Melihat dan Mengenal Lebih Dekat Kampung Adat Prailiu

Salah satu wisata budaya yang paling direkomendasikan di Sumba adalah Kampung Adat Pariliu. Selain kampung adat ini, masih banyak kampung adat lain yang menarik untuk dikunjungi, misalnya Kampung Adat Ratenggaro, Kampung Adat Tarung, dan Kampung Wunga yang merupakan kampung paling tua di Sumba. Untuk melihat lebih dekat Kampung Adat Prailiu, Anda harus berkunjung langsung ke sana.

Kampung Adat Pariliu adalah Ibukota Kerajaan Lewa Kambera. Lokasinya persis di sebelah timur kota Waingapu dan sangat mudah dijangkau baik dengan mobil maupun motor. Yang menjadi daya tarik dari Kampung Adat Pariliu adalah ketradisionalannya yang kental dan tak lekang oleh waktu. Baik itu kebiasaan, bentuk rumah dan keahlian masyarakatnya. Kebiasaan memakan sirih masih dilakukan oleh perempuan di kampung ini. Bentuk rumah adat di sana dikenal dengan sebutan Uma Mbatang/Uma Hori dengan ciri seperti ada menara di bagian tengah atap rumah. Selain itu, masyarakat di Kampung Adat Pariliu sangat handal dalam menenun kain khas Sumba. Sangat membanggakan, hasil tenunan dari bahan-bahan alami yang didapat dari hasil hutan ini sudah menembus pasar internasional. Kualitasnya sudah tidak bisa diragukan lagi.

Saat Anda datang untuk melihat lebih dekat Kampung Adat Prailiu, sebaiknya Anda tak hanya mengambil foto dan memperhatikan masyaraktnya dari kejauhan. Melakukan interaksi langsung dengan ibu-ibu, bapak-bapak, maupun anak-anak yang ada di sana sangat disarankan agar Anda bisa mengenal lebih banyak dan juga lebih dekat. Mereka sangat ramah dan terbuka kepada wisatawan yang datang. Karena masyarakatnya memiliki kebiasaan memakan sirih, lakukan penolakan dengan baik dan sopan jika Anda tidak berkenan memakannya.

Untuk sampai di Kampung Adat Prailiu, Anda bisa menyewa mobil yang biasa disediakan pihak hotel tempat Anda menginap. Jika tidak, Anda tinggal berdiri di pinggir jalanan di Waingapu dan akan banyak jasa taksi motor yang siap mengantarkan Anda ke tujuan. Tak hanya itu saja, melihat lebih dekat Kampung Adat Prailiu bisa juga dilakukan dengan bergabung biro jasa perjalanan yang membuka tour ke Sumba.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply