Kurcaci Menari Di Pantai Walakiri Sumba

Pantai Walakiri adalah salah satu pantai indah yang ada di Sumba, NTT. Pantai di Sumba dikenal memiliki berbagai keunikan tersendiri di tiap pantainya, begitu pula di Pantai Walakiri. Di pantai ini terdapat fenomena unik yang sering dikenal dengan kurcaci menari di Pantai Walakiri. Jangan bayangkan di sana ada kurcaci layaknya di dongeng-dongeng ya, yang dimaksud kurcaci di sini adalah adanya pohon mangrove yang tumbuh di sekitar pantai. Pohon mangrove yang tidak tumbuh tegak ini member kesan seperti kurcaci yang sedang menari. Pasalnya, masing-masing mangriv tumbuh membengkok dengan arah yang berbeda-beda.

Ya, Pantai Walakiri dikenal dengan ciri khas adanya pohon mangrove yang hidup di sekitar pantai. Tak hanya itu saja, di sisi lain ada pula pohon kelapa yang tumbuh berjejer dan sangat indah dipandang mata. Fenomena kurcaci menari di Pantai Walakiri bisa Anda nikmati kapan aja, namun sangat disarankan Anda mendatanginya ketika air pantai sedang surut. Selain bisa memfoto pemandangan unik ini, Anda bisa pula foto di antara pohon-pohon mangrove tersebut dari jarak dekat.

Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya batas yang jelas antara dua jenis pasir yang ada di Pantai Walakiri. Pasir di tepi pantai adalah pasir dengan jenis seperti pasir putih di pantai pada umumnya. Namun pasir di area pantai yang menjadi zona pasang-surut air laut memiliki pasir yang halus layaknya bedak dan berwarna seperti semen. Perpaduan kedua keunikan di Pantai Walakiri ini sungguh memikat. Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan akses yang lebih mudah darpada akses menuju pantai-pantai lain di Sumba. Hal ini dikarenakan Walakiri terletak di dekat jalan raya arah Melolo. Pantai Walakiri bisa dijangkau sekitar 30 menit dari pusat kota Waingapu karena jaraknya hanya 24 km saja. Anda bisa menggunakan mobil maupun motor untuk dapat sampai ke Walakiri yang bisa Anda sewa di Waingapu. Perlu diketahui bahwa tidak ada angkutan umum yang sampai pada Walakiri, sehingga Anda wajib menyewa kendaraan pribadi.

Jika Anda ingin lebih terkagum dengan keelokan dan keunikan Walakiri, pastikan Anda mengunjunginya di sore hari menjelang sunset. Senja menampilkan siluet kurcaci menari di Pantai Walakiri yang menjadikan pemandangan lebih terlihat romantis, artistik, dan indah.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply