5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Alun-Alun Kidul Jogja

Jika kita berkunjung ke suatu daerah, lokasi yang hampir selalu ada adalah Alun-Alun. Ya, tak terkecuali di Jogja, orang akan menemukan Alun-Alun di kota pelajar ini. Bahkan, Keraton Yogyakarta memiliki dua Alun-Alun, yaitu Alun-Alun Selatan (Kidul) dan Alun-Alun Utara. Sesuai namanya, Alun-Alun Utara terletak di sebelah utara Keraton, dan Alun-Alun Kidul terletak di sebelah selatan Keraton.

Meskipun sama-sama alun-alun, tetapi keduanya berbeda secara fungsi. Alun-Alun Utara sering digunakan sebagai lokasi untuk mengadakan kegiatan besar yang bersifat massal diantaranya adalah setiap jumat sabtu diadakan Sodoran atau pertandingan menggunakan tombak tumpul kemudian menaiki kuda, kedua saling menyerang. Atau alun-alun utara juga digunakan Pepe atau protes kepada Raja atau Sultan dengan cara massa berkumpul di alun-alun dan berdiam diri, hingga raja mendatangi untuk menanyakan hal yang menjadi tuntutan masyarakat. Selain itu kegiatan massal lain adalah Rampog Macan sebuah pertunjukan beradu dengan hewan buas harimau.  Fungsi lain tentunya Alun-Alun Utara lebih difungsikan sebagai pintu gerbang masuknya para tamu Sultan yang ingin menemui beliau, untuk itu dibangun bangunan-bangunan pendopo atau joglo yang berada di beberapa titik mengelilingi alun-alun utara, fungsinya adalah sebagai tempat transit untuk istirahat dikarenakan jaman dahulu perjalanan hanya menggunakan kuda atau jalan kaki. Sedangkan, Alun-Alun Kidul kabarnya digunakan untuk tempat istirahat bagi dewa dan untuk menenangkan hati. Selain itu, konon Alun-Alun Kidul dulu dijadikan lokasi untuk berlatih para prajurit keraton untuk persiapan perang dan pertahanan atau yang di sebut sebagai kegiatan Gladhi Yudha.

5 Aktivitas Seru yang bisa kamu lakuin di Alun-Alun Kidul

1. Aktivitas Seru dan Unik Masangin

Berawal digunakan sebagai tempat melatih konsentrasi prajurit dengan mata tertutup, Alun-Alun Kidul memiliki mitos unik yang masih dipercaya hingga saat ini. Yaitu, jika ada orang yang dapat berjalan lurus melewati di antara dua pohon beringin, maka keinginannya akan terwujud atau kegiatan ini dikenal dengan Masangin. Untuk melakukan kegiatan ini tentunya Anda harus meggunakan penutup mata. tapi tenang saja kamu tidak harus membawa dari rumah, karena sudah banyak penyewaan penutup mata di sekitar beringin alun-alun kidul.

2. Kulineran Enak 

Saat berkunjung ke Alun-Alun Kidul jangan lewatkan kulineran yang khas dan enak yang dijajakan oleh pedagang.  dua kuliner yang terkenal enak di Alun-Alun kidul adalah Es Goreng yang di jajakan sebelah barat alun-alun, dengan menggunakan pengeras suara si penjual sambil menggoreng es ke wajan. Yang kedua adalah brongkos Handayani. Kuliner lainnya yang adalah cilok dan yang paling banyak dijajakan mulai dari jagung bakar, bakso, bakso tusuk, wedang ronde, dan masih banyak lagi yang lain yang bisa Anda nikmati sambil duduk menggunakan tiker. Harga makanan cukup terjangkau mulai dari 2000 hingga 15.000/porsinya.

3. Menyewa Odong-Odong 

Yang hits di Alun-ALun kidul terutama saat malam hari adalah pengunjung bisa menyewa odong-odong hias secara bersama-sama dan digunakan untuk mengelilingi Alun-Alun Kidul. Harga sewanya adalah berkisar antara 15.000 sampai 30.000 rupiah tergantung dengan kapasitas dan durasi. Sambil mengayuh odong-odong kamu bisa mendengarkan lagu-lagu pilihan di playlist yang operator sediakan

4. Menyewa Sepeda Tandem

Sepeda tandem bisa kamu sewa dan bisa kamu kayuh berdua bersamaan pasangan Anda untuk keliling alun-alun, pasti semakin mesra dan akrab.

5. Foto-foto

Alun-Alun Kidul mempunyai spot foto yang tidak kalah menarik dengan tempat lain di Jogja. beberapa spot menarik di alun-alun kidul diantaranya: Pertama diantara dua beringin, Depan pintu gerbang keraton, Plengkung Gading, dan area alun-alun dengan mengambil latar odong-odong saat malam hari.

Alun-Alun Kidul selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Terlebih lagi pada saat weekend dan hari libur. Alun-Alun tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Daya tariknya sangat luar biasa, terutama pada malam hari. Alun-Alun Kidul menjadi lokasi iconic di Jogja selain Tugu dan Malioboro.

Berkunjung dan bersantai ke Alun-Alun Kidul bersama keluarga atau teman menjadi pilihan tepat jika Anda berkunjung ke Jogja. Nikmati hangatnya suasana malam di Jogja yang begitu dirindukan oleh banyak orang tersebut. Berlama-lama bersantai di sini adalah pilihan tepat agar segala penat dapat hilang.

Apabila ingin berkunjung ke Alun-Alun Kidul dan berbagai destinasi wisata menarik lainnya di Yogyakarta dengan mudah dan hemat, kalian bisa memesan Paket Wisata Jogja di Campatour.com.

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
  4. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
  5. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply