Banda Naira Saksi Bisu Pengasingan Proklamator Indonesia

Rumah Pengasingan Bung Hatta Banda Naira merupakan sebuah saksi bisu dimana salah seorang proklamator bangsa Indonesia yang selalu berada di sisi Ir Soekarno yakni Dr. (HC) Drs. H. Mohammad Hatta. Drs. H. Mohammad Hatta atau kerap disebut dengan Bung Hatta adalah salah satu orang yang sangat berpengaruh terhadap pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sementara Rumah Pengasingan Bung Hatta Banda Naira ini adalah salah satu peninggalan sejarah yang ada di Kepulauan Banda, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia.

Ya, Kepulauan Banda adalah salah satu bukti sejarah kemerdekaan Indonesia. Hal ini di karenakan di pulau ini pernah menjadi salah satu pusat perdagangan rempah rempah terbesar berjenis buah pala yang dikomandoi oleh VOC. Selain itu, beberapa gugusan pulau yang berada di sekitaran wilayah Kepulauan Banda diberikan nama seperti beberapa nama tokoh pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dan salah satu yang paling menarik adalah Pulau Bung Hatta.

Di dalam wilayah pulau inilah dimana  Rumah Pengasingan Bung Hatta Banda Naira di bangun. Ulasan singkat mengenai rumah ini adalah rumah dimana Bung Hatta pada masa penjajahan dahulu diasingkan di tempat ini. Namun pengasingan yang dilakukan kepada Bung Hatta tidak memberikan dampak apapun karena selama Bung Hatta berada di rumah pengasingan ini, Bung Hatta juga melaksanakan kegiatan belajar mengajar degan anak anak di sekitar lokasi.

Peninggalan peninggalan dari masa Bung Hatta sampai dengan saat ini masih dapat di saksikan oleh banyak wisatawan asing maupun lokal. Meski tidak  semuanya asli dan banyak beberapa yang mengalami pembaruan, namun hal ini tidaklah menutup sebuah kemungkinan untuk berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Hatta Banda Naira yang merupakan rumah pengasingan salah satu tokoh penting kemerdekaan bangsa Indonesia.

Berkunjung ke Banda Naira, Kepulauan Banda, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia akan sangat kurang rasanya bila tidak berkunjung ke tempat-tempat bersejarah yang masih tersisa di sana sampai dengan saat ini. Salah satu dari sekian tempat bersejarah yang wajib menjadi referensi destinasi adalah Rumah Pengasingan Bung Hatta Banda Naira ini.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply