Festival Danau Toba, Acara Tahunan Paling Meriah di Sumatra Utara

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan sekaligus sebagai salah satu danau paling dalam di dunia. Danau ini terletak di Sumatra Utara dan sekaligus dipercaya sebagai tempat kelahiran orang Batak. Untuk melestarikan budaya dan adat masyarakat di sekitar Danau Toba, pemerintah mengadakan Festival Danau Toba. Festival ini merupakan festival budaya tahunan yang bisa dibilang paling meriah di Sumatra Utara.

Tahun 2017 lalu, acara taunan Festival Danau Toba ini digelar pada tanggal 6-9 Desember 2017. Kali itu, festival yang menarik untuk dikunjungi tersebut berpusat di Bakkara, Kabupaten Humbang Hasudutan (Hambahas), Sumatra Utara. Selain pemandangan danau yang indah, alami dan menyejukkan mata, Festival Danau Toba menarik perhatian lantaran serangkaian acara yang suguhkan sangat komplit dan saying untuk dilewatkan. Dalam acara tersebut terdapat kolaborasi antara seni, musik, kerajian, seminar pariwisata, olahraga tradisional, dan pameran.

Tak hanya itu saja, kegiatan lain yang ikut dalam rangkaian Festival Danau Toba terdiri dari Tarian kolosal Puak, Parade Gerobak Terhias dengan tema ‘Ulos’, Lomba Renang Rakyat, Lomba Lari, Lomba Perahu Naga Solu, Geopark kawah Danau Toba, Tari Mocak, Tari Tor Tor, Pawai Keindahan Toba, Geopark Ucok Butet, dan sederet acara lain yang sangat disayangkan jika tidak diikuti.

Keunikan Danau Toba yang mungkin belum Anda ketahui adalah proses terbentuknya. Berdasarkan hasil penelitian yang disampaikan oleh para ilmuan, Danau Toba terbentuk dari letusan gunung dizaman purba. Kemudian terbentuklah kawah yang super luas dan dalam. Akibat ledakan tersebut, banyak sumber yang menyebutkan bahwa kala itu Bumi dilanda musim dingin vulkanik selama kurun waktu sekitar 6-10 tahun lamanya. Tak bisa dibayangkan bukan bagaimana dasyatnya ledakan pada zaman purba dulu?

Jika Anda ingin ke sana untuk melihat langsung Festival Danau Toba, sebaiknya Anda turun di Bandara Silangit. Waktu tempuh yang Anda butuhkan dari bandara ini hanya sekitar 1,5 jam. Namun jika Anda terpaksa turun di Bandara di Medan, maka waktu tempuh Anda bisa mencapai 5 jam melalui jalur darat. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa bergabung dengan biro travel yang mengadakan tour ke Festival Danau Toba akhir tahun mendatang.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply