Meriahnya Festival Danau Sentani di Tanah Papua
image of 1140x530

 

Festival Danau Sentani atau dikenal juga dengan istilah FDS merupakan salah satu festival tahunan yang ada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papus. Sesuai dengan namanya, festival ini digelar di Danau Sentani yang juga merupakan salah satu danau paling besar di Papua. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 2007 silam dan sejak saat itu, FDS selalu menjadi tujuan wisatawan asing maupun lokal untuk menyaksikannnya.

Festival Danau Sentani merupakan festival dimana berbagai suku yang tinggal di sekitar Danau Sentani menghias perahunya masing-masing, berias diri, dan menari tarian khas suku masing-masing di atas perahu. Tarian tersebut dibawakan dengan diiringi oleh musik khas Papua. Dalam rentetan festival tersebut juga dilengkapi dengan pengenalan lagu daerah, lomba kuliner, bazaar, mengepang rambut ciri khas budaya lokal, kerajinan tangan dan menawarkan berbagai produk hasil tanaman lokal yang beberapa diantaranya adalah kopi, buah kakao, naga, dan Batik Papua, kerajinan dari kulit pohon dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain sebagai daya tarik wisatawan, Festival Danau Sentani ini sekaligus sebagai momen menyatukan dan menjalin rasa kesatuan maupun persatuan antar suku-suku, ras dan agama  masyarakat yang ada di sekitar Danau Sintani. Tentunya hal ini sangat sesuai dengan kondisi di Papua yang mana memang terdapat berbagai suku-suku kecil yang sangat mudah tersulut untuk terjadi bentrok antar suku.

Festival Danau Sintani adalah sebuah momen yang sangat disayangkan jika dilewatkan. Festival ini selalu digelar pada pertengahan bulan Juni dan biasanya digelar selama lima hari berturut-turut. Akses untuk menuju ke Danau Sentai sangatlah mudah. Dari kota Jayapura, perjalanan menuju ke Danau Sintani hanya memerlukan waktu setengah jam dengan bus kecil kea rah barat. Jika Anda berada di luar pulau Papua, tentunya Anda perlu menggunakan pesawat untuk sampai di Jayapura lebih cepat. Namun jika Anda ingin menyaksikan FestivalDanau Sentani dengan lebih mudah, sebaiknya Anda bergabung dengan biro jasa travel yang mengadakan tour khusus untuk menikmati budaya asli tahan Papua tersebut.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply