Fenomena Unik Pantai Sundak

Tak pernah lepas dari benak wisatawan, Gunung kidul memiliki banyak tempat wisata yang patut kalian ekspor. Salah satu keindahan Pantai di Gunung kidul adalah Pantai Sundak. Pantai ini memiliki pasir putih dan air yang jernih, bersih, dan menyegarkan, sehingga sangat cocok bagi kamu pecinta pantai. Jika anda berencana untuk melaksanakan Tour ke Jogja wajib nih untuk mengunjungi pantai ini, Tetapi ada yang perlu di perhatikan yaa bahwa ombak di pantai ini cukup besar mengharuskan para pengunjung untuk berhati-hati bila bermain air atau sekadar berjalan-jalan di tepian pantai.

(Sumber : panduanwisata.id)

Dimana Lokasi Pantai Sundak?

Pantai Sundak berada di kawasan Gunung Kidul dan berlokasi di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Rute menuju Pantai Sundak

Jalan menuju ke Pantai Sundak terbilang mudah dan aman untuk dijangkau, karena kondisi jalan menuju ke sana sudah di aspal dan layak untuk dilewati, tetapi sebagian jalan masih naik turun dan berkelok-kelok, maka dari itu perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan untuk mengecek kondisi kendaraan seperti ban, rem, oli, dll terlebih dahulu. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 65,3 km, dan memerlukan waktu sekitar 1 jam 46 menit. 

Rute jalan menuju Pantai Sundak cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Jogja ke selatan melewati jl mayor suryotomo jalan terus, sampai melewati jl brigjen katamso sampai ke perempatan ke arah timur melewati jl kolonel sugiono, kemudian jalan terus sampai ke pertigaan ke selatan melewati jl sisingamangaraja lurus terus melewati jl imogiri barat sampai ke pertigaan ke timur melewati jl bakulan imogiri ikuti terus jalan tersebut sampai melewati jl imogiri siluk jalan terus menuju jl siluk panggang lurus melewati jl raya panggang wonosari, lalu melewati jl pantai sel jawa ikuti jalan tersebut kemudian Anda akan sampai ke Pantai Sundak.

Harga Tiket di Pantai Sundak

Bagi anda yang akan melakukan Tour Jogja, terutama ke Pantai Sundak tidak perlu khawatir, untuk harga tiketnya cukup murah. Jika anda berkunjung ke Pantai Sundak anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000/orang saat weekday dan Rp. 6000/orang saat weekend. Anda juga bisa menyewa gazebo, untuk harga sewa gazebo anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000, dan untuk biaya parkir pengunjung dikenakan biaya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Fasilitas di Pantai Sundak

Fasilitas yang ada di Pantai Sundak sudah cukup memadai dan pastinya akan membuat kunjungan anda terasa nyaman, beberapa fasilitas diantaranya:

  1. Area parkir luas bisa digunakan untuk motor dan mobil
  2. Mushola
  3. Kamar mandi/Toilet
  4. Terdapat gazebo untuk bersantai
  5. Kamar Ganti

Daya Tarik Pantai Sundak

Pantai Sundak berada dekat dengan Pantai Indrayanti, menurut sejarah pemberian nama Pantai Sundak berasal dari asu dan landak. Konon tahun 1976, ada seekor anjing yang kelaparan yang mencari makan dalam goa, si anjing akhirnya menemukan landak untuk dimakan dan kedua berkelahi di pinggir pantai ini, saat bersamaan pemilik anjing mencari keberadaan anjingnya, dan di dapati badannya basah kuyup keluar dari goa, akhirnya si pemilik anjing masuk ke dalam goa karena penasaran dan mengetahui ada beberapa tulang landak dan ditemukan pula mata air tawar di dalam goa, yang kini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. Penemuan ini menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar yang tadinya kekeringan air, sehingga dinamakan pantai ini dengan Pantai Sundak yang mana sebelumnya bernama Wedi Baedah. 

Baca Juga 7 Tips Mengunjungi Pantai Siung Supaya Mendapatkan Foto Terbaik

Ada apa saja sih disini, dan apa saja kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Sundak?

Tenang kalian bisa melakukan banyak kegiatan disini. Apa saja sih? Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan : 

1. Menikmati Suasana Pantai

Anda bisa nikmati suasa pantai, dengan suara deburan ombak bewarna biru, jernih dan bersih, sembari duduk di gazebo pantai yang sudah di sediakan atau pun di bawah pohon akan menambah keharmonisan liburan anda.

2. Bermain Pasir

Di pantai ini, anda tidak bisa melakukan aktivitas berenang karena airnya yang dangkal dan terdapat banyak karang-karang kecil yang tajam, tetapi anda bisa bermain air di bibir pantai dan berjalan sejauh 40 meter ke tengah laut, maka anda akan temukan penampakan karang kecil dari dekat. Bermain pasir pun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan jika di lakukan bersama dengan teman, keluarga ataupun pasangan.

3. Berfoto

Di pantai ini pun banyak spot untuk berfoto yang bagus, anda bisa foto sepuasnyaa bersama keluarga, teman atau pun pasangan anda di pantai ini dengan bebas karena pantai ini sepi sehingga anda bisa lebih leluasa untuk mengekspresikan gaya atau pose saat berfoto bersama.

4. Mencicipi Makanan

Anda juga bisa menikmati aneka makanan olahan laut lezat di sekitaran pantai sambil menunggu matahari terbenam ataupun hanya sekedar mengisi perut saja bersama keluarga.

Wisata Pantai Sundak

5. Penginapan

Penginapan, bagi yang ingin menikmati matahari terbenam di sore hari, menikmati pemandangan hamparan bintang-bintang di lautan luas ketika malam dan menikmati sejuknya udara pagi yang dibalut dengan indahnya matahari terbit di tepi pantai, penginapanlah pilihan yang tepat. Tetapi penginapan yang tersedia disini hanya hotel kecil sekelas Hotel Melati.

6. Goa Air Tawar

Bagi anda yang ingin melihat atau menjumpai Goa dengan Air Tawar seperti pada sejarah tadi, anda dapat berjalan ke arah utara pantai, di sebelah utara akan tampak perbukitan batu kapur dan batu karang dengan tinggi kurang lebih sekitar 12 meter. Di salah satu bukit batu karang ada goa atau lorong, anda bisa memasukinya. Nah, di sebelah timur terdapat batu karang yang ada goa nya, dengan ketinggian goa kurang lebih sekitar 2 meter. Di sana terdapat sumur alami yang dijadikan tempat untuk mengambil air tawar oleh warga sekitar.

7. Melihat Ikan-ikan Kecil

Pemandangan di Pantai Sundak ini masih terbilang alami, sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung kesini. Jika kita berjalan ke arah laut sejauh 40 meter, anda akan menemukan karang-karang kecil yang menjdi tempat persembunyian ikan-ikan kecil. Namun, kalian perlu berhati-hati yaa dan tetap harus waspada karena terdapat banyak batu karang tajam.

Buat kalian pasti sudah bertanya-tanya seperti apa sih fenomena unik di Pantai ini? Jadi, fenomena di pantai ini umumnya terjadi saat musim hujan, volume air lebih besar, sehingga muncul air yang mengalir ke lautan. Karenanya, daratan di sebelah timur pantai seperti terbelah karena adanya sungai kecil tersebut membelah pasir. namun, ketika musim kemarau, belahan pasir itu menghilang. Oleh karena hal ini, Pantai Sundak juga dikenal dengan nama Pantai Wesibedah.

Buat kalian pecinta camping dan travelling tidak perlu khawatir, anda dapat melakukan camping disini, karena disini terdapat area untuk camping. Sehingga, pantai ini cocok untuk bertamasya dan menikmati waktu bersama kawan-kawan maupun kerabat. 

Nah, apabila ingin mengunjungi Pantai Sundak atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Paket Tour Jogja lainnya

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply