Lokasi Wisata di Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kepulauan yang menjadi bagian dari provinsi Papua Barat. Destinasi wisata yang menjadi daya tarik di Raja Ampat adalah pemandangan alam dan perairannya, mengingat pemandangan alam dan perairan Raja Ampat adalah salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia hal ini dikarenakan kekayaan flora-fauna dan kelestarian alam laut yang dimiliki Raja Ampat membuat para wisatawan ingin mengunjunginya. Kami akan mengajak anda untuk menjelajah Raja ampat tak hanya menikmati pesona wisata alamnya tetapi juga mengenal di sana.

1. Pantai Saleo
Pantai Saleo adalah sebuah Pantai yang berada di deretan pantai sisi timur kota Waisai. Pantai ini adalah lokasi favorit yang menjadi tujuan masyarakat lokal untuk berwisata. Hal ini dikarenakan untuk masuk Saleo tidak dikenakan biaya, selain itu harga makanan di tempat ini juga masih tergolong murah. Pantai ini memiliki deretan panjang pasir putih dan pepohonan tropis yang menghiasi pantai.

2. Star Lagoon
Raja Ampat memiliki beragam pesona keindahan alam yang hampir belum terjamah manusia. Salah satunya adalah Lagoon yang berbentuk bintang. Jika ingin melihat star lagoon ini kita harus naik ke sebuah bukit sehingga akan melihat penampakan bentuk bintan. Bentuk bintang ini dikarenakan celah-celah bikit kars yang secara alami membentuk lagoon bintang.

3. Arborek
Pulau Arborek memiliki pantai yang landai dengan hamparan pasir putih dan pepohonan kelapa, mungkin seperti pulau-pulau di kawasan tropis yang pernah Anda lihat di TV. Serasa memangil manja, membuat tak sabar kaki melangkah di atas pulaunya.
Melihat airnya yang jernih dan biru, pasti membuat wisatawan ingin langsung menyeburkan diri. Cukup dengan snorkeling, kita akan melihat terumbu karang dengan berbagai ukuran yang berwarna-warni. Khusus untuk diving, diharuskan memiliki lisensi. Sebab Pulau Arborek merupakan salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat untuk bertemu ikan pari. Nah untuk melihatnya, kita harus menyelam sampai kedalaman 20 meter dulu dan harus sudah menguasai teknik menyelam.
D Pulau Arborek ada sekitar puluhan orang yang menempati Pulau Arborek ini. Mereka sehari-hari berprofesi sebagai nelayan dan juga pemandu wisata. Sembari mengitari pulaunya, terlihat rumah-rumah, sekolah dan gereja. Masyarakatnya pun ramah, tak segan untuk membalas sapaan dan senyuman Anda.

4. Yenbuba
Salah satu spot snorkeling yang menarik dan menantang untuk diselami adalah di sekitar jetty atau dermaga kapal di Yenbuba, sebuah desa kecil yang terletak di Kabupaten Raja Ampat. Berenang, snorkeling maupun free dive di antara tonggak-tonggak kayu dermaga yang kokoh berdiri dibawah laut, memberikan sensasi tersendiri yang tidak hanya menampilkan keindahan bawah laut, tapi juga memberikan nuansa yang berbeda seakan-akan dikelilingi jeruji-jeruji kayu dengan kumpulan makhluk laut yang bisa tiba-tiba muncul mengagetkan di sampingmu.
Secara umum pemandangan bawah lautnya sangat indah, disisi sebelah kanan dermaga dipenuhi dengan aneka karang dan coral yang masih alami dan utuh. Ditambah lagi dengan rombongan-rombongan ikan yang banyak sekali lalu lalang dan merupakan ciri khas underwater di Raja Ampat ini, mulai dari rombongan ikan kecil, ikan sedang, sampe ikan yang lumayan besar.

5. Pasir Timbul
Raja Ampat juga punya pesona lain yang tak kalah menawan di atas permukaan lautnya. Ada sebuah keajaiban alam di sana, berupa hamparan pasir timbul yang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja, tepatnya pada laut sedang surut.
Hamparan pasir timbul ini bisa disinggahi oleh wisatawan dan amparan Pasir Timbul ini cukup luas. Bahkan kita bisa berjalan kaki hingga ke pulau kecil di seberang Mansuar. Pemandangan di Pasir Timbul ini memang benar-benar keren. Warna air lautnya saja berbeda, biru toska sementara di bagian laut yang agak dalam berwarna biru gelap.

6. Wayag
Pulau Wayag adalah salah satu pulau di distrik Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Pulau ini dikenal karena atol yang indah dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan dengan luas total 155.000 hektar.
Di sini, Anda menemukan pantai indah dengan pulau-pulau karst yang unik yang terlihat seperti jamur tumbuh keluar dari laut. Di sepanjang pantai ini, wisatawan bisa melihat panorama negeri dongeng, lebih menawan daripada pekan Leonardo DiCaprio dalam “The Beach”. Air jernih di sekitar Pulau Wayag muncul seperti jendela nyata untuk berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di dalam air.
Jalur ke Puncak Wayag 1 jalurnya didominasi pepohonan dan lebih rimbun dari wayag 2 sehingga tidak akan terlalu capek meski puncak 1 lebih tinggi.
Trekking ke puncak 2 Wayag makan waktu sekitar 15-30 menit tergantung kemampuan masing-masing orang. Sedangkan ke puncak 1 Wayag butuh waktu 30-45 menit.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply