Curug Ciburial Menyimpan Keindahan

Wisata alam memang selalu menjadi pilihan tempat liburan untuk menghilangkan kejenuhan. Suara angin, gemercik air, udara sejuk dan hijaunya pepohonan membuat hati tenang. Berbicara tentang wisata alam, di Bogor ada salah satu wisata alam yang bisa kamu kunjungi yaitu Curug Ciburial yang ada di Babakan Madang.

Ciburial dalam bahasa Sunda berarti air yang keluar dari bawah. Seperi halnya air curug yang jatuh ke ketinggian, akan masuk ke kedalaman air di bawahnya lalu muncul kembali dalam bentuk gelombang. Curug Ciburial ini merupakan induk atau asal air yang mengali ke Curug Leuwi Hejo.

Tak terbayang bukan, bagaimana alaminya Curug Ciburial. Curug Leuwi Hejo saja sudah banyak yang memuji kealamian airnya, apalagi ada curug lain yang lebih ke hulu dan memang agak sulit untuk dijangkau. Selain itu, Curug Ciburial ini tidak terlalu banyak pelancong.

Perjalanan trekking ke Curug Ciburial memang membutuhkan tenaga. Jalanan licin dan harus mau berbasah ria menyusuri sungai adalah syarat untuk menikmati keindahan Curug Ciburial. Ketika sampai, rasa lelah Anda akan dibayar langsung bahkan sebelum menikmati dinginnya air Curug Ciburial. Lihat saja di media sosial, Instagram misalnya, para pelancong terlihat sumringah dengan pose-pose indah berlatar Curug Ciburial dan kealamian kawasan sekitarnya.

Pict by: https://www.gotravelly.com

Trekking ke Curug Ciburial dengan menyusuri sungai tergolong aman. Penduduk atau pengelola sudah memberikan kemudahan dengan menyediakan alat bantu tali di beberapa lokasi yang sulit dilewati. Namun bagi petualang sejati, keindahan alam bukan saja di tempat tujuan, setiap langkah perjalanan merupakan tempat wisata yang tak henti-hentinya menimbulkan decak kagum.

Curug Ciburial merupakan keindahan alam dengan dua air terjun saling berdekatan. Satu air terjun lebih tinggi dari yang satunya. Bagian bawah keduanya membentuk kolam penampungan yang merupakan tempat berenang atau hanya bermain air sekadarnya. Berada di Curug Ciburial merupakan keistimewaan tersendiri bagi pelancong. Batu-batu di sekitar curug juga sebagai tempat memandang lepas ke arah air yang tak henti-hentinya bergemuruh.

Semua tempat di Curug Ciburial lokasi tepat untuk mengabadikan perjalan dengan berfoto. Jika Anda sedang melancong ke Bogor, Curug Ciburial bisa menjadi daftar tujuan petualangan alam Anda. Curug ini terletak di Desa Cibereum, Sentul.

Aktivitas & Daya Tarik

Bukit alam yang indah menyertai pemandangan yang tersaji saat mengunjungi curug ini. Apalagi datang disaat musim kemarau, air yang mengalir sangat jernih dan dingin. Kedalaman air pun tidak membahayakan bagi pengunjung untuk berenang dan berendam di dalamnya.

Ada spot2 photo yang disediakan untuk kita dapat berfoto. Kita dapat mengunjungi 3 curug dalam 1 lokasi tersebut. Kamu bisa bermain air sepusanya. Mandi dan berendam di air alami asli pegunungan yang jernih dan segar.

Fasilitas

Tersedia tempat parkir kendaraan bermotor. Di sepanjang perjalanan sudah banyak tersedia warung-warung penjual makanan sehingga kamu tak perlu khawatir kelaparan selama perjalanan. Ada tempat penitipan helam dengan tarif Rp. 3.000 dan sudah tersedia toilet dan kamar ganti. Selaim itu tersedia spot foto yang sudah disediakan dengan tarif Rp. 3.000.

Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Ciburial
Senin – Minggu Rp. 20.000/Orang
Parkir Rp. 5.000
*Tips
  • Hati-hati melangkah pada jalur menuju lokasi air terjun.
  • Gunakan jenis sendal gunung agar nyaman untuk melangkah.
  • Bila cuaca mendung, segera tinggalkan lokasi curug.
  • Bawalah baju ganti.

Buat kalian yang tertarik dengan keindahan alam Curug Ciburial,kalian bisa hubungi tours reguler Jogja di campatour.com.yaa…

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply