Daya Tarik Pantai Sarangan Yang Diapit Dua Bukit Cantik

Siapa tak mengakui keindahan pantai di Gunungkidul? Salah satunya ialah Pantai Sarangan. Pantai ini mempunyai garis pantai yang pendek sekitar 200 meter dan berbentuk sedikit melengkung. Pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, meskipun tidak terlalu ramai, Pantai Sarangan juga tidak terlalu sepi. Bahkan daya tarik dari pantai ini membuatnya semakin terpancar. Karakteristik pantai ini seperti Pantai Krakal, berpasir putih bersih serta bebatuan di pinggir pantai.

Dimana Lokasi Pantai Sarangan?

Pantai Sarangan mudah untuk ditemukan/lokasinya mudah dicari, Pantai Sarangan berlokasi di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Namun biasanya banyak orang mengira bahwa Pantai Sarangan adalah Pantai Krakal, karena letaknya hanya terpisahkan oleh bukit sekitar 3-4 meter.

Rute menuju Pantai Sarangan

Dari Kota Yogyakarta, Lokasi Pantai Sarangan berada sekitar 70 km dari arah Kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Untuk mengetahui arahnya pun Anda bisa memanfaatkan google map, namun jika jaringan internet kurang stabil bisa saja rute tersebut akan hilang sebelum sampai lokasi tujuan. Namun yang perlu diingat dimana lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Krakal, ini berarti Anda hanya perlu mengikuti rute atau penunjuk jalan ke Pantai Krakal. Selain itu lokasi pantai juga masih searah dengan Pantai Sepanjang. So, anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi.

Fasilitas di Pantai Sarangan

Fasilitas yang ada disini cukup lengkap, ada tempat ibadah, kamar mandi, penginapan juga warung penjajak makanan. Hanya saja lingkungan pantai ini jarang ada tanaman/pohon yang bisa dijadikan untuk meneduh dari sengatan matahari. Mungkin penanaman pohon jenis tanaman seperti cemara laut, cemara udang atau ketapang bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

Tiket masuk menuju Pantai Sarangan?

Untuk Tiket masuk ke kawasan Pantai Sarangan ini sudah termasuk tiket masuk sepanjang pantai dari Pantai Baron hingga Pantai Poktunggal Rp.10.000; per orang dan anda akan dikenakan biaya parkir untuk sepeda motor Rp. 3.000; mobil. Rp. 5.000. Jadi ketika anda ingin melakukan tour jogja ke Pantai Sarangan sebaiknya sekaligus mengunjungi Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. 

Daya Tarik Pantai Sarangan

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya keberadaan bukit di sisi kanan dan kiri pantai. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan dipantai ini diantaranya anda bisa bermain-main air dan mencari ikan-ikan kecil di tepi pantai. Gelombang di pantai ini pun tidak terlalu besar, tidak seperti Pantai Baron dan Krakal. Pada saat pantai surut, karang-karang di sekitar pantai terlihat jelas dan berserakan. Ikan-ikan kecil yang berenang juga tampak cantik. Akan tetapi, tetap harus berhati-hati saat bermain-main di Pantai Sarangan yaa.

Nah, Selain menikmati keindahan pantai dan bermain air di pantai, anda juga bisa menikmati pemandangan pantai saat sunset atau sunrise dari atas Puncak Bukit Giri dan Jujugan. Kedua bukit yang tinggi dan ditumbuhi tumbuhan liar ini mengapit Pantai Sarangan, dari Bukit Giri, kalian bisa menikmati indahnya Pantai Krakal dan Sundak. Sedangkan, dari Bukit Jujugan, kalian bisa memancing di pinggir tebing karang sembari merasakan suasana pantai. Nah bagi kalian pecinta camping, kalian bisa camping bersama teman dan keluarga disini sembari menikmati panorama, menghidup udara laut, dan melepaskan penat sejenak. Tetapi tetap harus selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Sehingga, Pantai Sarangan ini bisa tetap terjaga keindahannya.

Jika ingin mengunjungi Pantai Sarangan atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Baca Juga 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply