Menikmati Sunrise di Bukit Sethumbu Borobudur
image of 1140x530

Salah satu wisata yang paling terkenal di Jawa Tengah adalah candi Borobudur yang terletak di kota Magelang. Candi yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan lokal atau pun wisatawan luar negeri. Akan tetapi kawasan Borobudur tidak hanya memiliki destinasi wisata candi tersebut. Terdapat beberapa destinasi wisata lainnya yaitu bukit Sethumbu. Selain lokasinya yang sejuk dan rindang, bukit Sethumbu merupakan spot terbaik untuk melihat sunsire. Tak jarang para wisatawan sebelum berkunjung ke Borobudur justru tujuan utamanya adalah melihat sunrise di Sethumbu.

Lokasi Sethumbu

Lokasi Bukit Sethumbu ini dapat diakses dari Yogyakarta dengan waktu sekitar 1 jam. Dari Borobudur sendiri mungkin jarak tempuhnya sekitar 15 menit berada di sebelah barat candi Borobudur. Lokasi bukit Sethumbu ini berada di Desa Karangrejo, Dusun Kerahan, Borobudur, Magelang. Setiap wisatawan yang ingin mengunjungi spot ini harus membayar retribusi Rp 15.000. Untuk mencapai bukit sethumbu tidak terlalu sulit, karena banyak papan petunjuk jalan menuju bukit ini. Nah arahnya dari Taman Wisata Candi Borobudur anda kemudian menuju arah ke Hotel Manohara. Sesampainya di depan Hotel, tetap terus sama ke arah bukit Menoreh. Nah tidak jauh dari Hotel anda akan menemukan pertigaan dan papan petunjuk jalan ke arah Borobudur Nirvana Sunrise. Kemudian ambil kanan mengikutinya sampai di bukit Sethumbu. Jika anda ingin mencari sunrise di Sethumbu, sebaiknya datang aga pagi terutama saat liburan karena jalanan menuju bukit ini akan sedikit ramai.

Spot Sunrise di Sethumbu

Lokasi yang strategis merupakan salah satu alasan mengapa bukit sethumbu selalu ramai dikunjungi. Bukit ini menghadap langsung ke Candi Borobudur dan juga Gunung Merapi Merbabu. Nah yang menjadi kuncinya adalah bukit Sethumbu juga menghadap ke Timur sehingga cocok sebagai spot untuk mendapatkan Sunrise.

Momen Sunrise di Sethumbu adalah momen yang paling ditunggu banyak wisatawan. Karena ketika sunrise, tak hanya terbitnya matahari yang dapat disaksikan namun juga sinar cahaya fajar ini akan menyinari Candi Borobudur dengan latar Gunung Merbabu. Alhasil momen spot sunsire di senthumbu menjadikan momen yang luar biasa indahnya. Candi Borobudur yang megah dapat terlihat cantik beserta pancaran sinar matahari pagi yang menyembul diantara gunung merapi dan merbabu. Bukit

Sethumbu merupakan spot terbaik yang diminati terutama para fotografer. Bukit yang memiliki tinggi kurang lebih 400 mdpl ini, menjadi terkenal karena terdapat beberapa fotografer yang memilih spot ini untuk mengambil foto Candi Borobudur dan juga sunrise di Sethumbu. Lama kelamaan, spot ini mulai dikenal orang dan mulai dikunjungi wisatawan. Bukit yang termasuk dalam gugusan Pegunungan Menoreh ini, sebelum menjadi lokasi wisata merupakan ladang dari penduduk sekitar. Oleh karena itu aksesnya tidak begitu sulit sehingga mudah dijangkau.

Kendaraan roda empat bisa dengan mudah mencapai kaki bukit Sethumbu. Kini sudah banyak tempat parkir yang memadahi untuk kendaraan yang di bawa oleh wisatawan. Dari tempat parkir, wisatawan yang ingin menuju puncak bukit sethumbu harus trekking dulu sekitar 15 menit. Rute yang akan dilalui adalah jalan tanah dan makadam. Oleh karena itu sebaiknya, anda yang ingin mencapai puncak bukit menyiapkan perlengkapan terutama sepatu untuk trekking. Gunakan sepatu atau sandal gunung agar perjalanan berburu sunrise di Sethumbu bisa lebih aman dan nyaman. Nah pastikan datang sebelum jam 05.00 karena anda harus menuju ke lokasi parkiran yang sedikir menjanjak dan kemudian melanjutkan dengan trekking. Jangan sampai terlewatkan momen sunrise di Sethumbu.

Puncak di bukit Puthuk Sethumbu merupakan pelataran luas. Nah untuk keamanan, pelataran di area bukit sudah dikelilingi oleh pembatas. Sudah terdapat beberapa fasilitas yang dipasang oleh pengelola. Di sini terdapat rumah panggung, kursi-kursi kayu dan juga gazebo. Fasilitas tersebut bisa digunakan untuk beristirahat sembari menunggu sunrise di Sethumbu. Nah saat sunrise mulai datang, kabut yang menyelimuti borobudur akan tersibak oleh sinar matahari pagi.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply