Apa Itu Upacara Bakar Tongkang di Bangansiapiapi ?

Upacara Bakar Tongkang atau sering disebut juga dengan Ritual Bakar Tongkang adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia. Upacara ini sangat dikenal dan melegenda bagi etnis Tionghoa yang berdomisili di Bagansiapipai, Provinsi Riau. Upacara Bakar Tongkang yang selalu dilakukan pada bulan Juni ini memiliki makna mendalam dan sangat penting bagi masyarakat Tiongkok di Bagansiapiapi. Tak heran jika banyak warga yang meski merantau ke luar Bangansiapiapi selalu menyempatkan diri untuk kembali ke kampung halaman demi mengikuti upacara penuh makna tersebut.

Sejarah Upacara Bakar Tongkang bermula dari jaman leluhur warga Tiongkok yang menemukan tanah Bangansiapiapi dan tidak ingin kembali ke tempat asal. Keinginan tersebut diwujudkan dengan cara membakar kapan tongkang yang mereka gunakan sebelumnya untuk mencari lokasi tempat tinggal baru. Mereka memutuskan untuk tinggal selamanya di Bangansiapiapi. Hal tersebut didasari karena adanya perang saudara yang terjadi pada jaman dulu di Tiongkok.

Upacara Bakar Tongkang merupakan sebuah simbol bahwa Dewa telah bermurah hati dan berhasil menyelamatkan para leluhur hingga sampai di Bangansiapiapi. Namun makna terpenting dari upacara tersebut adalah leluhur telah berhasil membawa keluarga mereka ke tanah rantau hingga saat ini. Makna lain dari diadakannya Upacara Bakar Tongkong ini juga menyiratkan adanya dewa penguasa laut yang memiliki dua sisi, yaitu baik dan buruk, rejeki dan malapetaka, serta suka dan duka. Dewa ini oleh masyarakat Tionghoa di Bangansiapiapi dikenal dengan nama Ki Ong Yan dan Tai Su Ong.

Dana yang dibutuhkan untuk menjalankan Upacara Bakar Tongkong tidak sedikit. Oleh karenanya, acara ini dapat terlaksana berkat adanya sumbangan dari beberapa negara di dunia, seperti Amerika, Malaysia, Inggris, Taiwan dan Singapura. Daerah di dalam negeri yang sering memberikan bantuan berupa finansial terhadap acara ini adalah kota Jakarta. Bagi Anda yang tertarik ingin ikut menyaksikan kebudayaan masyarakat Tionghoa di Bangansiapiapi, Provinsi Riau ini silahkan mengunjunginya pada bulan Juni pertengahan tahun ini. Untuk mempermudah akses menuju ke lokasi, sebaiknya Anda bergabung dengan biro jasa tour travel yang membuka tour ke lokasi Upacara Bakar Tongkang.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply