Misteri Situs Gunung Padang, Cianjur
image of 1140x530

Bumi Indonesia selalu menyimpan kejutan yang membuat orang tercengang. Sekitar 5 tahun belakangan ini, para pecinta arkeologi sedang gandrung mengikuti perkembangan situs Gunung Padang. Apa itu Gunung Padang? Ia bukan gunung, dan juga tidak terletak di Padang. Gunung Padang berlokasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan jarak hanya 30 km dari pusat kota Cianjur dan sekitar 75 kilometer dari Kota Bandung.

Para ilmuwan masih berdebat seru dan melakukan penelitian intensif mengenai apa sebenarnya Gunung Padang ini. Ada yang mengatakan situs ini dibangun sejak 23.000 tahun sebelum masehi, ada yang mengatakan bahwa pernah ada bangunan semacam kuil untuk penyembahan di sana, dan bahkan ada yang meyakini bahwa Gunung Padang dulunya merupakan sebuah piramida! Namun sampai sekarang, belum ada kesepakatan bersama. Yang jelas, situs ini usianya jauh lebih tua dari Candi Borobudur.

Gunung Padang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Wisata sejarah yang kaya dan wisata alam yang indah jadi andalan situs ini. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa situs ini sejenis dengan Macchu Pichu di Peru.

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari ibukota, situs Gunung padang ini bisa diraih dengan kereta api Siliwangi yang baru diresmikan awal tahun ini, para turis bisa berhenti di Stasiun Lampegan. Bisa pula melewati jalan darat dari Cianjur, namun jalan tersebut kondisinya masih kurang baik sehingga jarak 30 km harus ditempuh dalam waktu 2 jam.

Seiring dengan banyaknya turis lokal maupun asing yang datang, penduduk setempat pun mulai mengembangkan huniannya menjadi tempat menginap atau homestay. Diyakini, jumlah turis yang rata-rata sebanyak 500 orang per hari akan terus meningkat seiring dengan semakin dikenalnya situs Gunung Padang ini.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply