Aktivitas Panahan Khas Mataraman atau Jemparingan di Candi Banyunibo

 Tak jauh dari Candi Ratu Boko, Candi barong, dan Candi Ijo, terdapat candi bercorak Buddha. Candi ini bernama Candi Banyunibo. Dibangun pada abad ke-9 pada masa Kerajaan Mataram Kuno, candi ini berdiri megah dengan stupa pada bagian atasnya yang merupakan ciri khas Buddha. Di dusun sekitar Candi Banyunibo, ada juga candi yang berserakan. Pada sekitar tahun 1940, Candi Banyunibo disusun kembali setelah ditemukan dalam keadaan rusak. Nama Banyunibo sendiri berarti air yang jatuh atau menetes.

Walaupun jarang dikunjungi oleh wisatawan, sebenarnya Candi Banyunibo sangat potensial karena keindahan, keunikan, dan eksotisnya. Banyaknya ornamen atau hiasan di candi ini menjadi daya tariknya. Bahkan, hampir setiap bagian candi terdapat relief. Beberapa bagian candi mempunyai ornamen yang sama. Hal ini tidak mengurangi keagungan candi ini. Nah, hiasan itu terdiri atas beberapa bidang yang terdapat ornamen tanaman yang berada di pot.

Terletak di antara ladang tebu dan persawahan, candi utamanya menghadap ke arah barat. Di sekitarnya, terdapat 6 candi perwira atau pendamping yang berbentuk stupa dan terletak di sebelah selatan dan timur candi utama. Dua relief candi ini merujuk pada Dewi Hariti, yakni dewi kesuburan dalam agama Buddha; serta Vaisravana, yaitu suami Dewi Jariti. Dewi Hariti juga dianggap sebagai Dewi Ibu dan Dewi Kekayaan.
Dahulu, warga setempat menyebut Candi Banyunibo sebagai Si Sebatang Kara Banyunibo. Sebab, letaknya terpisah dari candi-candi lainnya. Terdapat singa di sebelah kanan dan kiri pintu masuknya. Hal ini melambangkan penjaga candi.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Candi Banyunibo

Candi Banyunibo Anda tidak sebatas hanya berfoto atau mempelajari sejarah candi saja. Kini ada sebuah aktivitas lain yaitu Jemparingan atau memanah gaya mataraman yang mungkin sebagian orang belum banyak yang mengetahui aktivitas ini. Beberapa tahun ini Jemparingan mulai banyak di minati oleh beberapa anak muda, bahkan banyak komunitas Jemparingan yang sudah aktif dan mulai membuat kejuaraan atau event tahunan. Termasuk di area Candi Banyunibo ini, sekumpulan komunitas dan warga mengangkat Candi Banyunibo ini dengan aktivitas Jemparingan. Alhasil semakin banyak orang yang tertarik untuk beraktivitas di Candi Banyunibo.

Aktivitas Jemparingan di Banyunibo ini terbilang cukup terjangkau, Anda cukup membayar 100 ribu rupiah untuk bermain jemparingan dengan durasi 30 menit lengkap dengan instrukture dan baju jawa. Untuk melakukan reservasi aktivitas ini bisa melalui Campa Tour. atau jika Anda tidak ingin repot bisa mengambil Paket Tour Jemparingan half day

jemparingan10

Rute menuju Candi Banyunibo dan Tiket Masuk

Candi Banyunibo berada di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda dari Kota Yogyakarta atau dari Bandara Adi Sucipto, Anda tingga mengambil jalan Solo dan mengabil ke arah Candi Prambanan. setalah sampai saungai opak belok kiri melewati Pasar Prambanan. Dari Pasar Prambanan ini Ada lurus ke arah Patuk dan sekitar 1 km dari Rel kereta Api Anda akan menemukan tanda belok kiri menuju Candi Ratu Boko. Ikuti jalur tersebut, lurus tanpa belok hingga melewati Muhammadiyah Bording School hingga mentok jalan dan belok kanan. Untuk memasuki kawasan candi ini. Pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 5.000,- rupiah per orang. Harga ini untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Sedangkan, untuk parkir, wisatawan dikenakan tarif sebesar 2.000,- rupiah untuk kendaraan beroda dua dan 5.000,- untuk mobil. Fasilitas yang ada di candi ini cukup memadai, sehingga pengunjung akan merasa nyaman. Beberapa fasilitas itu ialah toilet, papan informasi, tempat duduk, serta area parkir yang luas.

Jika ingin mengunjungi Candi banyunibo atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
  4. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
  5. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply