Cara Mudah Liburan ke Danau Toba Barsama Keluarga
image of 1140x530

Cara Mudah Liburan ke Danau Toba Barsama Keluarga

Cara Mudah Liburan ke Danau Toba Barsama Keluarga


Danau Toba merupakan salah satu destinasi yang menarik dikunjungi. Selain keindahan alam, kawasan di sekitar Danau Toba sering dijadikan sebagai tempat mengadakan festival budaya. Nah untuk panduan lengkap berikut ini tips wisata  keluarga di Danau Toba.


Waktu Terbaik Mengunjungi Danau Toba

Ada dua waktu terbaik saat mengunjungi Danau Toba. Yang pertama adalah saat festival diadakan. Pada bulan September hingga November merupakan periode dimana akan banyak festival tahunan diadakan di Danau Toba seperti pertunjukan tradisional khas Sumatra Utara, pertunjukan musik serta olahraga. Nah yang paling seru adalah ada kompetisi perahu naga yang menjadi daya tarik utama. Namun pastikan terlebih dahulu tanggal pastinya karena setiap tahun tanggal pelaksanaannya berubah–ubah diantara bulan September dan November.

Akan tetapi jika anda berencana dengan keluarga untuk berlibur bersama untuk menikmati suasana santai dan rileks, waktu yang tepat untuk mengunjungi danau Toba adalah sekitar bulan Mei hingga September. Pada musik kemarau ini, pengunjung Danau Toba tidak terlau banyak, cocok bagi anda dan keluarga untuk mendapatkan quality time bersama. Karena sedang tidak hujan, anda bisa dengan mudah bersama dengan keluarga untuk berkeliling danau Toba dan kawasan di sekitarnya. Pemandangannya juga indah serta suhunya yang pas tidak terlalu panas atau dingin.

Nah jika ingin mengunjungi Danau Toba bersama keluarga sebaiknya hindari saat musim hujan. Saat musim hujan akan menyulitkan mobilitas anda bersama keluarga untuk berkeliling ke destinasi wisata yang ada. Selain itu sebaiknya juga jangan mengunjunginya saat Tahun Baru Imlek. Pada saat Tahun Baru Imlek, kawasan Danau Toba akan sangat penuh luar biasa oleh wisatawan. Belum lagi dengan harga-harga di kawasan tersebut yang melonjak tajam.

Cara Menuju Danau Toba

Tips wisata  keluarga di Danau Toba selanjutnya adalah cara menuju lokasi danau Toba. Danau Toba berada di kawasan kota Parapat. Bandara terdekat yang ada dari kota tersebut adalah Bandara Silangit yang telah dibuka. Terdapat dua maskapai yang melayani penerbangan menuju ke bandara ini yaitu Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air dari keberangkatan Jakarta.

Dari bandara Silangit menuju kota Parapat tidak terlalu jauh hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan darat. Di bandara terdapat dua macam transportasi darat yang dapat anda pilih yaitu mengunakan taksi atau menyewa mobil. Jika ingin berhenti dan menikmati perjalanan, saran saya menyewa mobil sepertinya lebih efektif. Di tengah perjalanan terdapat spot yang menarik dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak anda yaitu Panatapan Huta Ginjang. Lokasinya yang tinggi memungkinkan anda dapat melihat langsung Danau Toba. Cocok untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

Menuju Ke Pulau Samosir

Mengunjungi Danau Toba berarti harus wajib mengunjungi pulau Samosir. Nah begitu anda sampai di Parapat, terdapat transportasi umum untuk menyebrang ke Pulau Samosis dengan menggunakan kapal ferry. Jadwal keberangkatan paling pagi dari Parapat adalah pukul 8:30 dan yang terakhir adalah pukul 19:00. Kapal akan berangkat setiap satu jam sekali. Sedangkan dari Samosir keberangkatan paling pagi adalah pukul 7:00 dan yang terakhir adalah pukul 17:00.

Sekedar tips wisata keluarga di Danau Toba, perhatikan jadwal terakhir keberangkatan dari masing-masing lokasi ya, karena jika anda terlalu malam di Samosir, maka mau tidak mau anda harus bermalam di pulau Samosir yang baru bisa kembali ke Parapat esok harinya.

Penginapan dan Transportasi di Sekitar Danau Toba

Di sini terdapat tiga penginapan yang terkenal yaitu Carolina Hotel, Horas Family Home, dan Tabo Cottages. Jika anda tidak ingin repot, Horas Family Home sudah memberikan fasilitas tour kepada para tamu yang menginap di hotel tersebut. Sedangkan penginapan lain memiliki beragam layanan tour yang terpisah dari biaya penginapan.

Untuk mobilitas anda selama di kawasan Danau Toba, ada beberapa moda transportasi yang dapat anda gunakan. Tips wisata keluarga di Danau Toba adalah menyewa sepeda. Pemandangan di kawasan ini begitu indah belum lagi dengan udara yang segar. Hampir di setiap penginapan menyediakan penyewaan sepeda dengan harga murah.

Akan tetapi terdapat pula beberapa warga sekitar yang menyewakan motor. Tarifnya sekitar Rp 100.000 dengan bahan bakar. Tetapi biasanya penyewaannya hanya sampai matahari tenggelam. Jangan sampai telat karena anda dapat kena denda.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply