Pesona Kawah Wurung, Bondowoso Jawa Timur

Salah satu wisata yang memikat perhatian setiap wisatawan lokal maupun asing di Indonesia adalah Kawah Wurung yang berada di kabupaten Bondowoso, provinsi Jawa Timur. Wisatawan yang berkunjung kelokasi dari Kawah Wurung ini akan disambut dengan hamparan padang rumput yang membentang dengan sangat luas. Padang rumput luas atau disebut dengan savana memang adalah pesona yang tak akan pernah mengecewakan setiap pengunjung dari Kawah Wurung ini. Hijaunya rerumputan dan pohon yang berada disekitarnya akan memanjakan setiap mata yang melirik ke lokasi Kawah Wurung ini.

Meski memiliki nama Kawah, namun Kawah Wurung ini sama sekali tidak berbahaya seperti kawah-kawah yang berada di lokasi gunung-gunung berapi. Kawah Wurung, Bondowoso ini terbentuk melalui proses alamiah, dimana perbukitan yang berderet deret membentuk sebuah cekungan yang berada dalam lingkaran perbukitan tersebut. Didalam cekungan tersebutlah, para wisatawan lokal maupun asing akan menemukan indahnya hamparan rumput luas dan pepohonan yang bersemi dengan warna hijau. Para wisatawan yang berkunjung ke lokasi Kawah Wurung ini lebih dianjurkan hadir pada musim hujan, hal ini dikarenakan pada musim kemarau, padang savana dan pepohonan akan menguning.

Tidak kalah dengan wisata padang rumput savana yang berada di benua Eropa, Kawah Wurung pun juga mampu memberikan penampakan eksotismenya kepada setiap wisatawan lokal maupun asing yang menampakkan jejak di lokasi ini. Salah satu kegiatan terbaik yang dapat dilakukan oleh setiap wisatawan selain menikmati keindahannya, adalah dengan mengabadikan setiap momen saat berada di Kawah Wurung ini. Para wisatawan juga akan menemukan beberapa stand untuk melakukan fotografi dengan pemandangan yang dapatg disesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh setiap wisatawan. Kawah Wurung juga memiliki sebutan lain berupa bukit Cincin.

Sebutan buit Cincin yang melekat di Kawah Wurung, Bondowoso ini juga dikarenakan pepohonan yang berbentuk meling hampir tak memiliki celah yang berada di tepian Kawah Wurung ini. Para wisatawan baik lokal maupun asing yang ingin mencoba menikmati pesona dari Kawah Wurung ini, maka dapat mengikuti rute menuju ke desa Jampit, kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso, provinsi Jawa Timur. Secara lokasi sendiri, Kawah Wurung ini sangatlah dekat dengan lokasi kawah terkenal lainnya yaitu Kawah Ijen. Dari lokasi Kawah Ijen ini sendiri, para wisatawan dapat menempu perjalanan sekitar sembilan sampai dengan sepuluh km sampai dengan mencapai lokasi Kawah Wurung.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Kawah Ijeh, di Kawah Wurung, Bondowoso ini para wisatawan juga akan dapat menikmati indahnya puncak Ijen dan puncak gunung yang berada disebelahnya dikala cuaca pada sekitaran lokasi cerah. Dan tentu saja tidak terlupa, karena berada pada satu lokasi, tidak ada salahnya jika para wisatawan asing maupun lokal mengunjungi Kawah Wurung, Kawah Ijen, dan lokasi gunung berderet yang berada disebelahnya yang akan lebih melengkapi pesona wisata yang dilakukan oleh setiap wisatawan lokal maupun asing.

 foto by;eloquent.ingenue

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply