Bosan Wisata Pulau Bali, Nusa Penida jadi Solusi
image of 1140x530

Nusa Penida merupakan pulau terbesar dari tiga pulau yang berada di sebelah timur pesisir bali. Dua pulau lainnya adalah Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Sebagai pulau tersebesar dari ketiga kepulauan tersebut, terdapat beragam destinasi wisata di Nusa Penida.

Luas pulau Nusa Penida sendiri sekitar 200 kilometer persegi. Kini perkembangan wisata di Nusa Penida semakin meningkat drastis. Selain sebagai destinasi wisata, di Nusa Penida juga sebagai penangkaran beberapa burung asli Indonesia. Pada tahun 2004 Friend of the National Park Foundation mulai mengenalkan program penangkaran burung Bali Starling. Sampai sekarang beberapa program serupa juga dilakukan di Nusa Penida, sehingga menjadi daya tarik sendiri. Jika anda berkunjung ke pulau ini bisa dipastikan akan dapat menemukan burung-burung cantik asli Indonesia.

Objek Wisata

Lokasinya yang terbilang jauh dari keramaian memang menjadi pilihan favorit para wisatawan untuk menikmati keindahan alam namun juga memberikan ketenangan. Berbeda dengan pantai di Kuta yang ramai dengan pengunjung, di Nusa Penida anda dapat dengan mudah menemukan spot pantai yang tenang di sepanjang utara dan barat laut pulau Nusa Penida. Namun Nusa Penida tidak hanya menawarkan ojek wisata pantai, banyak destinasi wisata di nusa Penida yang bisa anda kunjungi.

Pantai Atuh

Pantai Atuh mulai terkenal diantara wisatawan sejak eksis di Instagram. Memang sebenarnya lokasi ini belum menjadi objek wisata resmi di Nusa Penida. Jika anda ingin mengunjungi pantai cantik ini harus siap-siap menempuh jalan yang tidak mudah. Satu-satunya akses ke pantai ini adalah menggunakan sepeda motor, itupun jalan yang akan dilalui belum jalan yang mulus. Tapi percayalah, selama perjalanan anda akan disajikan pemandangan yang tak akan terlupakan. Perjalanan menuju pantai ini, anda akan melewati pesisir pantai dimana anda akan dapat dengan mudah menikmati pemandangan lautan luas. Di sisi lain, and akan melewati beberapa desa-desa kecil dan melewati bukit-bukit.

Karena lokasinya yang terpencil, tidak banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Jika anda menginginkan pantai yang ekslusif dengan suasana nyaman dan teman, pantai Atuh bisa menjadi salah satu pilihannya.

Teluk Kristal

Jika pantai Atuh terpencil, berbeda dengan Teluk Kristal. Teluk ini sangat terkenal di Nusa Penida dengan beragam macam wisata yang dapat anda coba. Di sini tidak hanya pantai yang bisa anda nikmati, namun pemandangan bawah laut juga bisa anda jelajahi. Telik ini merupakan salah satu destinasi snorkeling dan diving di Nusa Penida. Perlengkapan dan Layanan wisata untuk sekeliling dan diving pun lengkap, jadi anda tidak perlu khawatir. Akses jalan menuju teluk Kristal dari pelabuhan Ped terbilang lebih memadai.

Goa Giri Putri

Setelah destinasi yang berhubungan dengan pantai, destinasi ini berada di darat. Goa Giri Putri atau juga disebut sebagai Goa Karangsari yang berada di Desa Pakraman patut anda masukkan ke dalam daftar destinasi yang anda kungjungi di Nusa Penida. Goa ini terletak di daerah timur pulau di sebelah utara desa Suana. Bagi anda yang mengunjungi Goa Giri Putri, bagi pria diwajibkan memakai sarung. Tenang saja sudah ada penyewaan sarung di sekitar lokasi. Goa Giri Putri bukanlah sekedar objek wisata, di dalam Goa ini terdapat pura yang biasa digunakan beribadah umat berhindu umat hindu tidak hanya di Nusa Penida namun juga seluruh Bali. Di dalamnya terdapat sebuah ruangan untuk bermeditasi yang bisa dikunjungi oleh wisatawa. namun sebelum memasukinya anda harus melepas sepatu atau sandal dan sebelum masuk akan di siram percikan air suci oleh Manku. Jika anda beruntung, anda bisa melihat proses upacara beribadatan di Goa Giri Putri. Jadi selain wisatawan, anda akan bertemu beberapa penduduk sekitar yang sedang beribadah.

Tips Wisata di Nusa Penida

Sebelum anda berwisata di Nusa Penida, ada beberapa Tips untuk anda. Pastikan jika anda mengunjungi Nusa Penida, anda bersama guide. Lokasi antar objek terbilang jauh, dan tidak semua lokasinya memiliki akses yang memadai. Adanya tour guide membantu anda untuk mencapai lokasi dengan aman dan cepat. Pastikan juga transport yang anda gunakan aman dan nyaman, mengingat jalanan yang akan anda lalui tidak semuanya mulus dan lancar.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply