Diving di Tulamben, Spot Diving Istimewa di Timur Bali
image of 1140x530

Bali memiliki beragam spot destinasi wisata. Belakangan ini sport diving di Tulamben sedang naik daun. Sebelumnya, Tulamben merupakan desa kecil  yang berada di sudut timur laut di Bali. Desa tersebut termasuk dalam kabupaten Karangasem. Dari bandara Internasional Ngurah Rai, kabupaten tersebut berjarak sekitar 133 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai kesana. Bagi anda yang berencana ke sana, kini sudah banyak travel yang melayani paket liburan ke sana.

Spot diving di tulamben sangat terkenal bagi kalangan diver baik para diver domestik atau internasional. Terkenalnya spot diving ini tidak lain adalah terdapatnya beragam situs-situs penyelaman.  Berikut ini  adalah beberapa situs penyelaman istimewa di Tulamben.

Bangkai Kapal USS Liberty

Para diver yang yang berkunjung ke spot diving di Tulamben pasti tidak pernah melewatkan situs ini. Di situs ini terdapat bangkai kapal yang berada di dasar laut yaitu kapal USS Liberty. Spot ini sudah dikenal bahkan sampa internasional. Akses ke situs ini juga terbilang mudah. Jarak dari bibir pantai menuju USS Liberty hanya berjarak 30 meter. Tidak hanya itu, sport ini juga tidak terlalu dalam. Pada titik bangkai kapal ini kedalaman maksimum hanya 30 meter saja. Mudahnya akses situs ini menjadi objek wajib bagi para diver yang berkunjung ke Tulamben.

Sedikit sejarah tentang spot ini, Kapal dari Amerika Serikat tersebut berjenis USAT atau kapal transportasi militer. Kapal tersebut karam pada tahun 1942 saat perang dunia 2 berlangsung. Tenggelamnya kapal tersebut karena menjadi korban torpedo dari kapal selam Jepang saat itu. Bangkai kapal yang telah berkarat ini kini telah menjadi hunian mahluk bawah laut. Bahkan beberapa penyelam pernah menemui paus hiu dan hiu martil.

Tulamben Wall (Drop Off)

Spot kedua di tulamben yang wajib dikunjungi adalah Tulamben Wall atau dikenal juga dengan istilah Drop Off. Pada awalnya situs ini hanya menjadi spot alternatif untuk diving di Tulamben setelah lokasi bangkai kapal USS Liberty.  Namun situs ini semakin berkembang dan semakin menawarkan keindahan biota lautnya. Dengan kedalaman lebih dari 60 meter, spot ini menantang para penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut. Di spot ini terdapat hewan-hewan laut besar seperti hiu karang atau kiu martil. Sedangkan pada bagian atas, terdapat berbagai terumbu karang yang memiliki beragam warna yang dihuni ikan-ikan dan mahluk laut yang berwarna cantik. Jangan khawatir, para traveler yang ingin berkungjung di sini akan dipandu oleh guide profesional yang selalu disediakan oleh travel agen kami.

Suci Palace

Jika spot sebelumnya merupakan situs alami, berbeda dengan suci palace. Situs diving di Tulamben ini merupakan situ buatan dari Matahari Tulamben Resort sejak tahun 2012 hingga sekarang. Spot diving ini hanya memiliki kedalaman 9 hingga 17 meter saja, sehingga cocok untuk para diver pemula sekalipun. Di kawasan spot ini sengaja ditempatkan patung-patung Budha dan Dewi Tara. Selain kedua patung tersebut terdapat beragam artefak lainnya. Di spot ini tidak hanya banyak dikunjungi oleh para penyelam, namun juga berbagai macam ikan-ikan cantik.

Paket Wisata Diving di Tulamben

Untuk paket wisata di Tulamben ada beragam jenis akomodasi dan transport. Bagi anda yang berasal dari luar bali, bisa memesan paket liburan dari kota asalan anda sehingga tidak perlu repot untuk mengurus akomodasi dan transport. Paket lengkap diving di Tulamben dapat anda temukan di sini. Namun anda juga bisa menentukan meeting point di Bali, jika rekan-rekan anda berasal dari beragam lokasi. Transport dan akomodasi terdapat beragam pilihan sesuai kebutuhan.

Paket wisata diving di Tulamben yang bisa anda ambil adalah snorkeling dan atau diving. Jika anda hanya ingin mengunjungi lokasi dangkal, paket snorkeling bisa menjadi solusinya. Paket diving juga tersedia bagi anda bagi pemula atau profesional. Semua paket didampingi oleh trainer dan guide berpengalaman untuk menjamin pengalaman dan keselamatan anda selama diving di Tulamben. Atau anda bisa mengambil kedua paket tersebut untuk menjelajahi setiap situs dan spot-spot diving yang ada di Tulamben.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply