Keindahan Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung, Jawa Timur

Kabupaten Tulungagung yang berada di provinsi Jawa Timur memiliki lokasi wilayah yang berdekatan dengan laut selatan. Alhasil, banyak sekali ditemui pantai-pantai yang sangat indah di kabupaten Tulungagung ini. Dan salah satu pantai di kabupaten Tulungagung dengan pesona keindahannya yang begitu memikat mata setiap pengunjung adalah pantai Kedung Tumpang. Meski dalam bahasa Jawa, Kedung lebih identik dengan suatu yang amat sangat dalam, namun ternyata di Tulungagung ini, dana kedung juga digunakan sebagai nama salah satu pantainya.

Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung ini sendiri memiliki nama sebutan tersebut dikarenakan memang, para pengunjung yang mengunjungi lokasi akan dapat menemukan kolam-kolam air berukuran lebar dan dalam pada bagian karang-karang yang berada disekitaran lokasi pantai itu sendiri. Kolam-kolam tersebut terbentuk secara alami dimana erosi air laut yang mengikis bukit karang yang berada disekitaran lokasi pantai sehingga terbentuklah kolam-kolam karang berisi air ini. Dalam bahasa modernnya sendiri, kolam-kolam ini dapat disebut juga dengan Laguna.

Pemandangan laut dengan kolam-kolam inilah yang begitu mempesona dan dapat memikat setiap pengunjung dari pantai ini sendiri. Meskipun demikian, seperti pantai-pantai yang berada di sekitaran lokasi laut selatan Jawa. Pasti akan dibarengi dengan mitos-mitos yang dipercayai oleh penduduk di sekitaran lokasi pantai. Begitu juga dengan pantai Kedung Tumpang ini, dimana para wisatawan dilarang untuk membawa buah jeruk saat mereka berkunjung ke pantai Kedung Tumpang ini. Hal ini karena dipercayai oleh warga sekitar akan dapat mendatangkan ombak yang sangat besar dimana akan membahayakan nyawa dari setiap pengunjung dari Kedung Tumpang.

Dan terlepas dari mitos itu sendiri, sudah sepantasnya para wisatawan tetap menjaga etika dan menjadi wisatawan yang baik saat berada dilokasi manapun baik di pantai Kedung Tumpang, Tulungagung ataupun juga di lokasi-lokasi wisata lainnya. Dengan adanya mitos ini sendiri, pantai Kedung Tumpang, justru lebih menampakkan pesona keindahannya kepada setiap pengunjung wisatawan lokal maupun asing yang hadir. Pantai Kedung Tumpang ini berada tepatnya di desa Pucanglaban, kecamatan pucanglaban, kabupaten Tulungagung, provinsi Jawa Timur.

Para wisatawan yang hendak menghabiskan liburannya di pantai Kedung Tumpang ini maka dapat mengambil rute dengan mengarah masuk ke kabupaten Tulungagung itu sendiri sebelum melanjutkan perjalanan ke arah pantai. Setelah para wisatawan memasuki kabupaten Tulungagung, maka para wisatawan dapat menuju ke arah universitas IAIN Tulungagung. Setelah para wisatawan menemukan jalan arah IAIN ini, maka selanjutnya adalah mengikuti petunjuk jalan untuk mencapai ke pantai Molang Tulungagung, Jawa Timur.

Dari pantai Molang, Tulungagung ini, para wisatawan lokal maupun asing dapat mengikuti plang-plang jalan yang langsung menuju ke pantai Kedung Tumpang, Tulungagung, Jawa Timur. Para wisatawan juga tidak akan dibebani dengan biaya masuk ke dalam lokasi dari pantai Kedung Tumpang ini sendiri, hanya saja, wisatawan akan dibebani dengan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk motor dan 15.000 rupiah untuk kendaraan berupa mobil. Setelah itu, wisatawan dapat menikmati pesona dari pantai Kedung Tumpang ini secara langsung.

 

foto; tulungagungtourim

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply