Keseruan Lava Tour Merapi Bersama Willys
image of 1140x530

Kedahsyatan Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta telah cukup tersohor di penjuru Indonesia bahkan dunia. Hal ini tak semata karena pemandangan dan treknya yang luar biasa, tetapi lebih dikarenakan statusnya yang sering berubah – ubah sehingga sering menghiasi layar kaca.

Gunung Merapi tercatat sebagai gunung berapi paling aktif di Indonesia dan bahkan di dunia. Gunung yang terletak satu garis lurus dengan Tugu Jogja, Kraton dan Pantai Parangtritis ini nyaris mengalami erupsi dan memuntahkan material vulkanik hampir tiap 4 tahun sekali. Kendati luluh lantak, namun orang – orang di sekitar lereng Gunung Merapi selalu kembali tinggal di area Merapi.

Selepas erupsi besar tahun 2010 silam, sisi selatan Merapi habis diterjang lahar dan menyisakan lautan pasir yang  luas. Namun bencana yang datang justru menjadi rejeki tersendiri untuk warga karena menjadi destinasi wisata tersendiri bertajuk Lava Tour Merapi. Para wisatawan diajak untuk menyusuri lautan pasir dan bebatuan sisa erupsi dengan mengendarai Willys. Willys merupakan sebuah kendaraan jeep buatan Amerika Serikat. Ada beberapa paket wisata yang biasanya ditawarkan di Lava Tour Merapi.

 

Sensasi Wisata Lava Tour Merapi

Berbagai tantangan dan destinasi wisata alam yang indah dapat Anda temukan dalam Lava Tour Merapi. Berikut ini aneka kegiatan yang diikuti dalam wisata menyusuri lereng Merapi:

  • Touring dengan jeep terbuka

Sesuai dengan namanya Lava Tour Merapi, maka touring dengan mengendarai jeep terbuka di Lereng Merapi menjadi kegiatan utama wisata yang ditawarkan. Anda akan disuguhkan pemandangan sisa bencana seperti lautan pasir dan perkampungan yang luluh lantak. Anda pun disuguhkan medan yang ekstrim dan terjal sepanjang perjalanan misalnya batu – batu besar dan lautan pasir. Anda harus waspada saat menumpang jeep Willys dikarenakan medan curam, berkelok, naik dan sempit siap menguji nyali dan adrenalin Anda. Willys pun akan mengajak Anda untuk menerjang sungai.

  • Berkunjung ke Museum Sisa Hartaku

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin sebelum mengunjungi mini museum sisa hartaku. Anda akan melihat secara langsung saksi bisu dampak letusan dahsyat Gunung Merapi. Para traveler akan menemui sisa kerangka motor, tabung televise, mesin jahit dan peralatan dapur yang rusak penuh dengan abu. Juga ada sisa kerangka hewan ternak dan jam dinding mati di angka 00.05 yang menjadi penanda terjadinya tragedi letusan Merapi.

  • Melihat bunker Kaliadem

Kawasan ini sebelumnya merupakan sebuah hutan yang asri sebelum akhirnya rata dengan pasir paska erupsi Merapi. Anda akan menemui sebuah bunker di Kaliadem yang sengaja dibangun sebagai tempat menyelamatkan diri.

  • Melihat keindahan sunrise

Untuk Anda yang senang berburu momen sunrise, maka sebaiknya ikut dalam paket sunrise Lava Tour Merapi. Anda akan merasakan sebuah sensasi yang berbeda ketika melihat sunrise dari kaki Gunung Merapi. Anda bisa melihat secara jelas gagahnya Merapi disertai langit biru dan hamparan awan yang mempesona. Namun Anda harus bersiap untuk berangkat pagi-pagi buta agar tak ketinggalan momen sunrise. Dijamin Anda akan mendapatkan momen fotografi yang sempurna.

 

 

Paket dan Rute Lava Tour Merapi

 

Untuk wisata ini terbagi dalam beberapa jenis paket. Setiap paket wisata memiliki harga yang berbeda dan jarak tempuh rute yang berbeda pula.

 

  • Short trip

Durasi waktu perjalanan berkisar antara 1 – 1,5 jam. Tarif yang dipatok sekitar Rp 400.000,- Rute yang ditempuh dimulai dari Dusun Ngrangkah, Pangukrejo, Kec. Umbulharjo – Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Kaliadem

  • Medium trip

Durasi tempuh berkisar antara 2 jam. Tarif yang dipatok berkisar Rp 450.000,- Rute yang ditempuh dimulai dari Dusun Ngrangkah, Pangukrejo – Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan/Taman Nasional Plunyon/Kali Kuning yang menawarkan spot air (tergantung pilihan Anda)

  • Long trip

Durasi perjalanan berkisar 2 –  2,5 jam. Rute yang ditempuh dimulai dari Dusun Ngrangkah, Pangukrejo – Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan – Bukit Gagah Sari. Tarif yang dipatok Rp 550.000.-

  • Sunrise trip

Perjalanan dimulai 04.30 WIB dari Dusun Ngrangkah – Bukit Kaliadem – Batu Alien – Museum Sisa hartaku dengan durasi tempuh sekitar 2,5 jam. Tarif yang dipatok Rp 450.000.-

 

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply