Pantai Congot

Bila membahas kekayaan yang di Kota Yogyakarta, tentu saja tidak akan ada habisnya. Kekayaan alam buatan maupun kekayaan alamnya sangat beragam dan banyak sekali tentunya.

Memiliki lima kabupaten dengan sumberdaya alam yang unik di masing-masing tempatnya, membuat Yogyakarta memiliki tujuan wisata yang beragam. Yogyakarta menjadi tempat tujuan wisata yang banyak didatangi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Dengan keramtamahan masyarakat membuat wisatawan yang datang tertarik untuk datang kembali ke Yogyakarta.

Kulon Progo tidak kalah dengan kabupaten yang lain. Kabupaten ini juga memiliki destinasi-destinasi yang beragam dan menarik tentunya. Salah satu destiansi wisatanya adalah Pantai Congot.

Pantai Congot adalah pantai yang berada di paling ujung Yogyakarta, berbatasan dengan Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai Congot

Pantai ini dianggap oleh warga sekitar dan wisatawan sebagai pantai yang sangat kental sebagai kawasan nelayan, karena pantai ini menjadi tempat berlabuhnya para nelayan di Kulon Progo. Pemandangan yang tidak akan dimiliki oleh beberapa pantai yang ada di Kulon Progo.

Kapal berlabuh di Pantai Congot/ Pict by: qemana.com

Wisatawan yang berkunjung bisa membeli ikan-ikan yang segar disini. Disarankan membeli pada saat nelayan datang. Karena, harga yang diberikan masih bisa murah daripada wisatawan membelinya di tempat pelelangan ikan.

Salah satu efek dari bermuaranya Sungai Bogowonto ke pantai ini adalah jenis ikan yang berada di sini pun beragam. Mulai dari ikan air asin, air payau, hingga air tawar pun ada. Kondisi seperti inilah yang disukai oleh para pemancing. Oleh karena itu, jangan heran bila kawasan ini banyak berdatangan pemancing-pemancing dengan senjata yang sangat lengkap.

 

Keindahan Pantai Congot

Ketika berkunjung ke pantai, tentu saja tidak lupa untuk mengabadikannya dengan berfoto.

Ombak biru dan pasir putih menjadi sajian utama yang akan dinikmati wisatawan. Ditambah dengan beberapa karang yang mempesona. Selain itu, bibir pantai yang cukup luas, membuat wisatawan bisa melakukan apa pun disini. Waktu yang paling tepat berkunjung ke pantai adalah pagi atau sore hari, pada saat matahari tidak terlalu terik. Wisatawan bisa bemain sepak bola, voli pantai, bermain pasir, atau juga bisa bermain air. Semua bisa dilakukan di kawasan ini. Kalau sudah kesini, akan terasa kurang bila tidak mengunjungi kawasan yang sedang hits.

Pantai Congot/
Pict by: pantainesia.com

Kawasan ini menjadi ikon baru bagi Pantai Congot. Karena, diantara beberapa pantai di Yogyakarta hanya kawasan ini yang punya hutan bakau kece. Tempatnya teduh dan punya banyak spot genic. Bagi wisatawan yang hobi foto, jangan dilewatkan kawasan Hutan Mangrovenya.

 

Hutan Mangrove Pantai Congot

Bisa dibilang, disinilah letak keindahan pantai congot. Sebuah hutan yang memang mempunyai manfaat baik secara alami dan secara wisata disulap menjadi tempat wisata yang apik dan unik.

Pada awal pendiriannya, hutan ini hanya difungsikan untuk mempertahankan pesisir dari abrasi yang cukup kuat menyerang. Tetapi, seiring berjalannya waktu. Banyak wisatawan yang berkunjung dan merasa senang dengan kawasan ini.

Hutan Mangrove Pantai Congot/ Pict by: goodtimes.id

Bisa dibilang hutan ini cukup unik. Karena, pada saat wisatawan datang tidak terlihat pohon bakau yang berdiri. Melainkan pohon cemara yang menjadikan nuansa esoktis tercipta dengan sendirinya.

Tetapi, setelah wisatawan mencoba masuk lebih dalam lagi, wisatawan akan melihat hamparan hutan bakau yang sangat indah.

Hutan mangrove Pantai Congot ini memiliki beberapa fasilitas yang menarik. Fasilitas inilah yang akan membuat wisatawan betah berlama-lama disini.

Hutan Mangrove/ Pict by: kakikukaki.com

Selain itu, semilir angin yang terus berhembus tanpa henti, menghadirkan sebuah kesegaran alami. Apalagi, saat terik matahari dengan udara panas datang, semilir angin ini bisa dijadikan sebagai air di padang pasir.

 

Lokasi Pantai Congot

Pantai Congot membentang luas sepanjang 6,5 Km di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo di sebelah barat Pantai Glagah atau 15 Km dari Wates. Pantai Congot berlokasi di sebelah barat Bandara Internasional Yogyakarta.

 

Tiket Pantai Congot

Jika sebelumnya pengunjung telah mengunjungi Pantai Glagah, untuk memasuki wilayah wisata Pantai Congot tidak perlu membayar lagi. Tetapi jika belum memiliki tiket Pantai Glagah, wisatawan harus membayar uang retribusi sebesar 5.000 rupiah per orang.

Jikasudah memiliki tiket Pantai Glagah maka pengujung Pantai Congot hanya perlu membayar biaya parkir saja. Untuk sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

 

 

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Pantai Congot atau tempat-tempat menarik lainnya di seluruh Indonesia, langsung cek aja ke Campatour.com yaa…

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply