Mengenal Festival Sail Sabang, Puncak Acara Sail Indonesia di Pulau Sabang

 

Festival Sail Sabang adalah puncak acara Sail Indonesia 2017 Rally yang berlokasi di Sabang, titik nol km Indonesia. Acara ini merupakan seri ke 9 yang mana acara ini pertama kali digelar di Bunaken Manado pada tahun 2009 silam. Tahun 2017 lalu, Sail Sabang berlokasi di Pulau Weh, Provinsi Aceh. Dalam serangkaian acara Sail Sabang, turut serta beberapa acara yang digelar bersamaan dengan acara tersebutu, yaitu Sabang Wonderful Expo dan Marine Expo.

Kegiatan menarik yang telah dirancang oleh panitian dan sekaligus sukses memikat kurang lebih 20.000 wisatan tersebut sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah Yacth Rally, Pekan Budaya Aceh, Seminar dan Pameran Ilmu Pengetahuan, Pertunjukan Aerobik Internasional, Kejuaraan Parasbangan, Pameran Sabang Wonderful, Kompetisi Fotografi Bawah Air Sabang, Parade Sail Sabag, dan masih banyak lagi yang lainnya. Festival Sail Sabang tahun 2017 lalu dilaksanakan pada tanggal 28 November hingga 5 Desember. Untuk tahun ini, belum diumumkan secara pasti kapan dan di mana acara puncak Sail Indonesia akan dilaksanakan.

Wisatawan yang sengaja berkunjung untuk menyaksikan dan menjadi peserta di Festival Sail Sabang 2017 diajak untuk mengkuti serangkaian acara pembukaan puncak Sail Sabang. Rentetan acara pembukaan tersebut dimulai dari berlayar menggunakan kapal tradisional yang melewati kapal-kapal tradisional dan menyaksikan pertunjukan paramotor. Selain itu, peserta juga diajak untuk berkeliling kota Banda Aceh yang merupakan Ibukota Provinsi Aceh dan mengunjungi museum bencana alam Tsunami. Pada acara penutupan, baik peserta maupun wisatawan disuguhi upacara tradisional Troen U Laot yang dilanjutkan dengan pertunjukkan tari tradisional bernama Keumalahayati.

Akses yang digunakan oleh wisatawan maupun peserta Festival Sail Sabang berupa jalur udara dan laut. Jika ingin menggunakan jalur udara, Anda bisa naik pesawat dari Medan ke Bandara Sabang yang sudah tersedia tiga penerbangan mingguan. Namun ada pula yang menggunakan jalur laut dengan cara naik kapal feri cepat yang dikenakan tariff 80.00-95.000 per orang. Jadwal berangkat dari Bandara Aceh yang berangkat pada pukul 09.30 dan 16.00. Kemudian jadwal kembali dari Pulau Weh ke Bandara Aceh pukul 08.30 dan 14.30. Jika Anda berminat, Anda bisa mencapai tujuan Festival Sail Indonesia dengan bergabung pada biro yang membuka tour ke lokasi puncak acara Sail Indonesia seri ke-10 mendatang.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply