Di Jogja, tidak hanya Kabupaten Gunungkidul saja yang terdapat pantai, tetapi di Kulon Progo juga dapat dijumpai pantai yang tidak kalah indahnya. Salah satu pantai yang menjadi tujuan wisata di Kabupaten Kulon Progo adalah Pantai Glagah.

Pantai Glagah sudah sejak lama menjadi salah satu wisata favorit yang ada di Kulon Progo, selain Waduk Sermo, Kalibiru, dan Kedung Pedut. Bisa dikatakan bahwa Pantai Glagah telah menjadi icon di Kulon Progo. Ada banyak hal yang menjadikan Pantai Glagah menjadi primadona wisatawan. Salah satu alasan pantai ini banyak dikunjungi adalah adanya sea wall atau tetrapod yang ada di bibir pantai sebagai pemecah ombak. Adanya sea wall ini dikarenakan Pantai Selatan dikenal dengan ombaknya yang besar. Sehingga pembangunan tetrapod berfungsi meminimalisir dampak dari ombak besar tersebut.

Selain fungsinya, ternyata keberadaan sea wall ini menarik perhatian wisatawan. Banyaknya sea wall yang ada di Pantai Glagah menjadikannya sangat indah dan menjadi spot foto menarik. Di bagian lain, Pantai Glagah memiliki dermaga yang menjorok ke arah laut. Sehingga ini menjadi spot foto lain yang tidak kalah menariknya.

Bagian paling unik dari Pantai Glagah adalah adanya laguna. Laguna adalah cekungan yang berisi air laut, sehingga seolah membentuk kolam secara alami. Umumnya, laguna terbentuk dari batuan karang atau benda lain yang sifatnya keras. Namun, di Pantai Glagah, laguna terbentuk dari bagian daratan yang terisi air laut saat terjadi pasang.

Kalian juga harus merasakan sensasi mengelilingi laguna tersebut dengan peragu kayuh, kano, atau sampan kecil yang disewakan oleh warga sekitar. Selain itu, bagi yang hobi memancing, kalian juga bisa memancing di laguna sambil menikmati udara, angin, dan suasana pantai. Ikan Nila, Gabus, Betutu, Kakap Bakau, hingga belanak bisa didapatkan di laguna ini jika sedang beruntung.

Selain perahu, kalian juga bisa menikmati naik Atv atau Motocross untuk berkeliling di Pantai Glagah. Tidak jauh dari Pantai Gladah, terdapat perkebunan bernama Agrwisata Kusumo Wanadri. Di kebun ini, terdapat banyak pohon buah naga. Selain berkeliling untuk melihat-lihat dan mengetahui cara menanam buah naga, kamu juga bisa membeli hasil perkebunan yang dipetik sendiri dengan harga berkisar 15.000–30.000 rupiah, tergantung kualitas dan ukuran Buah Naga. Wahana lain yang ada di Pantai Glagah adalah Flying Fox, Futsal Pantai, taman bermain anak, dan Volley Pantai. Menarik dan lengkap, bukan?

So, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Pantai Glagah dan berbagai tempat menarik lainnya, segera pesan tours reguler Jogja di campatour.com, ya….

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply