Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah pilihan destinasi wisata yang sangat tepat untuk keluarga. Kebun binatang yang ada di Jogja ini memiliki banyak spesies hewan cukup lengkap, meliputi kelompok mamalia, reptil, amphibi, dan aves. Gembira Loka menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak diincar oleh keluarga karena dapat dijadikan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak. Selain itu, lokasinya yang luas dan rindang menjadikan Gembira Loka sebagai primadona pengunjung. Pengunjung berkeliling dengan santai dan berinteraksi dengan beberapa hewan yang tidak berbahaya.

Dibangunnya Gembira Loka ini berkaitan dengan keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang menginginkan adanya tempat hiburan bagi rakyat yang diberi nama Kebun Rojo. Pada tahun 1933, keinginan tersebut berhasil diwujudkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Pembangunan Kebun Binatang ini melibatkan arsitektur berkebangsaan Belanda, Ir. Karsten. Pembangunan Kebun Binatang ini sempat terhenti akibat adanya Perang Dunia II saat kependudukan Jepang. Pembangunan dilanjutkan oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII pada tahun 1953.
Pada tahun 1959, Titrowinoto dipilih oleh KGPAA Paku Alam untuk melanjutkan pengelolaan Kebun Rojo atau Kebun Binatang Gembira Loka karena dianggap memiliki kecintaan dan minat terhadap pengembangan kebun binatang tersebut. Tak heran jika dibawah kepengurusan Tritowinoto, Kebun Binatang Gembira Loka berkembang pesat. Puncak perkembangan Gembira Loka adalah pada tahun 1978 yang mana saat itu koleksi binatang telah lengkap, sehingga wisatawan banyak yang tertarik untuk berkunjung.

Selain melihat, memberi makan, serta jalan-jalan, pengunjung juga dapat merasakan sensasi terapi ikan. Namun, untuk merasakan sensasi ini, pengunjung dikenakan biaya tambahan selain biaya masuk, yakni 20.000 rupiah. Ada pula kolam ikan yang khusus disediakan untuk anak-anak menangkap ikan dengan biaya 10.000 rupiah. Di tengah Kebun Binatang Gembira Loka juga terdapat kolam yang cukup besar dan menyewakan beberapa wahana, misalnya kapal dan bebek mengapung yang bisa dikendarai secara mandiri. Tentu saja, untuk menikmati wahana ini, pengunjung juga dikenakan biaya tambahan. Tak ketinggalan juga terdapat beberapa spot foto yang Instagramble banget yang menarik untuk berswafoto.

Apabila ingin berwisata ke Kebun Binatang Gembira Loka dan destinasi menarik lainnya bersama keluarga maupun sahabat, segera pesan tours reguler Jogja di campatour.com.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply