Air Terjun Perawan Sidoharjo, Elok Nan Menawan Membuatmu Betah berlama-lama

Air Terjun Perawan Sidoharjo, ketika kalian mendengar nama itu pasti kalian akan beranggapan dan bertanya-tanya dalam hati, apa sih istimewanya air terjun ini sehingga dinamakan “Air Terjun Perawan Sidoharjo”? Sebelum kita bahas lebih dalam apa saja keistimewaannya, apakah kalian tahu Air Terjun ini terletak dimana?

Yap seperti namanya Air Terjun Perawan Sidoharjo terletak di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Air Terjun ini tidak mudah untuk di cari, bahkan ketika dicari di Google Maps terkadang tidak mudah untuk ditemukan secara cepat, dan tidak sedikit wisatawan yang kebinggungan untuk mencari tempat ini. Nah disini akan dibahas terkait rute, akses jalan, fasilitas, harga tiket masuk dan keistimewaannya. So, jangan lewatkan ulasannya.

 

Meskipun keberadaan Air Terjun ini terbilang masih membinggungkan, tetapi Air Terjun ini selalu menjadi sasaran empuk para wisatawan yang Tour ke Jogja. Rugi apabila tidak menyempatkan untuk berkunjung ke Air Terjun Perawan Sidoharjo ini.

Rute menuju Air Terjun Perawan Sidoharjo?

Dari arah Kota Jogja menuju ke Air Terjun Perawan Sidoharjo kalian perlu menempuh jarak sekitar 30 km dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Dari Arah Yogyakarta menuju ke perempatan Ring Road Demak Ijo > Jalan Godean > Jembatan Sungai Progo > ada perempatan Nanggulan belok ke kanan ( ambil ke arah utara) > ada perempatan Dekso ambil arah ke kiri (menuju ke arah Samigaluh) > ada pertigaan di jalan menanjak >  ambil kanan > MTs Sidoharjo > setelah Mts ambil kanan masuk jalan kecil di sebelahnya menuju ke > Air Terjun Perawan Sidoharjo. 

Harga Tiket masuk Air Terjun Perawan Sidoharjo

Saat anda berkunjung ke Air Terjun Perawan, anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, hanya perlu membayar parkir, untuk kendaraan roda 2 dikenakan biaya 2.000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda 4 dikenakan biaya 5.000 rupiah.

Fasilitas di Air Terjun Perawan Sidoharjo

untuk fasilitas disini terbilang masih sangat terbatas, parkiran, dan toilet, dan sebaiknya pengunjung mempersiapkan sendiri bekal yang akan dibawa seperti makanan/snack.

Keistimewaan Air Terjun Perawan

Air Terjun Sidoharjo, seperti namanya Air Terjun ini memiliki sedikit cerita mengenai asal usul pemberian nama. Menurut masyarakat sekitar, ada seorang gadis berasal dari Sidoharjo yang pertama kali berkunjung Air Terjun ini. Itulah kenapa air terjun ini di namakan Air Terjun Perawan Sidoharjo. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa nama tersebut diberikan karena air terjun ini belum di jamah orang atau wisatawan, baik local maupun asing. Yang mana air terjun ini masih sangat alami dan jernih sehingga cocok bagi para wisatawan gunakan untuk bersantai dan juga dapat digunakan untuk mandi, maka dari itu dinamakan Air Terjun Perawan.

Adapun beberapa keindahan dan keistimewaan dari Air Terjun Perawan ini selain belum banyak di jamaah/ dikunjungi oleh wisatawan, juga merupakan air terjun tertinggi di Indonesia termasuk di Jogja. Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter dengan tingkat kemiringan tebing 90 derajat. Gemercik air yang jatuh dari atas tebing dengan suasana pedesaan dan udara yang segar mampu membius tiap pengunjung yang datang kesini, Air Terjun ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berwisata untuk melepas penat.

Ada satu hal yang unik disini, Apa? Keberadaan Kera Ekor Panjang, ketika anda beruntung, anda akan menjumpai beberapa kera ekor panjang yang bergelantungan di tebing-tebing air terjun, tapi tenang saja, kera tidak berani untuk mendekat. Pengunjung bisa bersantai ria di sini dengan bermain air, berenang, duduk bersantai, atau berswafoto untuk menambah koleksi foto di media sosial maupun galeri ponsel. Air Terjun Perawan ini bukan hanya keindahan alamnya saja yang bisa nikmati. Kalian disini juga bisa bermain panjat tebing, refling, flying fox, namun disini belum menyediakan fasilitas peralatan untuk permainan tersebut. Nah, Kalian harus membawa peralatan permainan tersebut sendiri. Dan pastinya Keindahan alam Air Terjun ini sangat indah untuk dijadikan background spot foto. 

terletak di Kabupaten Kulon Progo dan sangat direkomendasikan untuk pengunjung yang ingin berwisata untuk melepas penat. Lokasi ini berjarak sekitar 30,9 km dari Jogja ke arah barat dan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. Ada kisah unik dibalik penamaan air terjun ini. Perawan Sidoharjo dipilih karena konon katanya orang pertama yang mengunjungi air terjun ini adalah gadis yang berasal dari Sidoharjo. Sesuai dengan namanya, air terjun ini masih sangat alami karena belum terjamah oleh pemerintah untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata resmi. Sehingga, jangan heran jika airnya masih sangat jernih dan semua di sekelilingnya masih sangat alami.

Apabila ingin berkunjung ke Air Terjun Perawan Sidoharjo dan berbagai destinasi wisata menarik lainnya di Yogyakarta dengan mudah dan hemat, kalian bisa memesan Paket Wisata Jogja di Campatour.com.

Paket wisata Tour Jogja Lainnya :

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

March 26, 2020
[…] Baca Juga Air Terjun Perawan Sidoharjo, Elok nan Menawan Membuatmu Betah Berlama-lama […]

Leave a Reply