Kesederhanaan Desa Wisata Pentingsari menjadi Daya Tarik Wisatawan

Siapa yang tak mengenal berbagai keindahan wisata di Kota Jogja. Salah satu wisata budaya dan edukasi yang ramai dikunjungi adalah Desa Wisata Pentingsari. Desa ini menjadi salah satu pelopor Desa Wisata di Jogja, semakin menarik konsep yang ditawarkan, semakin kuat pula potensi yang dikenalkan dari segi budaya sekaligus alam. Desa Wisata ini memiliki bentuk seperti semenanjung dimana bagian baratnya terdapat lembah yang cukup curam yaitu Kali Kuning, di bagian selatan terdapat lembah berupa Goa Ledok atau Ponteng dan Gondoran, sebelah timur terdapat Kali Pawon sedangkan sebelah utaranya menghubungkan antara Kelurahan Umbulharjo hingga ke Pelataran Gunung Merapi. 

Daya Tarik Desa Wisata Pentingsari

Keserdahanaan Desa Wisata Pentingsari menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, ditambah lagi suasa pedesaan yang masih tentram, nyaman jauh dari suasana perkotaan menjadikan pilihan tepat wisatawan untuk berkunjung dan melepas rasa penat disini. Buat kalian yang belum pernah kesini pasti bertanya-tanya dalam benak dan pikiran anda, selain nyaman, wisata edukasi dan penghilang penat, ada apa saja sih di Desa Wisata Pentingsari?

Desa Wisata Pentingsari memiliki sebuah pancuran yang dipercaya oleh masyarakat Dusun Pentingsari dan sekitarnya sebagai tempat bertemunya Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarub. Nah, Pancuran ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda dengan minum atau cuci muka menggunakan airnya, meski bernuansa mistis, namun suasana alami di pancuran ini sangat terasa menyejukkan.

  • Pendopo Herbal

(Sumber : Blog/arifwahyu.com)

Desa Wisata Pentingsari juga memiliki Pendopo Herbal. Pendopo ini menjadi tempat bermacam-macam tanaman untuk kebutuhan pengobatan di budidaya. Dan Pak Rahman nantinya akan mengajarkan dan membagikan informasi jenis daun, gunanya, dan pengalaman dalam pengobatan penyakit osteoporosis yang pernah dideritanya.

Selain untuk budidaya tanaman obat, di Pendopo juga akan diajarkan kerajinan tangan. Salah satunya Kerajinan Janur.

  • Kerajinan Janur

(Sumber : Blog/arifwahyu.com)

Nantinya akan diajarkan kerajinan pembuatan karya dekorasi pernikahan dari janur menjadi beberapa bentuk, seperti belalang, pecut, keris, payung, gunung dan burung. Untuk profesional harga per biji belalang ini dihargai sebesar 15ribu rupiah. Gimana tertarik belajar membuat?

  • Camping Ground

Bagi anda yang akan melakukan kegiatan camping atau menyukai camping dengan nuansa pedesaan nan sejuk, nah cocok sekali karena di Desa Wisata Pentingsari juga disediakan space lapangan yang cukup luas untuk camping ground, sudah biasa digunakan untuk acara kemah pramuka anak-anak sekolah. So, silahkan bagi kamu yang suka camping atau mau mengadakan outbond, dapat memanfaatkan camping ground di sini.

(Sumber : Blog/arifwahyu.com)

  • Selfie Spot

Masih dalam kawasan Camping Ground Pentingsari, juga disediakan spot selfie, dan bisa anda gunakan untuk mengabadikan moment indah dan pemandangan indah yang ditawarkan oleh Desa Pentingsari.

(Sumber : Blog/arifwahyu.com)

  • Seni Karawitan

Selain menikmati alam, belajar soal budaya juga bisa kamu lakukan disini lho. Kalian akan diajarkan salah satu seni Karawitan Jawa, yaitu gamelan jawa masih dibudidayakan disini. 

(Sumber : Blog/arifwahyu.com)

  • Budidaya Kopi

Kalian juga bisa belajar mengenai Budidaya Kopi dengan memperhatikan proses dari pemetikan, kemasan sampai penyajian yang profesional, tentunya kalian bisa banyak belajar dari kelompok tani kopi di Desa Pentingsari. Berminat menikmati kopi hasil olahan kelompok tani di Desa Wisata Pentingsari? Yukk berkunjung kesini

(Sumber : Blog/arifwahyu.com)

Baca Juga Air Terjun Perawan Sidoharjo, Elok nan Menawan Membuatmu Betah Berlama-lama

Dimana Lokasi Desa Wisata Pentingsari?

Desa Wisata yang berlokasi di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini lokasinya mudah untuk dijangkau pengunjung dan berlokasi di kaki Gunung Merapi, dibuka sejak tahun 2008, dari pagi, siang hingga sore hari desa wisata ini tetap terasa sejuk dan menawan menawarkan keindahan alam yang membuat siapa pun terpana. 

Rute menuju Desa Wisata Pentingsari

Jarak tempuh dari Kote Jogjha menuju Desa Wisata Pentingsari cukup jauh sekitar 23,2 km, dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Rute menuju Desa Pentingsari jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati sampai perempatan ke utara melewati jl mayor suryotomo, lurus terus sampai melewati jl mataram sampai pertigaan belok ke kanan melewati jl mas suharto jambu, sampai perempatan belok ke utara melewati jl tukangan, lalu sampai pertigaan belok ke kiri melewati stasiun kridosono yaitu di jl yos sudarso lurus terus sampai melewati jl suroto, kemudian melewati jl cik di tiro lurus terus sampai bundaran ugm belok ke timur melewati jl terban, sampai perempatan belok ke kanan melewati jl persatuan lalu melewati jl kaliurang sampai perempatan belok ke kanan melewati jl pamungkas, lalu melewati jl cangkringan ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke Desa Wisata Pentingsari.

Berapa Harga Tiket Wisata Desa Pentingsari?

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Pentingsari saat ini belum dikenanakan biaya. Tetapi di Desa Wisata Pentingsari ini terdapat paket dan atraksi wisata seperti:

  1. Kunjungan obyek pertanian atau perkebunan: Rp. 7.500/orang
  2. Atraksi bajak sawah atau tanam padi: Rp. 7.500/orang
  3. Atraksi panen padi: Rp. 7.500/orang
  4. Memancing ikan: Rp. 10.000/orang
  5. Petualangan: Rp. 6000/orang
  6. Sepak bola lumpur: Rp. 5000/orang
  7. Outbond TK-SD: Rp. 25.000/orang
  8. Outbond SMP-Mahasiswa: Rp. 30.000/orang
  9. Outbond Dewasa: Rp. 35.000/orang
  10. Anda juga bisa belajar gamelan: Rp. 10.000/orang, dan masih banyak lagi

Anda akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000 dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Apa saja Fasilitas di Desa Wisata Pentingsari

Fasilitas yang ada di Desa Wisata Pentingsari sudah cukup memadai dan mampu membuat nyaman wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari. Tetapi fasilitas di Desa Wisata Pentingsari akan dikenakan biaya. Fasilitasnya yaitu:

  1. Anda bisa menginap di homestay dengan 3x makan/1x snack : Rp. 70.000/orang
  2. Untuk menyewa outbond atau camping ground : Rp. 15.000/orang
  3. Menyewa joglo untuk acara pertemuan : Rp. 500.000/pax
  4. Menyewa pendopo kali kuning : Rp. 300.000/pax
  5. Menyewa sound system : Rp. 250.000/pax
  6. Tour guide : Rp. 70.000/orang

Menarik sekali bukan? 

Apakah anda sudah pernah berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, jika sudah yukk dibantu kami berikan review tentang Desa Wisata Pentingsari yaa..

Jika ingin Tour ke Jogja atau berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, segera pesan tours reguler Jogja di campatour.com.

Paket Tour Jogja Lainnya

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply