Lokasi Wisata di Pulau Belitung

Belitung merupakan wilayah yang berada di provinsi Bangka Belitung yang langsung berbatasan dengan Pulau Sumatra. Destinasi wisata yang terkenal di Belitung adalah pantainya berkat Film L askar Pelangi karangan Andrea Hirata. Melalui film Laskar Pelangi keindahan destinasi di Belitung mulai dikenal sehingga banyak wisatawan yang berkunjung. Pantai di Belitung terkenal sangat indah karena mempunyai pasir yang putih, terdapat batuan-batuan unik serta air lautnya yang sangat bening.

1. Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Suasana yang disajikan novel Laskar Pelangi langsung terasa ketika menginjakkan kaki di halaman depan museum. Foto-foto yang dipasang di halaman museum seperti bercerita mengenai perjalanan karya sastra yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Belitung ini.
Masuk ke dalam museum dan suasana itu semakin terasa. Di ruang ini, dapat dilihat foto-foto sang penulis dengan kalimat-kalimat inspiratif. Salah satunya adalah yang bertuliskan “Bermimpilah karena Tuhan anak memeluk mimpi-mimpimu”. Selain itu, juga terdapat cuplikan dari novel yang telah diterbitkan dalam berbagai bahasa ini.
Masuk lebih ke dalam, pengunjung akan disambut dengan sebuah ruang yang sangat nyaman, lengkap dengan meja beserta buku-buku yang dibiarkan berserakan di atas meja. Di ruangan ini, juga dipajang foto-foto adegan film Laskar Pelangi. Cover-cover Laskar Pelangi yang diterbitkan di berbagai negara juga menghiasi dinding ruang ini.

2. Replika SD Laskar Pelangi
Pada saat film Laskar Pelangi dibuat tim produksi membuat sebuah bangunan untuk menjadikannya setting sekolah dasar Muhammadiyah Gantong. Sebuah bagunan rapuh dan usang, hanya terdiri dari kayu dan seng yang menjadi atapnya. Di belakang bangunan sekolah ini harus di papah dengan dua buah kayu agar sekolah ini tidak roboh pada saat angin kencang atau hujan deras. Bangunan SD Muhammadiyah Belitung ini berada di tengah lapangan berpasir putih ini menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakatnya. Bangunan karya Mira Lesmana dan Riri Riza, selaku produser dan sutradara Laskar Pelangi dipertahankan hingga saat ini. Pada Saat kita memasuki halaman sekolah ini kita akan melihat sebuah papan tulisan SD Muhammadiyah Gantong. Setelah masuk ke dalam terlihat bangku dan meja belajar yang biasa digunakan Laskar Pelangi untuk mencari ilmu, sebuah papan tulis kapur yang hampir lapuk dan sebuah peta Indonesia yang sudah menguning.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang adalah salah satu kawasan strategis pariwisata nasional di Indonesia. Nama Kelayang sendiri adalah nama salah satu jenis burung di Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang merupakan bagian dari kawasan ini. Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai terbaik di Bangka Belitung. Pantai ini setiap tahun menjadi tempat singgah kapal-kapal Yacht yang mengikuti Rally Sail Indonesia.
Pantai Tanjung Kelayang memiliki laut yang berair biru kehijauan, bergelombang tenang dengan pasir pantai yang putih dan halus. Karena itu, pantai ini juga menjadi tempat berenang yang menyenangkan dan cukup aman. Di sisi pantai juga banyak terdapat pohon kelapa.
Di seberang pantai terdapat pulau yang terdiri dari tumpukan batu granit raksasa. Tumpukan granit ini membentuk formasi kepala burung. Oleh karena itu, pulau granit ini kemudian disebut Batu Garude. Batu Garude menjadi salah satu landmark Pulau Belitung. Wisatawan sebaiknya memiliki foto dengan latar belakang Batu Garude ini.

4. Pulau Pasir
Pulau Pasir merupakan Pulau Kecil yang terbentuk dari gundukan pasir di tengah laut. Keunikan dari Pulau Pasir ini yaitu hanya bisa dikunjungi pada waktu air laut sedang surut, karena bila air laut sedang mengalami pasang Pulau Pasir ini tertutup oleh air laut.
Panorama pemandangan yang di suguhkan di pulau pasir ini sangatlah indah. Ini dikarenakan lokasi dari pulau ini terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan antara yang satu dengan yang lainnya. Di pulau pasir ini, selain anda bisa bermain-main dengan pasirnya yang putih dan lembut, anda juga bisa berfoto-foto bersama dengan bintang laut.

5. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas adalah salah satu primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitong. Pulau ini merupakan satu dari puluhan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung. Di Pulau Lengkuas, selain menikmati pemandangan pantai yang indah dan pemandangan bawah laut dengan snorkeling.

6. Pantai Tanjung Tinggi
Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Tanjung Tinggi. Karena digunakan shotting untuk film Laskar Pelangi, tempat ini disebut banyak orang sebagai Pantai Laskar Pelangi. Disinilah banyak wisatawan yang mengabadikan momen mereka jika berlibur ke Belitung.
Pantai Tanjung Tinggi berbentuk teluk kecil yang memiliki panjang sekitar 100 meter. Karena berbentuk teluk, maka arus ombak di pantai ini relatif kecil, sangat cocok untuk aktivitas olahraga air. Selain kecantikannya, daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi sebenarnya ada pada hamparan batu-batu granit yang ada di sekitar pantai. Tepatnya berada di sebelah timur pantai. Batu-batu tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam, ada yang sangat besar dan relatif kecil.

7. Danau Kaolin
Sejak 1851 penambangan timah di Belitung dimulai oleh John Francis Loudon, di mana dengan seiring berjalannya waktu penambangan lain pun dilakukan yakni kaolin. Kaolin merupakan sejenis tanah liat hasil pelapukan batu granit yang digunakan sebagai bahan pembuatan plastik, kertas hingga karet, dan Belitung adalah salah satu daerah dari sekian banyak daerah di Indonesia yang memiliki cadangan Kaoilin terbesar. Danau Kaolin yang sebenarnya merupakan sisa sisa penambangan dan eksploitasi alam berubah menjadi daya tarik yang indah bersanding dengan mirisnya alam sekitar yang rusak. Namun meskipun demikian keelokan sekitar danau kaolin ini memang sangat terasa, di mana air yang tertampung memiliki warna biru tosca dan sangat jernih Warna putih kaolin pun sebenarnya menjadi keindahan tersendiri yang unik untuk dinikmati.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply