Cantinya Kepulauan di Perbatasan Indonesia Anambas
image of 1140x530

Masih ingatkan beberapa waktu lalu terjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia tentang perbatasan wilayah negara. Beberapa pihak mengatakan bahwa Malaysia mencaplok sebagian wilayah Indonesia yang berada di wilayah barat laut Kalimantan. Tahukah kamu bahwa lokasi tersebut terdapat beberapa pulau kecil dengan potensi alam yang luar biasa? Pantas saja Malaysia bersikeras untuk mengakui pulau-pulau cantik tersebut. Salah satu kawasan yang menjadi sengketa tersebut adalah pulau Anambas. Kini pulau yang terletak di perbatasan terluar Indonesia tersebut mulai diperhatikan terutama di dunia pariwisata. Meskipun belum setenar Raja Ampat, terdapat beragam spot diving di Anambas dan keindahan pantai dan alamnya yang tak kalah indahnya.

Anambas merupakan kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau kecil. Pulau-pulau kecil tersebut dipisahkan oleh laguna-laguna. Oleh karena itu ketika laut sedang surut, laguna tersebut akan berubah seolah menjadi jembatan pasir yang menghubungkan antar pulau. Di dasar laguna tersebut terdapat pasir putih dan taman karang, oleh karena itu ketika surut laguna ini banyak dikunjungi wisatawan. Sedangkan ketika pasang menjadi kawasan snorkeling.

Kawasan kepulauan Anambas terbilang masih asri jauh dari jangkauan manusia. Dari total pulau-pulau sejumlah 238, hanya 26 pulau saja yang dihuni. Masih banyak spot diving di Anambas yang belum dijamah dan dijelajahi. Karena saking indah dan cantik alam yang dimiliki Anambas, CNN pernah menobatkan pulau ini sebagai pulau tropis terindah seAsia. Tak heran jika kini Anambas mulai disandingkan dengan Raja Ampat.

Menimkati Diving di Anambas Pulau Penjalin

Pulau Penjalin adalah objek wisata yang terkenal dari kepulauan Anambas. Lokasinya berada di bagian terluar Indonesia dimana berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia dan Vietnam. Dari kejauhan Pulau Penjalin ini sudah memiliki ciri khasnya sendiri yaitu dikelilingi pulau-pulau kecil dengan hutan yang rimbun. Saat sampai di pulau Penjalin hal pertama yang membuatmu takjub adalah kecantikan pantainya dengan pasir putih dan biru bening air laut. Kawasan laut di sekitaran pulau Penjalin sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk berenang, snorekeling bahkan menyelam. Arus yang tenang dan kondisi air yang jernih menjadikan kawasan di pulau Penjalin sebagai spot diving di Anambas yang rekomended. Nah jika hari beranjak sore jangan buru-buru balik dulu, sempatkan ke Tanjung Momong, salah satu pantai terbaik di Penjalin. Disinilah spot terbaik untuk menikmati sunset di Anambas.

Pulau Bawah

Berbeda dengan pulau Penjalin, Pulau Bawah terkenal dengan laguna-laguna yang dimilikinya. Beberapa info menjelaskan bahwa laguna yang dimiliki pulau Bawah tak kalah dengan laguna sekelas internasional seperti Bora-Bora di Tahiti. Kemudian terdapat beragam pula sport diving di kawasan pulau Bawah. Beberapa menyebutkan bahwa spot diving Anambas terbaik berada di kawasan pulau Bawah.

Pulau Piugus

Pulau Piugus merupakan salah satu pulau di Anambas yang sudah memiliki resort. Lokasi pantai yang cantik dengan rentetan pohon kelapa di sepanjang garis pantai, menjadikan pantai-pantai Piugus lokasi yang cocok untuk menghabiskan hari-hari libur. Di sini kamu bisa menemukan beragam pondok untuk menginap. Tak cukup sehari untuk menikmati indahnya pantai di Piugus. Jika masih belum puas kamu bisa menjajal snorkeling dan diving pula karena disediakan wisata jelajah bawah air di sini.

Air Terjun Temburun

Jika kamu bosan hanya berenang atau diving di Anambas, Air Terjun Temburun bisa menjadi alternatif yang cocok. Air terjun yang memiliki tujuh tingkat ini bisa ditemukan di dekat pantai di desa Temburun.  Air terjun ini mengalir air dari atas bukit dimana airnya mengalir langsung ke laut. Pada tingkat paling atas, merupakan lokasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati guyuran air dari atas tebing. Dari sini kamu bisa melihat langsung ke arah lautan dan dapat melihat bagaimana cantiknya kawasan lautan dan laguna depan air terjun tersebut.

Pulai Durai

Pulai Durai selain memiliki keindahan pantai yang cantik, juga memiliki objek wisata lain. Pulau ini merupakan lokasi dimana penyu-penyu sering bertelur. Saat terbaik untuk mengunjungi pulau Durai adalah saat masa telur menetas, dimana kamu bisa melihat ratusan tukik berjuang merangkak ke lautan untuk pertama kali.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply