Pantai Indrayanti yang Menawan Hati

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai indah yang berada di Gunungkidul. Dengan air lautnya yang jernih, pasirnya yang putih dan keindahan alamnya yang cukup luas membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional.

Sumber : Wikipedia

Apa yang menarik?

Hal yang menarik dari pantai ini adalah Indrayanti ini bukan merupakan nama resmi, melainkan Pulang Sawal. Nama Indrayanti diambil oleh nama resto yang merupakan nama pemiliknya yaitu pak Indra dan bu Yanti berada di pantai tersebut. Meski begitu yang melekat di telinga masyarakat adalah pantai Indrayanti.

Penggantian nama Pulang Sawal menjadi Indrayanti yang merupakan nama pribadi dianggap menyalahi aturan. Hal tersebut yang memicu polemik antara pengelola dengan pihak Keraton dan Pemerintah daerah. Namun permasalahan tersebut tidak berlanjut lebih jauh

Pesona Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menyuguhkan suasana khas pantai selatan yang luas dengan air yang jernih, pasir yang putih pemandangan yang asri. Pemandangan terbaik Pantai Indrayanti tidak hanya saat matahari menjelang terbenam, tetapi pada pagi hari menawarkan suasana pantai yang sejuk. Bukit-bukit di belakang garis pantai menjadi daya tarik tersendiri dengan deburan ombak.

Terdapat gunung batu karang yang besar, dengan dilengkapi anak tangga. Pengunjung bisa berfoto dan menikmati pemandangan pantai yang indah dan luas dari atas gunung batu karang tersebut.

Pantai ini sangat bersih dan indah, pengelola pantai ini sangat rajin dan tidak ragu untuk mendenda Rp 10.000 jika pengunjung membuang sampah sembarangan. Jadi pengunjung harus berhati-hati agar tidak mengotori pantai ini, ya!

Di mana lokasi Pantai Indrayanti?

Pantai Indrayanti berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut juga berdekatan dengan Pantai Omandeng, Sundak, Ngadong, dan Sadranan. pantai ini berada diantara Pantai Watulawang dan Pantai Sundak.

Baca juga http://campatour.com/pantai-watulawang-eksotika-batu-yang-tak-pernah-hilang/

Pantai ini berada 64 km dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 2 jam dan 26 km dari kota Wonosari melewati jalan Baron sekitar 50 menit sampai sejam tergantung kondisi jalan.

Bagaimana cara menuju Pantai Indrayanti?

Untuk menuju Pantai Indrayanti Kabupaten Gunungkidul, perjalanan terbilang mudah karena jalan telah beraspal halus meskipun begitu pengunjung harus tetap berhati-hati karena jalan yang berliku-liku, sempit dan juga curam, tak jarang juga saat dijalan berpapasan dengan bus dan truk.

Pengunjung disarankan untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, sebab dari pusat Kota Yogyakarta masih belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan pengunjung langsung ke lokasi Pantai Indrayanti.

Rute yang bisa dilewati ada 2, yaitu:

  • Pertama, untuk rute umum, Anda bisa melewati jalan Wonosari (ringroad timur Yogyakarta)  Piyungan -> Patuk -> Wonosari -> Karangrejek -> Hargosari -> Tepus lalu ikuti petunjuk arah menuju pantai Indrayanti.
  • Untuk jalur alternatif, Anda bisa melewati jalan Imogiri -> Siluk -> Panggang -> Saptosari -> Trowono -> Baron. Dari area pantai Baron, 10 km ke arah timur adalah pantai Pulang Sawal atau Indrayanti.

Mudah bukan?

Berapa harga tiket masuknya?

Tiket masuk pantai Indrayanti sebenarnya sudah termasuk dengan kawasan pantai sekitarnya yakni Drini, Sepanjang, Sundak, Krakal, dan Poktunggal.

Untuk bisa masuk ke kawasan pantai-pantai cantik tersebut pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000. Harga yang terjangkau bukan?

Sesampainya di pantai, pengunjung hanya perlu untuk membayar biaya parkir kendaraan yang Anda bawa. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 4.000, kendaraan roda empat sebesar Rp 15.000.

Fasilitasnya apa saja?

Terdapat banyak kedai, cafe, dan resto di sepanjang pantai, ada pula penyewaan tikar dan payung untuk menikmati indahnya pinggir pantai Indrayanti seharga Rp 20.000.

Terdapat juga penyewaan gazebo seharga Rp 30.000, jadi untuk grup tidak perlu khawatir untuk tempat berkumpul.

Terdapat toilet dan kamar mandi untuk bilas Rp 2.000 – Rp 5.000. Pengunjung juga bisa menyewa jetski seharga Rp 250.000 selama 15 menit. Berniat mencoba?

Jika sudah terlalu lelah setelah bermain, di pantai ini juga tersedia penginapan.

Buat kalian pecinta camping dan travelling tidak perlu khawatir, anda dapat melakukan camping disini, karena disini terdapat area untuk camping tetapi dengan seijin pengelola pantai. Karena pantai ini sangat menjaga kebesihan, maka diusahakan

 

 

Nah, apabila ingin mengunjungi Pantai Pulang Sawal/Indrayanti  atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply