Daya Tarik Gembira Loka Yogyakarta, tak Sekedar Rekreasi

Siapa yang tak mengenal Gembira Loka? Tempat ini selalu menjadi media pembelajaran bagi anak sejak dini untuk mengenal berbagai macam flora fauna, dan juga menjadi wisata rekomendasi bagi keluarga.  

Sejarah Gembira Loka

Sejarah dibangunnya Gembira Loka ini berkaitan dengan keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang menginginkan adanya tempat hiburan bagi rakyat yang diberi nama “Kebun Rojo”. Pada tahun 1933, keinginan tersebut berhasil diwujudkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Pembangunan Kebun Binatang ini melibatkan arsitektur berkebangsaan Belanda, Ir. Karsten. Pembangunan Kebun Binatang ini sempat terhenti akibat adanya Perang Dunia II saat kependudukan Jepang. Pembangunan dilanjutkan oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII pada tahun 1953.

Pada tahun 1959, Titrowinoto dipilih oleh KGPAA Paku Alam untuk melanjutkan pengelolaan Kebun Rojo atau Kebun Binatang Gembira Loka karena dianggap memiliki kecintaan dan minat terhadap pengembangan kebun binatang tersebut. Tak heran jika dibawah kepengurusan Tritowinoto, Kebun Binatang Gembira Loka berkembang pesat. Puncak perkembangan Gembira Loka adalah pada tahun 1978 yang mana saat itu koleksi binatang telah lengkap, sehingga wisatawan banyak yang tertarik untuk berkunjung.

Tahun 2000-2006 an  memang kebun gembira loka mulai sepi peminat, dikarena koleksi hewan semakin berkurang dan tidak lengkap ditambah persaingan munculnya berbagai destinasi alternatif semakin banyak, sehingga wisatawan mulai beralih ke destinasi yang lain yang lebih kekinian. Ditambah lagi dengan adanya gempa di Jogja tahun 2006 menjadikan Gembira Loka menjadi terpuruk. Keadaan tersebut memaksa pengelola baru dari generasi ketiga pendiri Gembira Loka berbenah. Mulai dari pembangunan kembali bangunan yang rusak, penambahan wahana dan hewan cukup membuahkan hasil. 

Daya Tarik Gembira Loka Sekarang

Kini Kebun Binatang Gembira Loka tahun 2020 menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat untuk keluarga, dan telah tersedia banyak spesies hewan cukup lengkap, meliputi kelompok mamalia, reptil dengan tiruan lingkungan sesuai habitatnya. Kondisi yang semakin membaik dari segi pelayanan serta penataan lingkungan  yang semakin bagus, membuat  Gembira Loka menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak diincar oleh keluarga karena dapat dijadikan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak. Selain itu, lokasinya luas dan rindang menjadi pengunjung nyaman untuk berkeliling dan berinteraksi dengan berbagai hewan.

Selain melihat, memberi makan, serta jalan-jalan, kalian juga dapat merasakan sensasi terapi ikan lho. Namun, untuk merasakan sensasi ini, pengunjung dikenakan biaya tambahan selain biaya masuk, yakni 20.000 rupiah. Ada pula kolam ikan yang khusus disediakan untuk anak-anak menangkap ikan dengan biaya 10.000 rupiah. Di tengah Kebun Binatang Gembira Loka juga terdapat kolam yang cukup besar dan menyewakan beberapa wahana, misalnya speedboat seharga 20.000 rupiah, kapal dan bebek mengapung Rp 20.000 yang bisa dikendarai secara mandiri. Tak ketinggalan juga terdapat beberapa spot foto yang Instagramble yang menarik untuk berswafoto. Beberapa wahana permainan yang dapat dimainkan seperti

Baca Juga Keistimewaan Air Terjun Perawan Sidoharjo

  • Perahu Katamaran

Perahu Katamaran akan membawamu berwisata keliling area Danau Kebun Binatang. Selain mengelilingi danau, juga diajak mengelilingi area Mayang Tirta. Agar dapat menggunakan jasa Perahu Katamaran, anda wajib membayar ongkos sebesar Rp. 10.000.

perahu gemberia loka

(Sumber : https://www.datawisata.com)

  • Perahu Bebek Kayuh

Anda juga dapat menaiki Bebek Kayuh bersama anak mengelilingi danau, Dan Pastinya ini akan menjadi momen liburan serumu bersama orang-orang tersayang. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000 untuk bisa menaiki bebek kayuh ini.

wahana Gembira Loka

(Sumber : https://www.datawisata.com)

Baca Juga Daya Tarik Desa Wisata Pentingsari

Rute Menuju Gembira Loka

Gembira loka sangat mudah dijangkau, apalagi lokasinya yang masih di wilayah Kota Jogja. Jika Anda berada di Bandara Adi Sucipto, Anda bisa melalui jalan solo, kemudian mengambil fly over Njanti, kemudian belok kanan atau ke arah Kota gede. Jika menemukan lampu merah pertama Anda belok kiri dan Gembira loka tepat berada di sebelah kiri jalan sebelum sungai, atau Jika anda dari pusat kota Jogja ke arah timur melewati jl panembahan senopati jalan terus menuju jl kusumanegara, kemudian lurus terus melewati jl raya jogja sampai ke pertigaan selatan melewati jl kebun raya jalan terus maka Anda akan sampai ke Kebun Binatang Gembira Loka.

Harga Tiket Masuk ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Harga tiket untuk masuk ke Kebun Binatang Gembira Loka cukup standar yaitu untuk hari weekday (Senin-Jumat) akan dikenakan biaya Rp. 25.000/orang, untuk weekend (Sabtu-Minggu) dan hari libur wisatawan akan dikenakan biaya Rp. 30.000/orang, dan untuk high season akan dikenakan biaya Rp. 40.000/orang. Dan tiket parkir untuk kendaraan motor roda dua dikenakan biaya Rp 2.000, dan untuk kendaraan mobil Rp 5.000, untuk kendaraan bus Rp 10.000

Fasilitas di Gembira Loka Yogyakarta

Fasilitas yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka cukup lengkap dan dapat membuat pengunjung merasa nyaman diantaranya:

  1. Sangkar/rumah satwa
  2. Area Bird Park
  3. Reptil dan Amphibian Park
  4. Laboraturium gembira loka (museum)
  5. Sepeda air
  6. Perahu engkol (dayung/kayuh)
  7. Kereta mini keliling area kebun binatang
  8. Kolam tangkap
  9. Area ATV dan Sepeda track
  10. Kapal katamaran (dengan kaca untuk melihat biota air)
  11. Mayang tirta
  12. Toilet
  13. Lahan parkir luas
  14. Free wifi zone
  15. Tempat sampah
  16. Tempat ibadah

Apabila ingin berwisata ke Kebun Binatang Gembira Loka dan destinasi menarik lainnya bersama keluarga maupun sahabat, segera pesan tours reguler Jogja di campatour.com.

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
  2. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply