7 Fakta Menarik Candi Tempat Penyimpanan Abu Jenazah: Candi Pawon

Tau kah Anda di sekitar Candi borobudur terdapat beberapa Candi peninggalan Agama Budha lainnya yang mempunyai sejarah dan fakta unik yang jarang diketahui orang. salah satunya adalah Candi Pawon. Apakah fakta unik yang melakat di Candi Pawon tersebut? untuk lebih detailnya yuk simak artikel ini.

Sejarah penemuan Candi Pawon

Candi Pawon ditemukan di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah sekitar Abad ke 19, setelah penemuan besar Candi Borobudur oleh Inggris. Kemudian di bawah kepemimpinan Dinas Purbakala dan J.G de Casparis, ahli bahasa dalam sejarah asal Belanda, candi ini pun diperbaiki. Terdapat pahatan Kuwera atau Dewa Kekayaan dan sepasang burung berkepala manusia yang disebut Kinari dan Kinara. Dan Candi Pawon diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke-8 Masehi, masa yang sama dengan pembangunan Candi Borobudur, Mendut, dan Prambanan.

7 Fakta Menarik Candi Pawon

  1. Tempat Penyimpanan Abu Jenazah Raja Samaratungga

“Pawon” merupakan bahasa Jawa yang berarti dapur. Namun, menurut bahasa Jawa Kuno, kata “pawon” di sini berarti “pawuan” atau tempat abu. Jadi, Candi Pawon ini merupakan tempat untuk menyimpan abu jenazah Raja Indra, yakni ayah Raja Samaratungga, pada zaman Syailendra.

2.Candi Pawon mempunyai nama lain

Candi Pawon juga mempunyai nama lain, yaitu Candi Branjanalan. Fungsinya sebagai tempat menyimpan senjata milik Dewa Indra (penguasa petir dan halilintar), yakni Vajranala dan Branjanalan. Vajranala berasal dari kata “vajra” yang berarti halilintar dan “anala” yang berarti api. Sedangkan, Branjanalan merupakan nama dusun tempat candi ini berada.

3.  Candi Berelief manusia setangah burung

Candi Pawon mempunyai dua sisi relief yang mengambaran mahluk mitologi Kinara Kinari yang digambarkan mahluk berbadan burung dan berkepala manusia yang mengapit pohon surgawi Kalpataru.

4. Candi yang di bangun garis lurus dengan Candi Mendut dan Candi Borobudur

Candi Pawon jika Anda menarik garis lurus menggunakan google map akan terlihat sejajar lurus dengan Candi Mendut dan Candi Pawon, sehingga para akhli arkeologi menduga pembangunan Candi memang dipertingkan letak dan posisinya.

5. Candi yang mempunyai jalan setapak menuju Candi Borobudur

Candi Pawon sejak dahulu awal dibangun menurut sumber masyarakat sempat ditemukan jalan setapak terbuat dari bebatuan yang dibuat lurus ke arah Candi Borobudur dan Candi Mendut. Dimungkinkan ini masih ada hubungannya dengan garis lurus antara kedua Candi.

6. Candi sebagai satu lokasi pemberhentian saat ritual

Candi Pawon diyakin menjadi salah satu lokasi transit saat dilakukannya ritual perjalanan antara Candi Mendut ke Candi Borobudur

7. Candi yang tersembuyi dan susah ditemukan

Bagi sebagaian pengunjung Candi Pawon susah ditemukan dikarenakan letaknya yang terlanjur dihimpit oleh pemukiman warga, menjadikan candi pawon susah di cari walaupun petunjuk arah sudah dibuat oleh pemerintah.

Harga Tiket dan Rute menuju Candi Pawon

 Untuk memasuki candi ini, wisatawan dikenakan biaya sebanyak 10.000,- rupiah per orang untuk wisatawan domestik dan 20.000,- rupiah per orang untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan, biaya parkirnya sebesar 2.000,- rupiah untuk motor dan 5.000,- rupiah untuk mobil. Fasilitas di candi ini cukup lengkap, di antaranya area parkir, toilet/kamar mandi, dan warung-warung penjual oleh-oleh atau souvernir. Bahkan Anda setelah mengunjungi Candi Pawon bisa menikmati Kopi Luwak yang disediakan oleh salah satu coffeshop di depan Candi Pawon, lengkap dengan luwak yang masih dipelahira.

Untuk Rute menuju Candi Pawon sangat Mudah jika Anda mulai perjalanan dari Kota Jogja, Anda tinggal mengambil jalan Magelang dan kemudian ikuti arah menuju Muntilan atau Kota Magelang. sampai di pertigaan Palbapang Anda belok kiri dan ikuti arah ke Candi Borobudur. Setelah sungai Progo sekitar 100 meter ada tulisan sebelah kiri bertuliskan Candi Pawon atau sebelum TIC anda belok kiri dan ikuti jalan. sekitar 100 meter sebelah kiri Anda akan menemukan Candi Pawon.

Bila tertarik mengunjungi Candi Pawon atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
  4. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
  5. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply