akan tutup.  ini mungkin tantangan terbesar Anda tapi jika Anda mempunyai skill komunikasi yang baik pasti bisa melakukan sedikit lobby ini

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
  4. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
  5. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply