10 Tips Memilih Operator Jeep Lava Tour Merapi Terbaik

Lava Tour Merapi di Jogja mungkin sudah sangat tidak asing dan sering dikunjungi oleh banyak sekali wisatawan ke Jogja. Tetapi mungkin tidak semua wisatawan merasakan sensasi yang sesungguhnya menaiki jeep offroad atau jeep wilis yang disediakan operator penyedia jeep. Bahkan banyak tamu yang merasa tidak puas dengan pelayanananya. mulai dari drivernya yang ugal-ugalan, kurang mau menceritakan setiap lokasi yang dilewati saat lava tour, hingga jeep yang tiba-tiba macet saat lava tour atau bahkan antrian panjang sehingga harus menunggu giliran cukup lama sebelum menaiki jeep.

Tentu Anda yang ingin mencoba jeep lava tour tidak mau kejadian yang membuat kebahagiaan anda hilang saat lava tour, tapi tenang kami akan membagi beberapa tips yang mungkin bisa anda praktekan sebelum datang untuk tour di jogja.

Offroad Kaliadem

Munculnya Jepp 4×4 atau jeep wilis yang mulai dibeli oleh masyarakat setempat atau pemodal yang memiliki uang untuk memodali kegiatan ini, tidak terlepas dari antusiasme masyarakat yang ingin melihat sisa-sisa erupsi merapi yang dahsyat tahun 2010, sehingga akhirnya masyarakat berbondong beralih profesi sebagai driver jeep yang awalnya beragam profesi mulai dari petani, peternak dan pengelola losmen di area kali kuning. semua beralih profesi melayani tamu yang datang. kemudian munculah komunitas atau pengelola kelompok jeep seperti hingga saat ini, sehingga kalau anda ke kali kuning atau kaliurang sepanjang jalan akan ditemui operator-operator yang mempunyai keunggulan masing-masing, diantaranya adalah:

  1. TLCM
  2. M jack
  3. 89 adventure
  4. belantara
  5. MLCC 
  6. Tlogo Putri
  7. dan lain-lain

Cukup banyak operator Lava Tour Merapi sehingga mungkin Anda mungkin sedikit bingung memilih agar mendapatkan pelayanan yang terbaik. Semua operator mempunyai paket yang secara umum telah disepakati bersama untuk menjaga persaingan tetap sehat. Jika Anda mengunjungi beberapa operator akan menawarkan sensasi offroad dengan paket yang sama. diantaranya:

1. Paket Short: dengan rute dimulai Museum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kaliadem
2. Paket Medium: Museum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Jembatan Sungai Kalikuning
3. Paket Long: Museum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Petilasan Mbah Maridjan, Jembatan Sungai Kalikuning, Bungker Kaliadem
4. Paket Sunrise: Museum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kaliadem Sunrise

Adapun penjelasan lokasi masing-masing:

a. Museum mini
Museum sisa hartaku ini menyimpan koleksi benda milik salah satu warga yang rumahnya terkena hempasan wedus gembel. Banyak peninggalan seperti tv yang meleleh, buku yang terbakar dan benda pusaka lainnya.

b. Batu alien

Batu alien ini adalah batu berbentuk wajah manusia yang terlempar dari kawah gunung berapi saat terjadinya erupsi tahun 2010 dan jatuh sekita 4 km dari kawah

c. Bungker

bungker adalah lokasi persembunyian para relawan saat terjadinya letusan merapi dan menjadi petaka 2006 saat 2 relawan meninggal dilokasi

d. Jembatan kali kuning

tempat offroad jeep dan anda bisa menikmati sensasi offroad yang menyenangkan

e. Petilasan Mba Maridjan

merupakan bekas rumah dan lokasi meninggalnya Mbah Maridjan saat terjadi erupsi. Kini menjadi semacam pendopo

f. Lokasi sunrise

Lokasi sunres merapi biasanya di bungker kaliadem dan kita bisa menyaksikan eloknya matahari terbit.

Memang semua operator mempunyai paket sama tetapi tentunya kualitas berbeda-beda. kualitas tersebut bisa dibedakan dari kualitas kendaraannya. Operator Lava Tour yang baik akan sangat merawat kendaraan jeepnya mulai dari hal sederhana kebersihan mobil hingga perawatan mesin. karena medan berat bisa jadi jeep Lava Tour macet saat perjalanan.

yang kedua adalah driver jeep Lava Tour. Tentu driver ini sudah di bekali dasar-dasar kepemanduan oleh dinas pariwisata akan tetapi pastinya tidak semua bisa sama, banyak driver yang ramah bahkan bisa berbahasa inggris dengan baik saat berkomunikasi dengan tamu asing. Nah agar tidak salah langkah memilih operator Lava Tour Merapi silahkan simak tulisan ini selanjutnya.

Paket Lava Tour Merapi mempunyai harga sesuai dengan rute dan lamanya perjalanan paket yang akan dipilih. adapun paket yang biasa tercantum di brosur para operator jeep Lava Tour:

1. Paket Short: Harga 350.000/jeep (kapasitas 4 orang) durasi 1,5 jam
2. Paket Medium: Harga 450.000/jeep (kapasitas 4 orang) durasi 2,5 jam
3. Paket Long: Harga 550.000/jeep (Kapasitas 4 orang) durasi 3,5 jam
4. Paket Sunrise: Harga 450.000/jeep (Kapasitas 4 orang) durasi 2,5 jam

Paket ini umum dalam brosur operator jeep di kawasan merapi. adapun harga tersebut sudah termasuk fasilitas helm 4 buah, masker 4 buah dan asuransi. selain itu anda juga bisa memakai fasilitas yang disediakan oleh operator seperti toilet, mushola, dan bahkan ada operator jeep yang sudah termasuk softdrink seperti TLCM yang menyediakan minuman free untuk tamu.

Perkembangan sekarang banyak fasilitas yang dibuat oleh para operator agar menarik para wisatawan untuk mampir ke lapak mereka. diantaranya adalah restoran yang dimiliki oleh operator M jack dengan brand Warunge Simbok atau Cafe seperti yang dimiliki oleh TLCM. operator lain juga sama membangun fasilitas terbaik seperti jumlah toilet yang diperbanyak dan mushola yang bersih.

Tips memilih operator dan waktu tepat ke Lava Tour Merapi

1. Tidak semua operator dengan keyword di google teratas adalah terbaik, sehingga perlu riset dan menanyakan review dari saudara atau teman yang pernah memakai jasanya. atau setidaknya melihat riview di google bisnis jika mereka ada.

2. Pilih operator yang mempunyai fasilitas lengkap seperti restoran, toilet yang banyak atau mushola sehingga mempermudah kebutuhan anda saat di area transite sebelum atau sesudah lava tour

3. Operator yang kelihatan ramai belum tentu bagus karena terkadang pelayanannya lama karena antrian atau kadang pemilihan jeep dan drivernya tidak diperhatikan karena sudah banyak tamu.

4. Memilih waktu-waktu yang tidak ramai seperti pukul 06.00 pagi atau 07.00 pagi

5. memilih tanggal yang tepat agar mendapatkan cuaca yang cerah , dikarenakan merapi tidak banyak memunculkan diri apalagi jika musim hujan dan sudah siang.

6. Memilih paket medium track karena anda bisa menikmati sensasi offroad di sungai Kuning yang menyenangkan dan berkesan

7. mengikuti instruksi operator dan penggunaan alat alat safety seperti helm dan masker.

8. selalu berpesan ke operator untuk di carikan driver yang tidak ugal-ugalan dan bisa berkomunikasi dengan baik

9. pelanggan juga bisa memilih jeep yang bersih atau setidaknya dikomunikasikan jeep yang layak pakai ke operator

10. Booking sebelum hari h lebih baik karena antrian dengan pengunjung lain sering terjadi apalagi setiap akhir pekan atau saat terdapat rombongan wisata.

Demikian beberapa ulasan dan tips tentang lava tour merapi di Jogja sepengalaman kami sebagai tour agen dalam memilih operator yang bagus dan bisa memuaskan pelanggan. Jika Anda kurang yakin dan takut lava tour Anda tidak berkesan bisa hubungi kami. Kami akan membantu memilihka operator andalan kami.

Anda bisa memilih paket-paket kami silahkan klik tautan dibawah ini:

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
  4. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
  5. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply