Agrowisata Bhumi Merapi

Ingat Jogja, ya ingat wisata! Selain wisata alam dan sejarah, Jogja juga punya wisata edukasi, lho. Salah satu wisata edukasi yang ada di Jogja adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Uniknya, lokasi wisata edukasi yang satu ini tidak terletak di jantung Kota Jogja, melainkan di kaki Gunung Merapi.

Biasanya, wisata yang ada di kawasan Gunung Merapi merupakan wisata alam. Namun, wisata edukasi yang dibangun pada 20 Desember 2015 ini berkonsep edukasi yang bertema alam. Hal yang bisa dipelajari dari wisata Agrowisata Bhumi Merapi antara lain perkebunan, pertanian, dan peternakan. Suasana yang sejuk, pemandangan alam yang indah, serta manfaat edukasi di wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Perpaduan antara wisata dan edukasi alam menjadikan Agrowisata Bhumi Merapi sebagai lokasi wisata yang tidak pernah sepi dari pengunjung.

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di wisata ini antara lain adalah belajar memerah susu kambing etawa, mengolah susu hasil peternakan, memberi susu dari dot untuk anak kambing, hingga belajar pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik maupun biogas alami. Selain itu, pengunjung juga bisa memperoleh ilmu tentang budidaya kelinci.

Selain kambing dan kelinci, pengunjung juga dapat melihat maupun bercengkerama dengan reptile dan mamalia yang ada di sana. Beberapa hewan lain yang ada di Agrowisata Bhumi Merapi adalah kura-kura, ular, ikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di bidang pertanian dan perkebunan, pengunjung dapat belajar tentang cara menanam secara hidroponik serta membeli berbagai hasil tanaman hidroponik yang masih segar. Pihak pengelola Agrowisata Bhumi Merapi juga menyediakan jasa pendampingan bagi pengunjung yang tertarik dan ingin menekuni usaha dalam bidang pertanian maupun perkebunan hidroponik.

Tentu saja, wisata edukasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, kaum muda, maupun orang dewasa. Karena, selain semua yang telah disebutkan, Agrowisata Bhumi Merapi juga memiliki camp ground dan area outbond. Untuk menikmati fasilitas tersebut, pengunjung dikenakan tarif tertentu sebagai balas jasa penyewaan peralatan yang diperlukan.

Bagi pengunjung yang ingin berswafoto, di Agrowisata Bhumi Merapi juga terdapat spot foto berupa Rumah Hobbit yang Instagramable. Selain itu, pengunjung juga bisa berkunjung ke Goa Ponggolo yang telah berusia 200 tahun.

Ingin berkunjung ke Agrowisata Bhumi Merapi dan berbagai destinasi menarik lainnya? Yuk, segera pesan tours reguler Jogja di Campatour.com.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply