Bukit Kali Kuning, Tempat Rehat Sejenak untuk Camping
Bukit Kali Kuning

Di lereng Gunung Merapi terdapat objek wisata yang menarik yakni Bukit Kali Kuning Selain pemandangan yang indah, tempat wisata ini sangat cocok untuk camping (berkemah) dan outbound.

Dikelilingi bebatuan andesit, Bukit Kali Kuning sungguh menakjubkan. Pengunjung harus berjalan menyusuri jalan setapak sekitar sepanjang 1 km untuk sampai ke tempat ini. Jalan ini biasa dilalui oleh warga untuk mencari rumput sebagai pakan ternak. Nah, bila bertemu mereka, jangan sungkan untuk menyapa. Dengan begitu, suasana desa yang rukun dan damai dapat kita nikmati.

Bukit Kali Kuning, Tempat Rehat Sejenak untuk Camping

Taman Nasional Gunung Merapi mengelola Bukit Kali Kuning yang juga sebagai bagian dari melestarikan dan menjaga alam kita. Nah, pada bulan Januari 2017, objek wisata ini mulai dikembangkan. Selanjutnya, pada pertengahan bulan Februari, barulah objek wisata ini dibuka untuk umum.

Dengan hamparan bunga rasamal dan puspa yang indah, juga hutan pinus yang luas, Bukit Kali Kuning cocok untuk refreshing bagi pekerja kantoran. Selain itu, ada pula tebing yang menjulang tinggi dan kokoh menjadi daya tariknya. Suara jangkrik yang saling beradu memberi suasana asri nan alami.

Camping Bukit Kali Kuning
Camping Ceria di Bukit Kali Kuning via sewamobiljogja.id

Terdapat juga mata air yang mengalir dan memiliki ketinggian 1250 mpdl di Bukit ini. Oleh warga, mata air yang diberi nama Umbul Wadon ini dimanfaatkan sebagai sarana kebutuhan sehari-hari. Mata air ini terbentuk akibat letusan Gunung Merapi dan merupakan aliran dari air sungai DAS Opak, Progo, dan Oya. Walaupun pada masa musim kemarau, mata air ini tidak pernah kering.

Baca Juga: Paket Tour Murah Jogja 4D3N (Pantai Teras Kaca)

Pemandangan Sepanjang Kali Kuning

Dalam perjalanan menuju Kali Kuning, pengunjung akan menemukan tempat bernama Kali Adem. Kamu diajak untuk memanjakan mata dan diri dengan suasana asri hutan pinus, gemericik air, serta udara yang sejuk dan segar. Perjalanan jauh tidak akan dirasa capek karena suasana sejuk, walaupun pada siang hari. Pengunjung juga bisa menikmati keunikan bunga kantong semar yang bermekaran. Inilah moment yang ditunggu oleh wisatawan.

Tiba saatnya di Bukit Kali Kuning, bukit ini terletak di lereng Gunung Merapi. Dari sisi ini Anda dapat menikmati kegagahan Gunung Merapi, sekaligus bisa menikmati keindahan yang ada di dalam wisata Kali Kuning Yogyakarta.

Dimana Lokasi Bukit Kali Kuning?

Lokasi Bukit Kali Kuning berada di Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak Tempuh dan Rute ke Lokasi Wisata

Ada beberapa jalan alternative yang bisa ditempuh menuju ke Bulit Kali Kuning. Rata-rata jarak tempuh sekitar 25.8km – 29.2km. Jika posisi kamu berada di sekitar Tugu Yogyakarta atau sekitar Kota Yogyakarta bisa menggunakan tiga alternative rute yaitu melalui Jalan Kaliurang, Jalan Palagan Tentara Pelajar dan Jalan Magelang dilanjutkan ke Jalan Kaliurang. Ketiga rute tersebut rata-rata menghabiskan waktu sekitar satu jam dan selebihnya akan lebih lama lagi perjalanan dari kota jika pergi saat akhir pekan.

Berikut detail rute yang sering digunakan driver maupun Travel Agent lokal jika membawa tamu ke area Bulit Kali Kuning. Dari Tugu Yogyakarta ambil persimpangan jalan menuju arah utara (Jalan P. Mangkubumi) yang dilanjutkan melalui Jalan Monjali. SSampai di perempatan Jalan Monjali, Kamu bisa belok kiri mengikuti Jalan Ring Road Utara sampai menemukan perempatan lampu merah ambil belok kiri. Kamu sekarang posisi sudah berada di Jalan Kaliurang. Ikuti terus arah jalan menuju Utara tanpa berbelok sampai Jalan Cangkringan-Pakem. Apakah Kamu sudah sampai? Masih sekitar 15 menit lagi untuk sampai ke Bukit Kali Kuning.

Perjalanan dilanjutkan melewati Jalan Raya Merapi Golf dan Jalan Bebeng. Melewati beberapa Operator Jeep yang bisa dipilih jika kamu mau mampir menikmati Lava Tour. Setelah kanan jalan menemukan GMTC Trail Merapi, tak jauh dari situ akan ada pertigaan ambil belok kiri. Ikuti arahan untuk menuju Bukit Kali Kuning.

Baca Juga: Paket Tour Jogja Murah 4D3N (VW Tour Borobudur)

Biaya dan Tiket Masuk Wisata

Harga tiket memasuki objek wisata ini sebesar 3.000,- rupiah per orang. Sedangkan, bila pengunjung ingin camping, maka akan biaya yang harus dibayarkan sebesar 20.000,- rupiah. Nah, biaya parkir untuk motor sebesar 2.000,- rupiah dan mobil sebesar 5.000,- rupiah.

Fasilitas Wisata

Fasilitasnya pun cukup memadai, di antaranya area parkir luas, warung, penginapan, toilet, dan pusat informasi.

Jika tertarik dan ingin mengunjungi Bukit Kali Kuning atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja atau paket tour murah Jogja di Campa Tour & Event.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply