Kemolekan Embung Kledung Temanggung, Mampu Membuatmu Nyaman

Temanggung adalah salah satu kota di Indonesia yang berada di daerah dataran tinggi. Selain tembakau, kopi, rempah, sayur dan berbagai hasil perkebunan atau pertanian lainnya, Temanggung juga dikenal dengan kota yang memiliki potensi wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh setiap wisatawan. Wisata alam dari mulai gunung, perkebunan teh hingga embung/waduk buatan dapat ditemui disini. Salah satu wisata alam berupa embung yang sangat mempesona ialah Embung Kledung.

Tentang Embung Kledung Temanggung

Embung ini merupakan sebuah waduk buatan yang berfungsi sebagai lokasi tampung air untuk pengairan warga yang berada disekitarnya saat musim kemarau datang. Waduk buatan ini dapat ditemui di kaki gunung Sumbing Sindoro. Meski awalnya memiliki fungsi sebagai tempat penampungan air, Embun Kledung tetap memiliki daya tarik tersendiri dari sisi wisatanya. Hal ini juga dikarenakan lokasi alam disekitarnya yang masih fresh, alami, dan dikelilingi dengan perkebunan hijau dengan view utama lereng Gunung Sumbing Sindoro. Waduk ini dibangun pada tahun 2010 dengan luas keseluruhan sebesar empat hektar.

Lokasi Embung Kledung

Embung Kledung Temanggung berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, dengan alamat lengkap Jl. Raya Parakan-Wonosobo, Area Sawah, Tlahap, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah,56264. dan tepat berada di Lereng Gunung Sumbing dan Sindoro.

Bagaimana Rute dan Kondisi Jalan menuju Embung Kledung Temanggung?

Kondisi Jalan menuju Embung Kledung Temanggung terbilang relatif aman, karena jalan sudah beraspal. Hanya saja dari aspal menuju ke Embung Kledung, anda akan melewati jalan yang telah di cor dan berbatu. Nah, maka disarankan untuk selalu mengecek kondisi rem dan ban kendaraan anda terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Kemudian untuk rute jalannya jika anda dari arah magelang, ambilah jalur Magelang Wonosobo via Secang. Ikuti jalur tersebut hingga sampai ke perbatasan kledung perbatasan Wonosobo – Temanggung. sesampai di perbatasan tersebut terdapat pom bensin, dan kuburan, sebelum kuburan terdapat jalan setapak, di kanan jalan. Masuk ke jalan setapak tersebut menuju Embung Kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan, sehingga anda harus sedikit berhati-hati ketika melewatinya, nah untuk jarak dari gang masuk hingga lokasi embung kledung sekitar 500 meter.

Untuk rute dari arah Wonosobo pun tidak berbeda. Pertama anda ambil jalur Wonosobo Temanggung via Kretek. Sesampainya di perbatasan Temanggung – Wonsobo, setelah gapura terdapat kuburan di sebelah kiri jalan. Masuk ke jalan setapak setelah kuburan dan ikuti hingga sampai ke Embung Kledung.

Apakah ada jam operasional Embung?

Tentu saja ada, untuk jam operasionalnya embung ini buka dari jam 05.30-18.00, tetapi tenang saja, selain jam tersebut anda masih dapat mengunjungi embung ini. Sedangkan untuk waktu yang tepat untuk berkunjung kesini adalah saat pagi hari. Saat pagi hari cuaca cenderung cerah sehingga anda bisa dapatkan view Gunung yang sangat menawan. Sedang, untuk siang atau sore hari, kerap kali telah tertutup awan/kabut.

Apa sajakah Fasilitas di Embung Kledung?

Pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk mengakomodasi para pengunjung diantaranya mushola & toilet. Pengelola tidak menyediakan homestay untuk menginap, namun diperbolehkan camping di sini.

Harga Tiket Masuk Embung Kledung, Temanggung

Harga tiket masuk tempat wisata masih merakyat cukup dengan 3.000 per orang saja, sedangkan untuk tiket masuk ke Embung Kledung per orang dikenakan biaya 5.000 rupiah, dan untuk yang berkemah akan dikenakan biaya 15.000 rupiah. 

Berbagai Kegiatan yang dapat dilakukan di Embung Kledung, diantaranya :

1. Camping Di Embung Kledung

berkemah camping di embung kledung
Foto : (wisataembungkledung)

Ini nih salah satu kegiatan yang banyak orang menyukainya, camping dengan view Gunung. Maka tak jarang yang ingin menyaksikan kemolekan perpaduan antara Embung Kledung dan view Gunung Sumbing dan Sindoro.  Tidak perlu risau jika tak memiliki tenda kemah, karena pengelola sudah menyediakannya. Nah, ada yang perlu di ingat nih, sebelum melakukan berbagai kegiatan/camping sebaiknya minta izin dulu pada pengelola yaa supaya tetap ada rasa aman dan nyaman.

2. Memberi Makan Ikan Di Danau

memberi makan ikan di danau embung kledung
Foto : (ryos_youngkrex)

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di Embung Kledung adalah memberi makan ikan. Aneka ikan hias air tawar memenuhi telaga yang sangat luas ini. So, Agar lebih puas, pengunjung bisa membawa makanan ikan sendiri dari rumah yaa.

3. Menyaksikan Sunrise Di Embung Kledung

sunrise di embung kledung
Foto: (kendysantiko14)

Nah ini nih salah satu yang banyak diburu oleh wisatawan … yap Sunrise. Pesona matahari terbit menjadi perpaduan yang indah dinanti penikmat pagi, dan tentunya sunrise di Embung Kledung semkain terasa indah dan mempesona dengan susunan alam yang eksotis. Yaa pemandangan ini mirip sekali dengan pemandangan di Gunung Fuji Jepang.

4. Spot Foto Cantik Baground Keindahan Danau & Gunung

Tempat wisata yang satu ini memang sangat menonjolkan keindahan pemandangan alam. Maka dari itu beragam spot foto cantik pun sengaja dibuat di sini. Agar wisatawan bisa lebih mudah untuk mengambil gambar yang menakjubkan. Berikut spot foto yang bisa digunakan.

Ayunan dengan latar belakang Danau & Gunung

Ayunan di Embung Kledung
Foto: (Google maps/Zulfa Kinan)

Tak seperti ayunan pada umumnya, kali ini para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. Bagaimana tidak, pengunjung akan berayun di pinggir telaga dengan background gunung nan cantik. Model ayunan yang tersedia di sini pun lain daripada yang lain, tak hanya bisa dinaiki 1 orang, ayunannya bisa untuk 2 orang sekaligus. Dua orang berayun tidak saling berjejeran, namun berhadap-hadapan. Karena model ayunannya seperti bangku di cafe, dimana selain bangku ada juga mejanya. So, pasti hasil fotomu akan lebih menawan. Bagi pengunjung yang takut ketinggian, ayunan ini mungkin cukup menguras adrenalin. Jangan khawatir, Rasa takut ketika menaiki ayunan akan terbayar lunas dengan sensasi yang didapat. Pastikan berfoto di atas ayunan, dengan atau tanpa makanan, semuanya akan terlihat eksotis.

Bersantai di Hammock

Jika duduk di ayunan kurang menarik, pengunjung bisa mencoba hammock di tempat ini. Masih dengan pemandangan menghadap gunung dan bergelantung di atas pinggiran telaga. Sensasi ini akan menjadi momen tak terlupakan yang perlu diabadikan.

Selfie di Tempat Duduk Dengan Tanaman Rambat

Bagian pinggir telaga Embung Kledung disediakan beberapa tempat duduk. Pengunjung bisa bebas duduk sambil memandang telaga dengan background gunung. Dengan begitu, keasirian tempat ini akan semakin terasa.

Tangga Warna-Warni

tangga warna-warni
Foto: (Google Maps/Rama Nugraha)

Untuk melihat pemandangan inti dari tempat ini, pengunjung perlu jalan kaki ke atas. Pengunjung akan melewati jalan setapak berbentuk tangga yang berwarna-warni. Di sepanjang jalan ini telah tersedia berbagai tanaman yang akan mempercantik suasana. Jangan lewatkan momen spesial ini tanpa mengabadikannya ke dalam foto. Berfoto dengan tangga warna-warni dan tanaman tentu akan mengasyikkan. Nah yang perlu diingat, jangan sampai merusak tanaman apalagi membuang sampah sembarangan yaa!

Pemandangan Dari Rumah Pohon

Selain dari ayunan, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dengan suasana lain. Ada rumah pohon yang tersedia bagi pengunjung. Melihat pemandangan dari rumah pohon tentu akan lebih seru dan menantang.

Melihat Perkebunan Holtikultura

Kawasan wisata ini juga memiliki perkebunan holtikultura yang menyejukkan mata. Aneka buah dan sayuran segar menghampar menunggu untuk dipetik. Tak ketinggalan pohon yang menjadi ikon Kabupaten Temanggung, yaitu Pohon Jambu.

Itu tadi beberapa penjelasan terkait Embung Kledung, Indah bukan? Jika anda ingin berkunjung atau Tour Jogja jangan ragu untuk menghubungi campatour.com,

Tempat wisata di Jogja Lainnya,

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply