Curug Ngebul Bunijaya, Eksotisme Tersembunyi Dari Cianjur, Jawa Barat

Air terjun merupakan salah satu wisata alami yang selalu memiliki eksotisme khas dari setiap lokasinya. Terlebih di Indonesia ini, terdapat beragam jenis air terjun dengan keindahan masing-masing alamnya yang selalu berhasil membuat takjub siapapun yang berkunjung. Dan salah satu air terjun di Indonesia, yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, dengan keindahan khas alam di sekitarnya, adalah Curug Ngebul yang berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Ngebul Bunijaya, adalah nama yang diambil dari bahasa Sunda yang jika dibahasa Indonesiakan adalah bernama air terjun Ngebul Bunijaya. Eksotisme alam dari air terjun yang satu ini masih benar-benar alami atau dalam artian belum tereksplorasi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Curug Ngebul menyimpan banyak sekali keindahan alam yang siap memanjakan siapapun pengunjung yang mendatanginya.

Pemandangan pertama yang akan dapat dilihat oleh para pengunjung, tentu saja adalah air terjun itu sendiri dengan latar belakang berupa tebing yang menjulang tinggi. Air yang turun melalui tebing tinggi ini pun memiliki debit yang sangat besar. Selain tebing dan air terjun, para pengunjung pun juga akan dapat menikmati hijaunya lingkungan yang berada disekitaran lokasi. Tinggi dari tebing air terjun Ngebul Bunijaya ini sendiri berkisar 100 meter.

Tidak hanya sampai disitu saja, pada pengunjung Curug Ngebul Bunijaya juga dapat melakukan berbagai macam aktifitas di sekitaran lokasi. Aktifitas dari mulai camping, foto, sampai dengan wall climbing pun dapat dilakukan oleh para pengunjung yang ada. Pengunjung dari air terjun sendiri juga tidak akan dibebani dengan harga tiket yang terlalu mahal. Cukup dengan 7.500 rupiah saja, para pengunjung sudah dapat menikmati eksotisme alami air terjun Ngebul Bunijaya berserta beragam fasilitasnya.

Perlu diketahui juga bahwa air terjun Ngebul Bunijaya ini berlokasikan tepay di Kampung Rawasoro, Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Waktu terbaik untuk berkunjung kelokasi dari air terjun ini adalah pada pagi hari. Hal ini dikarenakan juga karena kesegaran dari lingkungan sekitarnya yang masih asri.  Selain waktu kunjung di pagi hari adalah rekomendasi, para pengunjung direkomendasikan juga membawa perbekalan sendiri karena disekitaran lokasi tidak ada penjual bekal sama sekali.

Curug Ngebul Bunijaya ini dapat ditempuh dengan mengendarai sepeda motor dengan melalui Kabupaten Cianjur menuju ke Kecamatan Pagelaran. Dari Kecamatan Pagelaran ini, para pengunjung dapat mengikuti jalan menuju ke daerah Cipari. Setelah sampai ke daerah Cipari ini, para pengunjung dapat memilih jalur yang menuju ke Desa Bunijaya. Setelah sampai di desa Bunijaya, selanjutnya pengunjung dapat menuju ke Rawa Soro, sebuah kampong yang menjadi pemberhentian akhir kendaraan. Setelah itu, pengunjung akan melanjutkan perjalanan sampai ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki.

 Foto by: Dhewi.zul

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply