Destinasi menarik di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan wilayah yang berada di provinsi Jawa Timur yang langsung berbatasan dengan Pulau Bali. Destinasi wisata yang terkenal di Banyuwangi adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen setiap tahunnya banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki kawah yang mengagumkan, terkenal dengan blue fire yang berbeda dengan kawah lain di Indonesia. Kawah Ijen juga terkenal memiliki pemandangan sunrise yang indah ditambah dengan para penambang belerang yang lalu lalang mengangkut berelang dari atas kawah. Kami akan mengajak anda untuk menjelajah Banyuwangi tak hanya menikmati pesona wisata alamnya tetapi juga mengenal kebudayaan Banyuwangi itu sendiri.

1. Taman Sewu Gendrung

Banyuwangi memiliki Taman Gandrung Terakota dengan 1.000 visualisasi penari Gandrung Banyuwangi yang terinspirasi dari Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang. Gendrung adalah tarian khas Blambangan yang merupakan tarian selamat datang. Tiada perayaan atau pagelaran tanpa tarian Gendrung karena tarian ini sudah menyatu dalam kehidupan masyarakat Banyuwangi.
Memasuki kawasan Taman Gendrung Terakota Anda akan disambut ratusan Penari Gendrung yang tersebar diberbagai spot persawahan. Selain melihat ratusan patung penari Gendrung kamu juga akan melihat perbukitan hijau dan hamparan sawah dan tanaman endemic setempat.

2. Kawah Ijen
Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan lokasinya terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat yang digunakan untuk spot foto.

3. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran (TNB) terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, kab. Situbondo. Baluran mendapat julukan Africa Van Java atau Little Africa. Julukan tersebut memang sangat pantas, karena di dalam TNB terdapat padang Savana yang sangat luas dengan banyak satwa liarnya. Banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang yang lumayan buas, kerbau dan burung meraj yang indah, semua ada di Baluran. Keberadaan satwa liar ini menjadi ciri khas kawasan konservasi Taman Nasional Baluran.

4. Pantai Bama
Pantai Bama, selain dikenal sebagai pantai dengan air jernih dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur. Keunikan Pantai Bama yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.
Selain dikenal dengan berbagai keunikannya, Pantai Bama juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Menurut pengelola Taman Nasional Baluran, Pantai Bama kerap menjadi destinasi wisata unggulan di Situbondo dengan pemandangan matahari terbit dan pemandangan bawah laut yang menawan.

5. Hutan Trembesi Jawatan
Tempat ini menawarkan pesona pemandangan yang bagus, sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto maupun background pre-wedding dengan tema “Nature”. Saat yang tepat apabila ingin menikmati semilir angin yang sejuk dan panorama alam Jawatan adalah pada sore hari. Karena pada sore hari sinar matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan menjadikan tempat ini tampak menakjubkan. Tak heran jika pada sore hari selalu dipenuhi pengunjung, baik hanya sekedar duduk duduk santai, bersepeda, dan berolahraga.

6. Red Island
Pulau Merah atau Red Island adalah salah satu destinasi wajib jika berkunjung ke Banyuwangi. Pantai di Pulau ini cukup terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah dan lokasi surfing tingkat pemula karena memiliki ombak rata-rata 2-3 meter. Pantai Pulau Merah lebih tepatnya terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pasanggrahan, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

7. Alas Purwo
Bicara Alas Purwo, pikiranmu pasti akan tertuju pada sebuah hutan legendaris di ujung timur Pulau Jawa. Gimana sih sensasinya masuk Alas Purwo? Terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Alas Purwo memiliki keindahan yang tak terelakkan. Memiliki luas hingga 434 Km², Taman Nasional Alas Purwo menyimpan berjuta pesona alam. Mulai dari floranya yang lebih dari 500 spesies tanaman hingga pesona binatang liar yang hidup bebas di sana.

8. Museum Blambangan
Museum Blambangan didirikan pada tanggal 25 Desember 1977 dan diresmikan oleh gubernur tingkat I Jawa Timur yaitu Bapak Soenandar Priyosoedarmo. Saat itu, Museum Blambangan merupakan salah satu dari 13 museum yang ada di Jawa Timur. Museum Blambangan juga menjadi salah satu destinasi wisata edukasi unggulan di Banyuwangi.
Di depan museum, teman-teman akan disuguhkan dengan deretan alat musik karawitan dan papan nama-nama pemimpin Banyuwangi. Deretan nama paling atas, yang menunjukkan penguasa/pemimpin Kerajaan Blambangan atau Kabupaten Banyuwangi. Rupanya pemimpin pertamanya adalah Raja Tawang Alun, yang memimpin mulai abad 16.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply