Rute Perjalanan Menuju Ke Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu adalah sebuah objek wisata yang berada di kota Lumajang, Jawa Timur. Pesona keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini tidaklah dapat dielakkan oleh setiap mata yang memandangnya dan setiap hati yang merasakannya, baik itu para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Air terjun yang memiliki lokasi tepatnya di desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur ini juga dikenal dengan sebutan Niagaranya Indonesia.

Hal ini tidak lepas dari keunikan serta bentuk alamiah dari air terjun yang dapat dilihat dengan seksama menyerupai air terjun terbesar yang ada di dunia yaitu Niagara yang berada di perbatasan Amerika Serikat. Untuk dapat mengunjungi panorama eksotis dari air terjun Tumpak Sewu ini, seluruh wisatawan asing maupun lokal akan disuguhi dengan beberapa akses yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Dalam artikel ini, akan dibahas cara termudah menuju air terjun Tumpak Sewu yang berada di kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini.

Untuk dapat menuju ke air terjun Tumpak Sewu, pertama yang dapat dilakukan oleh para pengunjung adalah dengan berkendara menggunakan transportasi darat menuju ke kota Malang. Tentu saja rute ini adalah cara termudah menuju air terjun Tumpak Sewu bagi para pengunjung darimanapun mereka berasal. Setelah berkendara menuju ke kota Malang, tujuan selanjutnya adalah dengan melanjutkan perjalanan bersama degan rombongan ataupun sendiri untuk menuju ke daerah Dampit.

Dari daerah Dampit ini, para pengunjung dapat terus mengikuti papan penunjuk jalan yang biasa terpampang di seberang jalan dengan mengambil arah menuju ke daerah Tirtomoyo. Selanjutnya, dari Tirtomoyo ini para pengunjung dapat terus melajukan kendaraannya dan masuk ke kecamatan Pronojiwo yang berada di kabupaten Lumajang. Kecamatan Pronojiwo sendiri berada di perbatasan Lumajang Malang. Setelah itu, para pengunjung dapat melanjutkan perjalanan untuk masuk ke dalam desa Sidomulyo, tempat dimana air terjun Tumpak Sewu ini berada.

Setelah para pengunjung masuk ke desa Sidomulyo ini, para pengunjung baik asing maupun lokal tinggal mengikuti papan penunjuk jalan yang akan mengantarkan para pengunjung menuju ke tempat parkir dari wisata alam air terjun Tumpak Sewu. Dari lokasi parkir inilah, para pengunjung akan memulai perjalanan dengan berjalan kaki hingga mencapai ke titik spot dari lokasi air terjun Tumpak Sewu. Para pengunjung yang sudah berada di area Tumpak Sewu ini dapat memilih beragam aktifitas untuk menikmati pesona keindahan yang disuguhkannya.

Para pengunjung dapat melakukan fotografi dengan menggunakan spot fotografi yang telah disediakan, ataupun juga para pengunjung dapat melakukan tracking untuk menuruni lembah air terjun dimana pada lembah tersebut, para pengunjung akan disuguhi kembali dengan keindahan goa Tetes. Dan demikianlah artikel ini menyampaikan cara termudah menuju air terjun Tumpak Sewu yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan perjalanan baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

foto by; filippo_cesarini

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply