Pesona Gunung Kidul memang tak ada matinya. Selain pantai, berbagai gua di daerah ini juga kaya keindahan, termasuk Goa Jomblang. Akibat permukaan tanah yang runtuh, Goa Jomblang berbentuk vertikal. Uniknya, runtuhnya gua ini tidak membuat berbagai tanaman di atasnya hancur, tetapi ikut ke bawah dan tumbuh berkembang. Dengan begitu, tanaman ini tampak seperti hutan di dalam gua, sehingga diberi nama Hutan Purba. Setelah ditentukan sebagai anggota Geopark Network, Goa Jomblang menjadi ikon di kawasan Geopark Gunung Sewu. Gua ini juga pernah digunakan untuk syuting acara game show dari Amerika pada tahun 2011. Cahaya matahari yang masuk ke dalam gua amat indah, sehingga dinamakan cahaya dari surga. Cahaya inilah yang memukau para wisatawan itu.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung di Goa Jomlang ialah susur gua. Beberapa akses masuk Goa Jomblang, di antaranya akses VIV, A, B, dan C. Akses VIV ini menyediakan susur gua dengan berjalan kaki, kemudian turun dari ketinggian 20 meter. Sementara itu, akses A setinggi 80 meter, B setinggi 60 meter, dan C setinggi 40 meter. Tidak perlu takut menyusuri Goa Jomblang tersebut. Sebab, pengelola menyediakan pemandu yang sudah ahli dan peralatan SRT (Single Rope Tehnique) yang aman. Sehingga, pengunjung bisa menikmati indahnya berbagai tumbuhan purba yang tumbuh subur di dasar dan di dinding gua.

Selain itu, pengunjung bisa berpetualang menyusuri lorong yang menghubungkan Goa Jomblang dengan Goa Grubuk dengan berjalan kaki. Tersusun dari batu sepanjang sekitar 300 meter dan dihiasi stalaktit, stalagmite, serta kristal, gua ini pun memukau para wisatawan. Lantaran berada di deretan objek wisata di Guung Kidul, Goa Jomblang mudah ditemukan. Namun, pengunjung diharap berhati-hari karena jalannya berkelok-kelok dan naik turun. Lokasi tepatnya ialah di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Belum ada biaya tiket untuk masuk ke Goa Jomblang. Mintalah izin kepada Kepala Dukuh di daerah Goa Jomblang jika ingin masuk gua menggunakan peralatan pribadi. Namun, pengunjung juga bisa menggunakan jasa operator dengan tarif antara 450.000,- hingga 1.000.000,- rupiah per orang. Mahalnya biaya ini sebanding dengan keindahan dan pengalaman seru yang akan di dapat ketika mengunjungi gua ini. Sedangkan, biaya parkirnya sebesar 3.000,- rupiah untuk motor dan 5.000,- untuk mobil. Fasilitas di objek wisata ini juga cukup memadai, di antaranya kamar mandi atau toilet, tempat parkir, resort, mushala, tempat penitipan barang di rumah Kepala Dukuh.

Jika ingin mengunjungi Goa Jomblang atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.wisaa

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply