Jelajah Budaya di Kampung Ratenggaro Sumba

Retenggaro, Lokasi Wisata Budaya di Sumba

Ratenggaro adalah sebuah kampung yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, 56 kilometer dari Tambaloka. Kampong Ratenggaro begitu dikenal karena menyimpan salah satu kebudayaan Indonesia yang unik dan menarik. Oleh karenanya, jelajah budaya di kampung Ratenggaro Sumba patut untuk Anda agendakan. Tidak percaya? Mari simak keunikan kampung Ratenggaro yang bakal bikin Anda segera ingin mengunjunginya.

Di kampung ini Anda akan disambut dengan suasana magis yang sangat kental. Pasalnya, di sepanjang jalan masuk menuju ke kampung disuguhkan berderet-deret kuburan. Kuburan di kampung ini sangat khas, yaitu berupa kuburan batu yang kokoh dan tua. Kuburan ini dipercaya sebagai peninggalan sejak jaman megalitikum yang eksis sekitar 4500 tahun yang lalu. Jika diperhatikan lebih seksama, terdapat sekitar 304 kuburan yang ada ukiran dan berukuran besar seperti halnya altar yang kokoh. Kuburan-kuburan unik ini patut Anda jadikan salah satu obyek jelajah budaya di Kampung Ratenggaro Sumba diantara banyaknya jejak budaya lain di sana.

Selain jelajah budaya dari kuburan batu, di kampung Ratenggaro juga terdapat obyek budaya lain yang bisa Anda amati. Di sana, Anda akan menemui rumah unik dengan bentuk yang tidak dapat Anda jumpai di kampung manampun. Rumah di kampung Ratenggaro dibangun sangat tinggi hingg mencapai 15 meter. Tingginya bangunan rumah ini lantaran adanya menara di tengah masing-masing rumah. Selain dijadikan rumah tinggal, rumah-rumah yang dikenal dengan nama Uma Mbatangu ini juga dijadikan sebagai tempat untuk menjalankan berbagai ritual adat.

Uma Mbatangu terdiri dari empat tingkat, diaman tingkat paling bawah untuk hewan ternak dan tingkat dua untuk tempat tinggal pemiliknya. Sedangkan tingkat tiga untuk menyimpan berbagai hasil panen dan tingkat empat digunakan sebagai tempat menyimpan tanduk kerbau sebagai symbol kemuliaan yang dipercayai oleh masyarakat di kampung Ratenggaro.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengagendakan untuk jelajah budaya di Kampung Ratenggaro Sumba untuk menggali lebih banyak tentang budaya asli masyarakatnya. Akses menuju ke kampung ini sudah lumayan mudah untuk dilewati kendaraan meskipun masih dengan kecepatan rendah.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply