Goa Bawah Laut di Pulau Biak
image of 1140x530

Sampai saat ini Papua menyimpan berbagai kekayaan alam. Salah satunya yang paling terkenal adalah Lokasi Penyelaman Raja Ampat. Namun selain Raja Ampat terdapat lokasi wisata yang tak kalah indahnya yang berada di Papua. Lokasi tersebut berada di Pulau Biak. Pulau ini sempat menjadi saksi sejarah peperangan dunia ke dua antara balatentara Dai Nippon dengan pasukan sekutu Amerika Serikat. Alhasil di sini terdapat beberapa jejak-jejak sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi keindahan alamnya juga menjadi alasan utama kamu harus mengunjungi lokasi ini. Terdapat beragam spot diving di Biak yang berada di kawasan lautan sekitar. Pemandangan bawah lautnya tak kalah dengan Raja Ampat. Beberapa spot diving tersebut terletak di  Pulau Mapia, Plau Rani, Pulau Meosindi, Tanjung Baran dan Pulau Padaido.

Goa Bawah Laut di Biak

Biak memiliki sebuah spot diving di Biak yang populer diantara para penyelam profesional. Bahkan kini spot ini menjadi objek wisata selam. Spot tersebut berada di kawasan pulau Wundi yang termasuk dalam gugusan pulau Padaido.

Saat perjalanan ke spot penyelaman, kamu akan dapat dengan mudahnya menemukan lumba-lumba yang mengikuti laju kapal. Di spot ini sudah terkenal memang banyak lumba-lumba yang sering berinteraksi dengan kapal-kapal nelayan atau wisatawan. Di kawasan ini kamu akan menemukan beberapa kapal kayu sederhana yang digunakan oleh nelayan menangkap ikan. Tak ada sama sekali kapal modern.

Sekilas mengenai kepulauan Padaido adalah kepulauan dengan gugusan pulau-pulau sebanyak 36 pulau besar dan kecil. Lokasi kepulauan ini berada di tenggara dari pulau Biak. Nah menariknya di setiap pulau terdapat atol-atol yang luas mengelilingi pulau-pulau tersebut.

Pulau-pulau tersebut dihubungkan dengan sebuah atol besar. Atol besar ini membentuk kawasan laut dangkal yang terbilang sangat luas yaitu sekitar 23 kilometer. Nah lokasi inilah spot yang menarik sebagai spot diving di Biak. Akan tetapi kawasan ini juga dapat beresiko jika nahkoda kapal tidak berpengalaman, karena ketika air surut kapal bisa terjungkal karena terdapat koral-koral yang menjulang.

Kembali ke goa bawah laut di Biak. Goa ini diberi nama Goa Wundi. Untuk mengakses Goa harus dilakukan penyelaman sekitar 15 meter dari permukaan laut. Pada kedalaman 12 meter mulut gua sudah bisa jelas terlihat. Namun untuk menuju Goa ini perlu kewaspadaan karena terkadang arus kuat bisa muncul kapan saja. Oleh karena itu selama sesi penyelaman sebaiknya selalu berdekatan satu sama lain dengan anggota penyelam lain. Mulut Goa yang memiliki diameter 2 meter terbilang cukup kecil karena tubuh penyelam membawa perlengkapan selam yang cukup besar. Akan tetapi Goa Wundi masih bisa dimasuki dengan aman.

Nah spot diving di biak ini terkenal salah satunya kondisi di dalam Goa. Buang jauh-jauh pikiran Goa yang gelap gulita. Jika kamu datang pada siang hari dengan cuaca yang cerah, cahaya matahari dapat memasuki ke dalam Goa melewati sela-selanya. Hasilnya kondisi di dalam goa dapat terlihat jelas bahkan tanpa penerangan sekalipun.

Sebagai spot diving di Biak, goa wundi cocok untuk semua kalangan penyelam baik pemula atau mahir. Namun perlu pendampingan dari penyelam yang profesional dan sudah mengetahui medan tersebut. Bentuk goa berupa lorong sepanjang 20 meter. Akan tetapi di sebelah kanan kiri lorong terdapat goa-goa kecil. Goa tersebut cocok untuk penyelam profesional yang sudah mahir. Jika masih pemula cukup menikmati lorong utama goa tersebut. Kedalaman bervariasi dari mulai 12 meter hingga yang paling dalam yang benar-benar gelap gulita tanpa cahaya.

Keindahan di dalam goa ini adalah kamu bisa menemukan beragam mahluk bawah laut. Banyak beberapa hewan laut dengan ukuran besar seperti penyu, ikan napoleon, dan beragam ikan yang hanya bisa ditemukan di kawasan gelap.

Spot diving Alternatif di Biak

Jika penyelaman goa bawah terlalu menantang untuk anda, anda bisa mencoba spot diving di Biak yang lain seperti di spot Baracuda yang berada di kawasan pulau Moeswerek. Spot diving ini berupa dinding karang yang landai namun memiliki arus yang kuat. Di sini kamu dapat dengan mudah menemukan ribuan ikan baraccuda.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply