Daya Tarik Pantai Parang Endog yang tak Sekadar Menikmati Senja

Siapa yang tak mengakui keindahan pantai di Gunungkidul, Yogyakarta. Salah satu pantai yang diperhitungkan di daerah tersebut ialah Pantai Parang Endog. Nama Parang Endog berasal dari bahasa Jawa, yakni kata “parang” yang berarti batu karang dan “endog” yang berarti telur. Hal ini karena konon di sekitar pantai ini ditemukan bebatuan seperti telur. Di Pantai Parang Endog, terdapat banyak batu besar yang menyerupai telur. Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan hijau yang merupakan bagian dari dataran tinggi Pegunungan Seribu. Ada pula tebing tinggi di pinggir pantai yang disebut Tebing Pantai Parang Endog, padahal bernama asli Tebing Watugupit.

Daya Tarik Pantai Parang Endog yang Tak Sekedar Menikmati Senja

Dengan arus laut yang relatif tenang, Pantai Parang Endog sangat mendukung untuk kegiatan melaut, memancing, maupun aktivitas lainnya di pinggir pantai. Nah, hal yang lebih menarik, setelah memancing, pengunjung bisa langsung membakar ikan, lalu menyantapnya. Suasana yang sangat alami, bukan? Hal yang tidak bisa tidak dilakukan di pantai kebanyakan ialah berenang di tepi pantai. Nah, di Pantai Parang Endog ini pun bisa dilakukan. Namun, pengunjung harus berhati-hati dan tidak berenang ke tengah pantai karena terlalu berbahaya. Selain itu pengunjung bisa menikmati pemandangan biota laut, seperti ikan-ikan cantik, kerang, dan rumput laut.
Bagi pencinta oleh raga yang memacu adrenalin, pantai ini menawarkan spot untuk olah raga. Apa saja olah raga tersebut?

  • Paralayang

    Hal ini didukung dengan adanya tebing-tebing yang menjulang tinggi dan menjorok ke laut. Angin di sekitar pantai pun relatif stabil, lho. Hal ini sangat menunjang olah raga ini. Hal penting lainnya ialah ketika melakukan aktivitas ini, ada baiknya memakai peralatan standar dan didampingi orang yang sudah profesional.

Paralayang Parang Endog via: pantainesia.com

Baca Juga: Paket Tour Jogja 2D1N Pantai Teras Kaca dan Watu Payung

  • Panjat Tebing

    Dengan kontur perbukitan batuan karst. Panjat tebing sangat diburu bagi penggemar olah raga ketinggian. Ada beberapa blok tebing yang sudah dibuka jalur panjatnya. Jika kamu punya komunitas olah raga panjat tebing dengan didampingi instruktur yang profesioanal, Tebing Parang Endog harus masuk dalam daftar tebing yang seru untuk di explore.
    Jangan khawatir bagi kamu yang masih pemula untuk mencoba memanjat di sini, tebing Parang Endog mempunyai jalur bermacam-macam. Level Beginner, Advance dan Intermediet. Memanjat di tebing pun lebih seru daripada harus memanjat di wall yang artificial. Tetap siapkan peralatan yang lengkap dan safety seperti: Sepatu Panjat, Magnesium (Mg) supaya tangan tidak berkeringat, tali Kernmantel dinamis, Figure Eight (Manual), Harness, Carabiner (Screw dan non screw), Runner, Helm, Webbing, Prusik, Chalk Bag (Isi Mg), Grigri (Alat belay otomatis yang juga bisa digunakan untuk membelay diri sendiri) serta perlengkapan lainnya menyesuaikan kebutuhan materi panjat.

Jalur PanjatTebing Parang Endog. Via: Travelisco.co.id

Nah, untuk penikmat senja, ada spot menarik di Pantai Parang Endog, yakni di Watugupit. Area ini sangat instagramable. Setelah lelah mendaki tebing, kamu bisa bersantai di Watugupit yang biasa disebut helipad. Memotret panorama sunset dengan landscape Pantai Parangtritis sambil menikmati angin yang sepoi-sepoi. Nikmat mana yang kamu dustakan?

Dimana Lokasi Pantai Parang Endog?

Lokasi Pantai Parang Endog ada di Dusun Parangrejo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Biaya Tiket Masuk dan Parkir Pantai Parang Endog

Biaya tiket masuk objek wisata ini cukup terjangkau, hanya 5.000,- rupiah per orang. Murah, bukan? Sedangkan, untuk biaya parkir, pengunjung dikenakan biaya sebesar 2.000,- rupiah untuk motor dan 5.000,- rupiah untuk mobil.

Fasilitas di Pantai Parang Endog

Fasilitas di pantai ini juga cukup memadai, di antaranya tempat parkir, kamar mandi, tempat ibadah, warung, dan area camping.

Bila kamu tertarik dan ingin mengunjungi Pantai Parang endog atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket tour Jogja di campatour.com. Nggak usah ragu lagi karena kami sudah berpengalaman membawa ribuan tamu dari seluruh dunia.

Baca Juga Paket Tour Jogja:

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply