Melintasi Mesin Waktu berwisata di Banda Naira
image of 1140x530

Maluku menyimpan banyak kecantikan alam khas Indonesia Timur, salah satunya bisa anda temukan di pulau Banda Naira. Kepulauan Banda atau juga pulau Banda merupakan bagian dari Maluku yang memiliki beragam kekayaan dan keindahan alam serta sejarah dan budaya. Lokasi-lokasi wisata di pulau Banda Naira sudah dikenal bahkan manca negara. Dari beberapa cerita sejarah, kepulauan Banda merupakan salah satu tujuan wisata tertua yang berada di Indonesia. Sedikit sejarah tentang Banda adalah dulu pernah terjadi pertukaran andara Belanda (VOC) dan Inggris, dimana pulau Manhattan di Amerika Serikat ditukan dengan pulau Banda. Tujuan utama Belanda saat itu adalah menguasai rempah-rempah yang ada di pulau Banda, mengingat harganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan emas pada saat itu.

Terdapat beragam wisata dan objek wisata di pulau Banda Naira. Disini terdapat beragam lokasi-lokasi wisata yang penuh dengan nilai-nilai budaya dan sejarah. Terdapat beragam perayaan dan ritual kebudayaan yang bisa anda saksikan seperti tarian benteng dan tarian Cakalele. Kemudian untuk lokasi wisata seprti benteng dengan segala serajah peninggalannya juga menarik untuk dikunjungi. Jangan pula terdapat wisata alam seperti menikmati keindahan alam di Gunung Belgica atau panomara bawah laut di laut pulau Banda Naira.

Akses Wisata di Pulau Banda Naira

Untuk menuju kepulauan Banda Naira, para wisatan pertama akan bertolak ke pulau Ambon terlebih dahulu sebagai ibukota Provinsi. Di sini merupakan titik awal keberangkatan menuju pulau Banda Naira. Dari Ambon untuk melanjutkan  ke pulau Banda para wisatawan bisa menggunakan pesawat kecil ata kapal cepat. Untuk menggunakan armada udara dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Penerbangan ke pulau Banda dimulai pada jam 7 dari Bandara Patimura Ambon. Sedangkan untuk kapal cepat jam 9. Sesampai di Banda bisa langsung city your.

Destinasi Wisata di Pulau Banda Naira

Sesampainya di Pulau Banda Naira, ada beberapa spot destinasi wisata yang harus anda kunjungi. Untuk city tour, wisatawan bisa mengunjungi beberapa lokasi seperti museum, dan gereja serta bangunan bersejarah di Banda. Bangunan tersebut mayoritas bergaya Eropa karena peninggalan jaman Belanda. Tak lupa di sini juga terdapat rumah yang merupakan tempat pengasingan Bung Hatta. Rumah inilah yang sampai sekarang menjadi lokasi favorit para wisatawan, terutama wisatawan domestik.  Beberapa lokasi lainnya seperti Kantor VOC, Benteng Nassau, dan Tugu Kemerdekaan menarik untuk dikunjungi.

Bangunan-bangunan dengan arsitektur Eropa peninggalan VOC ini seolah seperti mesin waktu yang membawa para wisatawan kembali ke abad 17 dimana masa jaya VOC kala itu. Bangunan-bangunan tersebut, dapat dengan mudahnya kita temukan di pinggir jalan. Oleh karena itu city tour di pulau Banda Naira paling cocok dengan berjalan kaki. Lingkungan di kota pun kondusif, tidak terlalu banyak mobil lalu lalang dan para warganya banyak yang menggunakan sepeda. Namun tenang saja, tetap ada ojek bagi anda yang sudah letih mengelilingi kota seharian penuh.

Berikutnya, untuk wisata alam, terdapat dua tujuan yang bisa dikunjungi, yaitu Pulau Hatta dan pulau Rhun. Kedua pulau ini memiliki spot pantai yang menawarkan pemandangan alam yang cantik. Tak hanya itu, anda patut mencoba snorkeling dan diving untuk mengintip keindahan bawah lautnya. Selain panorama laut, anda juga bisa melakukan tracking di gunung api Ganaspus.

Salah satu pulau di kepulauan Banda, terdapat perkebunan pala yang sudah ada sejak jaman VOC. Kebun pala tersebut terletak di pulau Lonthor. Perkebunan ini masih aktif hingga sekarang dan menarik untuk dikunjungi pula.

Tips Wisata di Pulau Banda Naira

Destinasi wisata di Pulau Banda Naira terdapat beragam jenisnya dari mulai city tour, wisata laut, hingga wisata gunung. Baiknya wisata disini direncanakan baik-baik, mengingat banyaknya destinasi dan setiap destinasi dibutuhkan perlengkapan yang berbeda-beda. Jika anda hanya mengunjungi salah satu jenis wisatanya mungkin tidak terlalu repot. Namun jika berencana mengunjungi sebagian besar destinasi tersebut, rencanakan dengan ahlinya. Sudah banyak paket wisata yang melayani wisata di pulau Banda Naira dari mulai dua hari hingga seminggu sesuai kebutuhan anda.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply