Napak Tilas Islam Di Masjid An Nur Pulau Ay Banda
image of 1140x530

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa Pulau Ay merupakan salah satu pulau yang menjadi destinasi menarik bagi para wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke kepulauan Banda. Pulau Ay sendiri masuk ke dalam wilayah kecamatan Banda, Maluku Tengah, Indonesia. Di pulau Ay sendiri adalah salah satu tujuan destinasi para wisatawan yang ingin untuk melakukan snorkeling. Selain destinasi wisata laut berupa snorkeling, terdapat juga napak tilas agama Islam yang bertempatkan di Masjid An Nur Pulau Ay.

Pulau Ay sendiri berdasarkan sejarah yang telah terjadi merupakan sebuah pulau yang di masa silam digunakan untuk melakukan pelatihan para jawara jawara Banda oleh agen agen yang berasal dari Inggris. Jawara jawara tersebut kelak di masa silam menjadi salah satu ujung tombak perjuangan masyarakat Banda untuk mengusir penjajah yang pada saat itu adalah Belanda. Serbuan penjajah Belanda sendiri di Kepulauan Banda terjadi pada tahun 1615 silam.

Perjuangan bangsa Indonesia yang tercatat dalam sejarah di masa lalu menusliskan bahwa para jawara jawara Pulau Ay bersama dengan masyarakat Banda pada saat itu juga sempat melakukan perlawanan balik menyerbu Belanda yang menduduki lokasi hingga pada masa silan berjatuhan korban dari bangsa Belanda mencapai 200 jiwa. Setelah pembalasan dendam Belanda akibat serangan dari para jawara ini, Pulau Ay sendiri di masa silam akhirnya dijadikan tempat berhuni para budak dan tawanan.

Tercatat bahwa mayoritas penduduk yang berada di Kepulauan Banda adalah beragama Islam, seperti juga mayoritas penduduk yang berada di Pulau Ay ini. Dengan kependudukan mayoritas agama Islam berada di Pulau Ay ini, Masjid An Nur Pulau Ay pun didirikan sebagai lokasi beribadah bagi penduduk di masa silam dan saat ini. Selain itu, Masjid An Nur Pulau Ay sendiri menjadi salah satu bagian dalam lukisan sejarah perjuangan peradaban bangsa Indonesia dalam mengusir Belanda.

Sampai dengan saat ini, masjid ini masih dijadikan sebagai lokasi ibadah bagi umat Islam di Pulau Ay juga sebagai salah satu destinasi sejarah menarik yang patut untuk di kunjungi  oleh para wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung di Pulau Ay, Maluku Tengah, Indonesia.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply