Sebagai surganya pantai, daerah Gunung Kidul, Yogyakarta menawarkan banyak keindahan alam yang menjadi pilihan liburan. Pantai Sadeng yang juga sering disebut sebagai surganya nelayan termasuk pantai yang menarik untuk dikunjungi. Terbukti, baik wisatawan mancanegara maupun lokal banyak yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai ini disebut sebagai surganya para nelayan karena dahulu, pada tahun 1982, para nelayan dari daerah Gombong yang berbondong-bondong datang dan mendirikan perkampungan. Perkampungan ini pun berkembang seiring waktu, bahkan hingga lebih dari 35 tahun. Konon, lokasi Pantai Sadeng ini merupakan muara Sungai Bengawan Solo Purba, selain terdapat pelabuhan ikan.

Salah satu objek wisata yang ada di Pantai Sadeng ialah Telaga Suling. Penduduk daerah ini meyakini bahwa telaga ini menyimpan sisa-sisa air dari sungai Bengawan Solo Purba. Hal ini dibuktikan dengan adanya dua perbukitan kabur yang memanjang dan terdapat lembah berada di tengahnya. Lembah yang memiliki panjang 7 kilometer ini amat subur. Sehingga, kini menjadi ladang palawija bagi masyarakat sekitarnya.

Nah, bila ingin melihat aktivitas para nelayan, maka Pantai Sadeng tempatnya. Wisatawan dapat menikmati pemandangan aktivitas yang natural, mulai dari kegiatan para nelayan yang sedang membersihkan perahu, membawa hasil tangkapan, menggiling es untuk mengawetkan ikan, hingga yang tak kalah menarik ialah proses pelelangan ikan.

Tidak lengkap rasanya bila ke pantai, tetapi tidak menikmati seafood. Nah, selain menikmati keindahan pantai dan melihat aktivitas nelayan di Pantai Sadeng, wisata kuliner juga tak boleh terlewatkan. Pasalnya, kuliner aneka seafood di pantai ini juga terkenal. Menariknya lagi, berbagai makanan laut ini bisa kita dapatkan dengan harga relatif murah. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir soal harga. Menikmati makanan laut yang lezat bersama teman, kerabat, atau keluarga sambil santai mengobrol dan menikmati panorama pantai sangat mengasyikkan.

Bagi pengunjung yang hobi memancing, ada juga berbagai spot memancing yang berada di dekat dermaga. Selain memanjakan mata dan lidah, pengunjung juga bisa memuaskan hati dengan memancing. Hal ini termasuk salah satu hal yang menjadi daya tarik Pantai Sadeng.

Lokasi Pantai Sadeng di Dusun Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berada di deretan pantai Gunung Kidul. Untuk memasuki objek wisata ini, wisatawan dikenakan biaya tiket sebesar 5.000,- rupiah per orang. Sedangkan, tarif parkirnya ialah 3.000,- untuk motor dan 5.000,- untuk mobil. Cukup murah, bukan? Sementara itu, berbagai fasilitasnya, di antaranya mushala, toilet/kamar mandi, tempat parkir, warung, dan penginapan.

Jika tertarik mengunjungi Pantai Sadeng atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply