Curug Cigangsa, Pesona Kelurahan Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat
image of 1140x530

Pesona eksotisme dari Curug Cigangsa memang dapat menjadi daya tarik tersendiri kepada para penikmatnnya. Curug yang dapat disebut dengan Curug Luhur ini berlokasi di kelurahan Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Curug sendiri adalah nama dari air terjun dalam bahasa Sunda. Di lokasi dari air terjun ini sendiri, selain wisatawan dapat bermain-main dengan air, juga dapat mengetahui sejarah sampai dengan mitos yang berkembang di wilayah air terjun Cigangsa ini.

Para wisatawan yang ingin masuk ke lokaasi wisata alam air terjun yang beradaa di Sukabumi, Jawa Barat ini akan dikenakan biaya tiket seharga 3.000 rupiah saja per orangnya. Para wisatawan pun juga tidak ada batasan waktu kunjung sama sekali untuk berada di air terjun Cigangsa ini karena pihak pengelola membuka lokasi wisata alam selama 24 jam nonstop. Air terjun Cigangsa ini oleh masyarakat sekitar diberikan nama dengan mengambil nama seorang tokoh yang pernah ada disana bernama eyang Gangsa.

Air terjun Cigangsa sendiri juga memiliki sejarah kuat dengan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Hal ini dikarenakan air terjun Cigangsa menjadi sebuah lokasi persembunyian para pahlawan bangsa Indonesia dari daerah tersebut untuk bisa menghadapi para penjajah yang akan merebut daerah ini. Air terjun Cigangsa ini selain menjadi lokasi wisata juga dijadikan oleh masyarakat sekitar sebagai keperluan pengairan lahan persawahan yang mereka miliki.

Keindahan dari Curug Cigangsa dapat diketahui yang pertama dari batu-batu berwarna hitam yang tersusun sebagai dinding yang dialiri oleh air terjunnya. Selain hal itu, para wisatawan tentu saja akan dapat menar-benar menikmati wisata alam ini karena lokasi yang masih benar-benar alami dan memiliki udara yang sangatlah segar. Di sisi lainnya, air terjun Cigangsa ini juga memiliki keunikan lain yang dapat dinikmati berupa pemandangan batu berbentuk menyerupai masjid yang berad dilokasi.

Untuk dapat sampai ke lokasi dari air terjun Cigangsa ini, para wisatawan dapat memulai perjalanannya daari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menuju ke Kecamatan Suranade. Setelah wisatawan memasuki Kecamatan Suranade ini, maka berikutnya para wisatawa dapat melanjutkan perjalanan untuk menemukan lokasi air terjun Cigangsa yang berada tepat di duun Batusuhunan. Estimasi waktu yang dapat dicapai oleh para wisatawan dari kota sampai dengan lokasi wisata ini adalah sekitar 2 jam.

Selain dapat menikmati keindahan alam yang berada di lokasi dari Curug Cigangsa, para wisatawan juga akan benar-benar puas dengan fasulitas umum yang dibangun disekitaran lokasi. Seperti toilet dan beberapa fasilitas umum lainnya disediakan oleh pihak pengelola untuk memberikan kenyamanan kepadaa setiap pengunjung yang hadir di air terjun Cigangsa ini. Selain dikenakan biaya tiket, para wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir motor sebesar 5.000 rupiah dan mobil sebesar 12.000 rupiah.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply