Aktivitas Menarik di Sekitar Candi Borobudur

Berkunjung ke kawasan wisatan Candi Borobudur kamu tidak hanya bisa menikmati wisata sejarah Candi Borobudur, loh. Banyak aktivitas menarik lainnya yang wajib kamu coba sebagai alternatif liburan kamu. Berikut beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan di sekitar Candi Borobudur untuk melengkapi liburan kamu bersama pasangan, kawan, atau keluarga.

Sunrise dan Sunset
Selain mengunjungi Candi Borobudur pada jam buka normal, kamu juga bisa menikmati sunrise atau sunset pada jam khusus di dini hari dan sore hari. Untuk menikmatinya, kamu perlu merogoh kocek lebih karena kamu akan dibebankan biaya berbeda pada waktu-waktu tersebut. Salah satu alternatif yang bisa kamu coba adalah menginap di Hotel Manohara. Hotel ini berhadapan langsung dengan Candi Borobudur. Kunjungan melalui Hotel Manohara ini dimulai dari pukul 04.30 WIB untuk menikmati sunrise, dan pukul 18.30 WIB untuk menikmati sunset. Waktu ini di luar jam operasional Candi Borobudur pukul 06.00-17.30 WIB. Apabila kamu tidak ingin membayar tiket khusus untuk menikmatinya, kamu bisa datang tepat pukul 06.00 atau menunggu hingga waktu operasional Candi Borobudur selesai.

Putuk Setumbu dan Gereja Ayam
Wisata lain disekitar Borobudur aalah Putuk Setumbu dan Gereja Ayam. Untuk sampai ke puncak Putuk Setumbu kamu perlu berjalan kaki cukup jauh. Destinasi ini tidak begitu ramai pengunjung pada siang hari, di puncak juga tersedia kamar kecil dan mushola bagi kamu yang beragama Islam. Sedangkan, untuk menuju Gereja Ayam kamu perlu membayar lebih untuk sampai ke lokasi karena kamu harus menggunakan jeep khusus untuk sampai ke Gereja Ayam. Gereja Ayam ini sebenarnya merupakan wisata religi namun popular dikalangan wisatawan dengan pemandangan atas restonya yang menawan dan spot foto yang instagramable.

Bersepeda di sekitar Candi Borobudur
Bersepeda santai di kawasan sekitar Borobudur melewati desa-desa wisata sekitar tentu akan memberikan kamu pengalaman yang berbeda. Salah satu desa yang menjadi destinasi wajib adalah Desa Wanurejo, dimana selain kamu bisa menikmati keindahan desa dan aktivitas masyarakat sekitar, kamu juga akan banyak menemukan artefak candi, produk-produk kesenian masyarakat lokal, kekayaan budaya, dan oleh-oleh khas Borobudur yang unik. Menariknya lagi, kamu juga bisa loh ikut membuat kesenian tersebut.

Datang pada Hari Raya Waisak
Perayaan Tri Hari Suci Waisak di Candi Borobudur merupakan salah satu acara keagamaan besar yang sangat meriah. Ada banyak rangkaian acara menyambut perayaan Waisak, salah satu yang paling popular adalah moment menerbangkan ratusan atau ribuan lampion ke langit pada malam hari. Meskipun acara ini adalah sebuah perayaan yang besar, namun tetaplah sebuah perayaan keagamaan masyarakat Budha. Oleh karena itu, kitajuga harus lebih menjaga sikap apabila kita datang mendekati atau pada saat perayaan Waisak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah padatnya wisatawan pada musim ini juga berdampak pada tinggi permintaan reservasi dan penginapan. Kamu perlu merencanakan jauh-jauh hari apabila kamu tidak ingin kehabisan penginapan pada perayaan Waisak.

Belajar Sejarah dan Budaya di Museum Karmawibangga
Candi Borobudur telah dinobatkan sebagai Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage) Nomor 592 oleh UNESCO pada tahun 1991. Sebagai salah satu warisan wisata budaya besar, Wego juga menyarankan wisatawan untuk menelusuri lebih dalam lagi mengenai wisata Candi Borobudur, salah satunya adalah mengujungi Museum Karmawibangga. Dengan mengunjugi museum ini, kamu akan mendapatkan pemahaman menarik yang lebih dalam lagi mengenai Borobudur. Cocok sekali bagi kamu yang menyukai wisata sejarah karena esensi dari sejarahnya, bukan hanya karena wisata popular karena keindahannya.

Mengunjungi Candi Pawon dan Candi Mendut
Rekomendasi Wego lainnya adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Tak lengkap rasanya mengujungi Candi Borobudur apabila kamu melewatkan kunjungan ke Candi Pawon dan Candi Mendut. Candi ini masih berdekatan dengan Candi Borobudur. Selain itu juga memiliki kedekatan sejarah yang erat berkaitan satu sama lain. Berbeda dengan Candi Borobudur, kedua candi ini relatif sepi pengujung. Apabila kamu berkunjung ke sini, kamu tidak perlu khawatir akan padat pengujung. Kamu bisa berjalan santai sambil menikmati suasana.

Arung Jeram Sungai Elo
Kalau kamu adalah penggemar aktivitas yang memicu adrenalin, kamu bisa mencoba mencoba arung jeram di Sungai Elo. Sensasi yang sangat berbeda bukan ketika kamu berwisata sejarah namun sekaligus menikmati wisata yang memicu adrenalin bersama kawan-kawan kamu. Kamu akan mendapat pengalaman dan kesan yang berbeda di sini.

Bersantai di Balkondes
Balai Ekonomi Desa atau BALKONDES yang dikelola oleh BUMN juga bisa menjadi lokasi bersantai yang menarik di sekitar kawasan wisata Candi Borobudur. Ada puluhan BALKONDES yang telah dibangun di lokasi ini, kamu juga dapat menikmati kuliner khas Jawa di resto-resto yang dikelolaan BALKONDES. Beberapa lokasi juga memanjakan kamu dengan pemandangan alam yang luar biasa. Salah satu rekomendasi yang paling tepat untuk berwisata keluarga.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply