Keindahan Alam Jantung Hati Flores, Maumere
image of 1140x530

Maumere merupakan nama lokasi di salah satu pulau yang terdapat di Nusa Tenggara yaitu pulau Flores. Kekayaan yang dimiliki Pulau Flores patut disandingkan dengan pulau-pulau lain yang sudah lebih dahulu terkenal seperti pulau Komodo dan Pulau Alor. Karena sebagian besar lokasi wisata berada di Maumere dan keberagamannya kekayaan alam yang dimiliki Maumere, mejadikannya disebut sebagai Jantung Hati Flores. Sebagai salah satu kecamatan di Pulau Flores, terdapat beragam pantai cantik dan spot diving di Maumere.

Nah berikut ini akan saya berikan beberapa spot wisata menarik yang berada di Maumere. Sebelum berkunjung ke sini tidak ada salahnya untuk sedikit mencari tau spot mana yang sebaiknya anda kunjungi.

Bukit Tanjung Kajuwulu

Di Maumere tepatnya di Bukit Tanjung Kajuwulu merupakan destinasi yang tak henti-hentinya banyak dikunjungi. Bukit ini selain menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Lokasinya yang berada di pinggir pantai dan teluk membuatnya menjadi spot yang menarik untuk menghabiskan hari. Untuk mencapai ke puncak bukit sudah ada anak tangga sebanyak 300. Di sekitar anak tangga tersebut ditumbuhi rerumputan hijau yang melambai karena tiupan angin. Sesampainya di atas kamu bisa melihat disekitaran berupa lautan biru yang istimewa. Dari atas sini kamu bisa melihat nelayan dan wisatawan yang sedang asyiknya menikmati lautan dengan snorkeling atau pun diving di Maumere. Dan puncaknya adalah Sunset yang akan terlihat jelas dari atas bukit menjadi momen utama di bukit Tanjung Kajuwulu. Namun ingat selalu bawa bekal makanan, karena lokasinya benar-benar cocok untuk liburan keluarga.

Bukit Nilo

Lokasi yang kedua adalah sama-sama bukit, namun lokasinya aga sedikit jauh dari laut. Bukit ini berada di dekat kota sehingga dari atas kamu bisa melihat indahnya kota Maumere. Jarak bukit ini dari kota Maumere sekitar 16 KM. Untuk mencapai puncaknya tak semudah di bukit Tanjung Kajuwulu, karena jalanya yang sedikit berbukit dan terjal. Yang istimewa dari bukit ini adalah terdapat patung Bunda Mari. Dengan setinggi 28 meter dan pondasi 18 meter, Patung ini menjadi ikon bagi kota Maumere.

Teluk Maumere

Wisata bahari di Maumere terpusat pada salah satu kawasan yaitu Teluk Maumere. Teluk ini merupakan salah satu Taman Laut yang dimiliki Flores. Di teluk ini terdapat 19 pulau kecil diantaranya pulau babi, pulau pangabatag, pulau sukun, pulau kojagete, dan masih banyak lainnya. Di teluk inilah menyimpan berbagai macam keanekaragaman bahari yang berada di bawah permukaan lautnya. Beragam spesies terumbu karang tumbuh dan dirawat dengan baik di kawasan teluk Maumere. Oleh karena itu teluk ini merupakan spot diving di Maumere yang paling sering dikunjungi oleh para penyelam. Di sekitaran teluk Maumere juga terdapat banyak diving resort, sehingga memudahkanmu jika ingin menjajal menyelami taman laut ini.

Pulau Pangabatang

Pulau ini menyimpan panorama yang istimewa. Kondisinya yang alami tanpa ada campur tangan manusia membuat pantai-pantai pulau pangabatang menjadi objek wisata yang patut diperhitungkan. Di pulau ini tidak terlalu banyak ditinggali oleh masyarakat. Oleh karena itu pulau ini memberikan sensasi pulau pribadi ketika anda mengunjunginya. Pulau ini sendiri berada di teluk Maumere. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menggunakan perahu motor dengan perjalanan kurang lebih 1 jam dari Pelabuhan Laurens Say di Maumere.

Karena minimnya aktivitas manusia di pulau Pangabatang, kondisi biota laut di sekitar pulau ini benar-benar terjaga dan masih alami. Maka tak jarang banyak penyelam memilih menyelami spot diving di Maumere di sekitar pulau ini.

Pantai Waiara

Jika kami ingin mengunjungi pantai cantik di kawasan Maumere tanpa harus menyebrang lagi, maka lokasi yang tepat adalah pantai Waiara. Pantai yang berjarak 11 km dari kota Maumere ini memiliki keindahan alam baik di atas permukaan atau pun di bawah permukaan lait. Di atas permukaan kamu akan melihat cantik nya pantai dengan pasir putihnya. Namun di bawah permukaan laut kamu pasti takjub dengan pesona baharinya. Pelancong yang mengunjungi pantai Waiara tak hanya menikmati pantainya, namun juga snorkeling dan diving juga lho. Akses dan kondisi yang terbilang aman, pantai waiara merupakan salah satu spot diving di Maumere yang cocok untuk penyelam berbagai kalangan.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply